√Perhatikan! Cara Budidaya Ternak Ayam Bangkok Thailand

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ayam Bangkok Thailand berikut penjelasannya.

Perhatikan! Cara Budidaya Ternak Ayam Bangkok Thailand

Ayam Bangkok merupakan ayam yang biasanya bertubuh besar dan berotot. Saya sendiri mengatakannya manok siam, itu karena memang ayam tersebut berasal dari negeri Siam atau Thailand. Budidaya ayam Bangkok cukuplah sederhana layaknya ayam kampung lainnya, ayam bangkok mudah penyesuaian dengan lingkungan dan bisa hidup secara alami.

Ayam Bangkok yang diliarkan bisa mencari sendiri makanannya di alam berupa serangga, cacing tanah dan sisa-sisa makanan manusia. Ayam juga umumnya memakan hijauan seperti rerumputan. Namun, membiarkan ayam bangkok hidup mandiri membuat pertumbuhannya kurang optimal, apalagi untuk kelas hobi ternak ayam bangkok.

Dalam hal cara budidaya ternak ayam bangkok Thailand, baik untuk pemula ataupun cara lanjutan sebenarnya sama saja. Semuanya sangatlah sederhana karena pada umumnya ayam bangkok juga makhluk hidup yang mempunyai stamina untuk bertahan hidup. Anda hanya perlu menyiapkan fasilitas yang memadai.

Apabila anda sudah siap untuk memulai berternak ayam yang bernilai ekonomis tersebut, maka perlu sedikit ketekunan supaya nantinya bisa menuai hasil yang memuaskan.


Perhatikan! Cara Budidaya Ternak Ayam Bangkok Thailand


Berikut ini terdapat beberapa cara budidaya ternak ayam bangkok Thailand, antara lain:


Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Tahapan pertama sediakan lokasi untuk kandang ayam bangkok, dengan ketentuan jangan sedinding dengan rumah minimal terpisah sejauh 5meter ataulebih. Sementara untuk skala besar paling tidak berjarak 200 meter dari pemukiman namun mudah dijangkau serta tetap atau tidak berpindah-pindah.

Artikel Terkait:  √Mastitis Pada Kucing

Buatlah kandang sederhana selayaknya, tidakperlu dari bahan berkualitas tinggi. Nantinya ayam akan dipisah menurut tingkatan umur karena ayam jenis ini cenderung galak, selainitu juga untuk memudahkan pemeliharaan. Untuk berternak ayam bangkok secara intensif dimana ayam selamanya dikandangkan,maka siapkan semua kelengkapan kandang seperti tempat pakan danminum, termasuk lampu untuk penerangan yangjuga berfungsi unntuk pemanas ruangan.

Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah ayam, sebaiknya tiap meter persegi ditempati sekitar 4 hingg 6 ekor ayam dewasa, jadi kalikan saja. Lantai kandang bisa dibeton atau semen atau langsung pada tanah dan berikan lapisan litter dari sekam padi atau serbuk kayu gergaji setebal 10 centimeter. Sayatidak menjelaskan secara detail pembuatan kandang ayam, anda bisa melihat gambar kandang ayam bangkok di bawah ini yang mungkin bisamenjadi inspirasi.


Penyediaan Bibit Ayam Bangkok

Bibit adalah hal utama yangperlu diperhatikan dalam usaha budidaya ternak ayam bangkok. Mulailah dengan membeli sepasang induk ayam bangkok berkualitas super (F1), lalu dikawinkan dalamkandang umbaran. Gandakan jumlah betina (sekitar 3 – 4 betina) jika anda ingin memelihara lebih banyak sekaligus. Setelah satu minggu dikawinkan, biasanya ayam-ayam akan bertelur kemudian mengerami telurnya hingga menetas atau bisa juga menggunakan mesin penetas telur. Selanjutnya maka perlakukan anak ayam bangkok dengan carayang istimewa. Kita akan bahas cara merawat anak ayam bangkok pada paragraf berikutnya.

Sekarang anda harus tau terlebih dahulu cara memilih induk ayam bangkok yang bagus untuk bibit, antara lain memiliki cirri-ciri sebagai berikut:

Indukan Jantan

  1. Berumur 1,2 hingga 2,5 tahun dan bertaji sempurna
  2. Sehat secara fisik
  3. Gerakan lincah dan gesit
  4. Postur tubuh tegak dan memiliki suara yang lantang
  5. Memiliki nafsu kawin tinggi
  6. Memiliki warna yang bagus serta berbulu rapi
  7. Berasal dari keturunan berkualitas.
Artikel Terkait:  √Perhatikan! Cara Berternak Burung Belibis yang Baik dan Benar

Indukan Betina

  • Berusia 7 hingga 8 bulan dan sudah siap bereproduksi
  • Sehat fisik (tidak abnormal)
  • Memiliki bulu yangbagus
  • Dan berkualitas

Pemeliharaan Anak Ayam Bangkok

Anak ayam bangkok harus disapih sejak menetas sampai berumur 6 minggu, ini merupakan masa paling menentukan dalam keberhasilan budidaya ayam bangkok. Sediakan tempat atau kandang khusus anakan lengkap dengan pemanas atau pengatur suhu (alternatif bisadigunakan bohlam atau lampu listrik 5-10 watt). Disamping itu juga diberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi sesuai kebutuhan anak ayam.


Pemberian Pakan Ayam Bangkok

Pakan diberikan sesuai tingkatan umur ayam baik jumlah mauppun komposisi kandungan nutrisinya. Pakan untuk ayam bangkok bisa dari dedak, beras, jagung danjuga bahan lain semisal pakan buatan pabrikan yang telah diracik komplit. Pakan dapat diberikan dua kali sehari dalam jumlah yang cukup untuk tiap ayam.

Umumnya tingkatanumur ayam dalam hal pemberian pakan serta fasilitas lain terbagi empat, yaitu:

  1. Ayam anakan 0 hingga 6 minggu
  2. Anak ayam umur 6 hingga 12 minggu
  3. Ayam muda umur 12 hingga 16 minggu
  4. Ayam dewasa umur 18 hingga 68 minggu

Selainpakan, air minum ayam harus tersedia secara adlibitum (tak terbatas), namun perlu diganti dengan yang baru setiap hari agar selalu bersih. Tambahkan pula vitamin dan suplemen pelengkap kedalam air minum sehingga ayam bangkok kesayangan tumbuh berkembang sebagaimana yang diharapkan.


Pengendalian Penyakit Ayam Bangkok

Penyakit ayam bangkok terkadang juga ditularkan oleh ayam peliharaan laindi sekitar lokasi,jadi usahakan perkandangan sedapat mungkin terisolasi dari ayam lain. Luangkan waktu untuk senantiasa menjaga keberisah lingkungan, buatkan sanitasi yang baik agarbibit penyakit tidakmudah berkembang biak.

Selain itu, cara palling umum dilakukan peternak dalammencegah penyakit ayam adalah dengan vaksinasi secara periodik, bahkan pada masa ayam masih anakan. Pemberian vitamin dan pakan yang layak sebenarnya jugamerupakan bagian dari pencegahan penyakit ayam bangkok.

Artikel Terkait:  √Perhatikan! Cara Beternak Budidaya Belut dalam Tong

Panen Ayam Bangkok

Masa panen sepenuhnya berada di tangan anda karena ayam bangkok dapatdijual dalam bentuk apapun, mulaidari telur, anakan, ayam muda sampai ayam bangkok dewasa. Biasanya ayam dewasa bernilai cukup tinggi, utamanya jantan yang memenuhi kriteria tertentu misalnya yang memiliki kemapuan hebatdalam bertarung.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Peternakan Dengan Materi Perhatikan! Cara Budidaya Ternak Ayam Bangkok Thailand

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: