√Cara Budidaya Wortel Bagi Pemula

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Budidaya Wortel, berikut penjelasannya:

Cara-Budidaya-Wortel-dalam-Polybag

Wortel adalah tanaman sayuran  dengan tekstur seperti pohon. Wortel bukan berasal dari Indonesia, tetapi berasal dari negara-negara dengan iklim subtropis seperti Asia Timur dan Asia Tengah.

Wortel diketahui mengandung banyak protein, karbohidrat, lemak, serat, beta karoten (provitamin A), vitamin. B, vitamin. C, glutathione mengandung Ca, Mg, Fe, P, S dan Cl. Dengan berbagai bahan ini, wortel dipercaya efektif mengurangi tekanan darah tinggi, menguatkan kulit wajah, mencegah kolesterol tinggi, kanker pankreas, kanker paru-paru, hepatitis, dan stroke.

Tergantung pada bentuk, wortel dibagi menjadi tiga jenis: kaisar (umbi oval dengan ujung runcing), Chantenai (umbi oval dengan tepi tumpul) dan Nantes (jenis transisi antara jenis kaisar dan tempat perlindungan).


Cara Budidaya Wortel dalam Polybag

Penanaman wortel untuk pemula dapat dilakukan pada ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Biji wortel mudah ditemukan di toko pertanian terdekat. Polybag yang bisa digunakan sangat mudah dan banyak pilihan. Menanam wortel dalam polybag adalah salah satu kegiatan budidaya yang saat ini dipromosikan.Cara menanam wortel dalam polybag adalah dengan menggunakan pupuk terbaik untuk ukuran polybag 30 cm.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk menanam wortel:


1. Pemilihan Benih Wortel

  • Pilihan biji wortel adalah salah satu yang penting. Biji wortel menentukan umbi unggul yang bisa dihasilkan tanaman wortel.
  • Untuk memilih benih wortel, Anda perlu menggunakan benih dalam bentuk kemasan di toko pertanian yang sudah terdaftar atau sudah bermerek. Karena kualitasnya mudah dilihat dan kualitasnya terjamin. Jumlah biji lebih terjamin daripada biji yang diperoleh dalam bentuk kemasan eceran tanpa merek.
  • Pemilihan benih wortel harus memperhatikan jenis varietas yang cocok untuk iklim dan lingkungan.
  • Jika Anda memiliki petani wortel yang memiliki benih sendiri, Anda harus membelinya dari petani tersebut.
  • Biji wortel Indonesia yang unik memiliki persilangan genetik alami dan aman ketika tubuh dicerna. Karena itu, jangan bangga menanam berbagai varietas tanpa mengetahui efek jangka panjangnya.
  • Bibit juga harus subur. Subur adalah kondisi benih yang bisa ditabur lagi. Secara umum, aktivis tanaman menyediakan benih steril yang tidak bisa ditanam. Akibatnya, petani dan pembudidaya harus selalu membeli benih. Jadi berhati-hatilah dan selalu jaga benih lokal
Artikel Terkait:  √Cara Menanam Tomat Lumina F1

2. Menabur Benih

Menabur adalah tahap pertama penanaman, dan juga sangat penting. Menabur benih wortel direkomendasikan untuk dilakukan dalam media yang terpisah, dibandingkan dengan penanaman langsung di tanah.
Tahap menabur membutuhkan penggunaan media komposisi tanah yang mengandung berbagai nutrisi lengkap.

  • Penaburan pertama kali dilakukan dengan mencampurkan kotoran hewan dalam bentuk cair atau padat. Pupuk hewani dicampur dengan tanah.
  • Campur tanah dan pupuk sampai tercampur rata.
  • Kemudian masukkan hasil pencampuran ke dalam kotak penabur. Tempat penetasan dapat dibuat dari polybag kecil berukuran 5 x 6 cm atau menggunakan baki.
  • Tanah di dalam tempat penetasan dipadatkan.
  • Tinggalkan tanah selama beberapa hari.
  • Biji wortel direndam dalam air hangat selama sekitar 15 menit. Berendam dalam air hangat membuat biji wortel lebih cepat untuk mencegah dormansi. Dormansi adalah periode waktu di mana benih diistirahatkan untuk mencegahnya berkembang atau tumbuh.
  • Benih yang dipilih adalah biji yang terendam air. Benih terapung menunjukkan kualitas benih yang buruk.
    Di kamar bayi, lubang dibuat dari kedalaman 2 cm hingga 3 cm.
  • Setelah itu, penyiraman dilakukan secara rutin selama satu hingga dua minggu.
  • Tanaman wortel yang siap bergerak adalah tanaman dengan 3-4 daun.

3. Menanam wortel

Berikut ini cara menanam wortel dalam polybag:

  • Yang pertama menanam wortel adalah menyiapkan media tanam. Ini sangat penting. Mencampur pupuk dan media tanah adalah 1-2.
  • Pupuk yang digunakan bisa berupa kompos padat dan cair dan pupuk kandang.
  • Anda juga dapat mencampur dan menggunakan bahan yang berbeda antara bekatul, arang dan EM4. EM4 membantu mempercepat proses fermentasi campuran bahan.
  • Setelah mencampur semua bahan, biarkan selama tiga hari, campuran tersebut didistribusikan secara merata dan hasil penanaman lebih baik.
  • Panci, ember, dan polybag sudah siap. Harus ada lubang kecil di tempat itu agar air tidak menggenang saat penyiraman. Ukuran polybag yang digunakan biasanya berdiameter 30 cm. Kekuatan bumi semakin banyak.
  • Anda harus melubangi pot atau ember terlebih dahulu. Polybag berlubang sekarang dapat dengan mudah dibeli di toko pertanian.
  • Bibit bergerak dengan sangat hati-hati. Media pembibitan bekas harus dimasukkan ke dalam akar. Ini untuk memungkinkan tanaman beradaptasi dengan cepat.
  • Bibit dimasukkan ke dalam lubang sekitar 5 cm.
Artikel Terkait:  √Cara Menanam Bonsai

4. Perawatan dan Perawatan Wortel

Tahap pembibitan dilakukan dengan penyiraman di sore hari. Sore bukan matahari yang panas, jadi ini saat yang tepat untuk menyiram.

Proses pemeliharaan dilakukan dengan tekun dan teliti sehingga wortel dapat tumbuh dengan maksimal.
Re-fertilisasi dapat dimasukkan dengan menggunakan pupuk organik atau berbagai pupuk kimia seperti urea, TSP, dll.


5. Pengendalian Hama

Hal ini diperlukan untuk menghilangkan gulma setiap hari agar gulma tidak tumbuh. Menumbuhkan gulma akan kehilangan nutrisi untuk pertumbuhan gulma. Menghapus gulma membuat lebih baik memanfaatkan pertumbuhan tanaman wortel.

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan pestisida alami atau kimia, yang sudah tersedia di toko pertanian. Banyak tanaman juga dapat diproses dengan insektisida alami, termasuk daun Ki Pait, Temu-Finding, dan banyak lagi. Kegagalan hama dapat mengganggu proses budidaya.

Lakukan perawatan serius selama sekitar tiga bulan. Anda bisa memanen wortel pada usia ini. Banyak menanam wortel dalam pot.

Tanaman ini memiliki banyak penggemar, karena wortel, termasuk sayuran, mudah ditanam. Kekuatan berdasarkan kualitas hotel yang bagus juga ditentukan oleh lahan subur. Wortel akan tumbuh dengan baik jika Anda mendukung media tanam dan pupuk yang baik.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi 5 Cara Budidaya Wortel dalam Polybag Bagi Pemula yang Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Sayuran. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :