√Cara Menanam Bunga Bougenville

Selamat Datang di Web RumahBudidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Bunga Bougenville, berikut penjelasannya.

Cara-Menanam-Bunga-Bougenville

Morfologi Tanaman Bougenville

Tanaman bougenville termasuk tanaman perdu tegak, tinggi tanaman kira-kira 2-4 meter. Sistem perakarannya adalah tunggang. Dengan akar-akar cabang yang melebar ke semua arah dengan kedalaman 40-80 cm. Akar yang terletak dekat permukaan tanah kadang tumbuh terus atau akar bakal tanaman bara.

Bougenville  merupakan perdu yang memanjatdan menggantung, tinggi 0,3-10 m. batang memiliki cabang berkayu bulat, beruas, dan memiliki diameter 5-8 mm, berwarna coklat dan majemuk.

Bunga bogenville termasuk bunga majemuk, payung 3-15 bunga. Bunga beranekaragam ada kuning, merah, merah jambu, ungu, putih dan sebagainya.  Kelopak bunga berbentuk tabung 2-4 mm. taju bunga 5 -8, berbentuk paku, berambut halus.

Pasangan daun yang sama dihubungkan dengan tonjolan yang melintang. Daun menyirip berdaun satu, helaian daun lebar bulat sampai memanjang, bertepi rata, bertulang menyirip atau bertulang tiga sampai lima. Bougenville memiliki buah buni yang masak hitam megnkilat, panjang 1 cm, bebiji dua atau karena kegagalan berbiji satu dan tidak memiliki lekukan.


Ciri-Ciri Bunga Bougenville

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri bunga bougenville, terdiri atas:


  1. Ciri-ciri berbatang kayu
  2. Daun yang berbentuk kait
  3. Tinggi mencapai 5-15 meter
  4. Daun dan karangan bunga kerap kali mempunyai rambut halus
  5. Daun tunggal, daun berhadapan,
  6. Bertangkai
  7. Bentuk bulat telur sampai ellips,
  8. Ujung meruncing, tepi rata,
  9. Bentuk bunga kecil seperti terompet,
  10. Berkelopak 3,
  11. Masing-masing bunga mempunyai 1 daun pelindung,
  12. Bunga keluar dari ketiak daun atau ujung ranting
  13. mempunyai ciri-ciri seperti kertas.
Artikel Terkait:  √Cara Mencangkok Tanaman Buah

Jenis-Jenis Bunga Bougenville

Bougainvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis.

Antara jenis pokok bunga kertas tersohor ialah

  • Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’;
  • Bougainvillea ‘Red’;
  • Bougainvillea Pultonii;
  • Bougainvillea ‘Easter Parade’ dan
  • Bougainvillea ‘Lady Mary Baring’.

Jenis bunga kertas beraneka ragam,karenanya warnanya pun bermacam-macam, ada yang warnanya ungu, merah terang,merah jambu,merah pucat,kuning,putih dan warna kombinasi seperti kuning dan merah. Ada bunganya yang memiliki bunga lagi ditengah-tengahnya, kecil dan berwarna putih.Daunnya pun bermacam-macam, ada yang ukurannya lebar, berwarna hijau dan memiliki tekstur yang agak keras, ada yang ukurannya sedang dan permukaannya lembut,dan ada pula daunnya yang berwarna hijau putih (lurik-lurik).


Cara Menanam Bunga Bougenville

Berikut ini terdapat beberapa cara menanam bunga bougenville, terdiri atas:


  1. Sinar Matahari

Cahaya matahari cukup dibutuhkan untuk Bougenville supaya bisa tumbuh maksimal. Untuk memperoleh cukup sinar matahari, sesekali tempatkan bonsai bugenvil keluar ruangan.


  1. Tanah

Tentukan type tanah yang mempunyai drainase yang baik. Tanah yang mudah serta berpori bakal lebih gampang melalukan air bila Anda menanam Bougenville di dalam pot. Beragam bahan organik dapat juga ditambahkan untuk merangsang perkembangan bunga supaya tambah baik.


  1. Penyiraman

Bougenville di kenal sebagai tanaman yang tidak terlampau memerlukan banyak air. Tanaman ini lebih sukai tanah yang condong kering dari pada lembab. Tanah yang senantiasa lembab malah membikin akar Bougenville gampang berjamur serta jadi busuk. Cukup siram bonsai bugenvil Anda setiap sekian hari sekali waktu tanah dalam pot telah betul-betul kering.


  1. Nutrisi

Bougenville membutuhkan beragam nutrisi supaya bisa tumbuh maksimal. Berikanlah pupuk rendah nitrogen untuk meyakinkan kecukupan gizi tanaman bonsai Anda. Pemupukan dapat dikerjakan 2-3 kali dalam satu tahun.

Artikel Terkait:  √Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Berbuah Lebat

  1. Pemangkasan

Bonsai Bougenville pas dipakai untuk membuat cantik interior rumah Anda. Pemangkasan teratur benar-benar utama untuk menjaga keindahannya. Saat bunga yang mekar mulai sedikit, cabang dapat dipotong kembali untuk merangsang perkembangan bunga. Sisa potongan mesti ditutup untuk menghindar cabang membusuk. Waktu Anda temukan cabang yang mulai membusuk, buang seluruhnya sisi tersebut untuk menghindar pembusukan menyebar ke sisi tanaman yang lain.


  1. Ganti pot

Bersamaan perkembangan bonsai, ganti pot jadi suatu hal hal yang dibutuhkan. Pergantian pot dapat dikerjakan tiap-tiap dua atau tiga tahun. Sesudah pot ditukar, bonsai Bougenville barangkali bakal alami stres hingga kehilangan beberapa besar daunnya. Tetapi perkembangan daun baru umumnya bakal selekasnya tampak dalam sebagian minggu.


  1. Hama

Hama yang umum menyerang bonsai Bougenville salah satunya ialah ulat, kutu daun, serta jamur. Bila dibutuhkan, pakai insektisida atau fungisida untuk membuat perlindungan bonsai bugenvil Anda dari serangan beragam hama.


  1. Pemupukan

Pemupukan merupakan hal penting dalam budidaya bunga kertas. Pupuk yang kandang dapat berupa kotoran ayam, kuda, domba atau kompos yang telah matang (siap pakai). Dosis sebanyak 20 sampai 30 ton/ha atau 2 – 3 kg per m2.

Pupuk kandang ditaburkan merata setelah bedengan dibuat dan ditutup dengan tanah pada saat merapikan bedengan (1 minggu sebelum tanam). Pemberian pupuk kandang berikutnya dilakukan dengan interval 5 – 6 bulan. Pupuk NPK diberikan sebulan setelah tanam atau diperkirakan akar pada umbi bunga kertas telah tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga pupuk yang diberikan dapat diserap langsung oleh tanaman.

Dosis pupuk sebayak 200 kg/ha atau 200g/m2. Pemberian pupuk NPK berikutnya dilakukan dengan interval 3 bulan. Selain itu, pupuk daun dapat juga disemprotkan sesuai dengan dosis anjuran dengan interval 2 minggu.

Artikel Terkait:  √Cara Pengolahan Simplisia Temulawak

Cara Budidaya Bunga Bougenville

Bougenville biasanya diperbanyak dengan stek dan cangkokan, yang tidak rumit dan jarang gagal. Asal tanah pembibitan untuk stek (atau tanah yang dibalutkan ke batang cangkokan) dipilih yang cukup mengandung pasir (atau yang gembur). Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah tanah jangan sampai terlalu basah.

Kalau yang diinginkan itu tanaman yang bisa beraneka ragam warna bunganya, perbanyakan biasanya dilakukan dengan okulasi. Asal dilakukan dengan hati-hati supaya resiko gagal bisa dikurangi. Agar okulasi tidak kekeringan, sebaiknya dibuatkan tudung yang ditempelkan di atas okulasi.

Para pemulia tanaman lebih sering memperbanyak bougenville dengan biji hasil persilangan. Umumnya mereka melakukan eksperimen persilangan untuk mendapat hibrida bougenville yang unik. Cara ini jelas cukup rumit dan memerlukan ketelitian dan kesabaran. Tapi persilangan itu prinsipnya sama saja dengan yang biasa kita lakukan terhadap tanaman lain.

Benang sari bougenville A kita jatuhkan dengan hati-hati ke putik bougenville B. Lalu hasil penyerbukan ini kita kerudungi dengan kantong kertas. Biji yang kemudian terbentuk disemaikan. Dari sini akan tumbuh bougenville yang berwarna-warni dalam satu kesatuan daun penumpu bunga.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perkebunan Dengan Materi 8 Cara Menanam Bunga Bougenville: Morfologi, Ciri, Jenis & Budidaya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: