√Cara Agar Kucing Tidak Stres

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Agar Kucing Tidak Stres, berikut penjelasannya:

Cara-Agar-Kucing-Tidak-Stres

Jika Anda melihat adanya perubahan pada sikap kucing peliharaan Anda, kemungkinan besar kucing peliharaan Anda sedang mengalami stres.

Perubahan rutin yang dialami kucing peliharaan, seperti memiliki kucing baru, pergi berlibur, atau membawanya ke dokter hewan, dapat menyebabkan hewan peliharaan marah.

Stres pada kucing peliharaan dapat menyebabkan masalah kesehatan karena sistem kekebalan kucing terganggu. Karena itu, ikuti langkah-langkah berikut sebagai 12 tips menghindari kucing stres.


Cara Agar Kucing Tidak Stres

Berikut ini terdapat beberapa cara agar kucing tidak stres, terdiri atas:


1. Berhati-hatilah jika kucing kesayangan Anda bertingkah aneh

Saat kucing sedang stres, kucing peliharaan menjilati perut, paha bagian dalam, dan cakar depannya. Kenapa kucing kesayanganku bersikap seperti itu? Karena saat Anda menjilat bagian ini, kucing peliharaan secara alami melepaskan morfin, yang membuat kucing peliharaan tersebut menghibur dirinya sendiri dan membuatnya lebih nyaman.

Artikel Terkait:  √Efek Shampo Pada Kucing

2. Potong kuku dan periksa kesehatan bulu

Kondisikan cakar kucing peliharaan Anda. Biasanya kucing peliharaan bisa merasakan stres akibat bakteri pada cakarnya. Kutu dapat menggigit kulit kucing favorit Anda dan membuatnya iritasi. Jika kutu tertelan oleh kucing peliharaan, cacing pita dapat tumbuh pada kucing rumahan.

Jika kucing peliharaan Anda sering menggaruk hingga meradang, sisirlah bulu kucing Anda dengan sisir gigi dari kepala hingga pangkal ekor untuk menghilangkan kutu pada tubuh hewan peliharaan Anda. Jika Anda menemukan kutu pada tubuh kucing kesayangan Anda, segera ambil dan buang.

Untuk membasmi kutu kucing peliharaan, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang program yang disarankan untuk merawat kucing peliharaan Anda. Anda juga perlu menghilangkan debu dan bulu yang jatuh dari kucing peliharaan Anda di rumah untuk menjaga kesehatan Anda.


3. Jauhkan dari musik keras dan lingkungan yang bising

Matikan musik keras: Kucing peliharaan Anda memiliki telinga sensitif yang dapat terluka oleh sumber musik keras, suara TV yang keras, atau kebisingan. Jaga agar kucing peliharaan Anda nyaman dari kebisingan di luar rumah, seperti kembang api dan badai. Bawa kucing peliharaan Anda ke area kandang dan tenangkan kucing peliharaan Anda.


4. Pahami waktu yang tepat untuk dihibur

Ketahui kapan harus menghibur kucing peliharaan Anda. Beberapa kucing peliharaan memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya dan memiliki persahabatan yang baik. Tetapi ketika kucing peliharaan merasa takut, biasanya ia tidak ingin pemiliknya ikut campur dalam masalah tersebut. Jika kucing peliharaan Anda menjauh dari Anda dan menggeram atau memekik, biarkan sebentar.


5. Menyediakan kandang dan lingkungan yang nyaman

Sediakan tempat yang nyaman dan aman untuk kucing kesayangan Anda. Kucing peliharaan yang malang atau tidak nyaman memberi tekanan pada kucing peliharaan. Ciptakan tempat untuk kucing peliharaan Anda bermain dari kardus atau menara tinggi.

Artikel Terkait:  √Ciri-Ciri Kucing Stres

6. Beri tempat untuk bersembunyi

Kucing peliharaan sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Cobalah untuk memberikan situasi yang tenang dan damai untuk kucing peliharaan Anda. Siapkan tempat yang aman untuk kucing peliharaan Anda sehingga kucing peliharaan Anda memiliki tempat persembunyian.


7. Ajak bermain

Ajak kucing peliharaan Anda untuk bermain. Berikan kesempatan kepada kucing peliharaan Anda untuk bergerak untuk membakar energinya. Ini sangat penting untuk kucing peliharaan. Karena kucing peliharaan tidak hidup di alam liar. Mengundang kucing Anda untuk bermain di luar rumah dapat meningkatkan energi yang dilepaskan kucing peliharaan Anda untuk melepaskan hormon stres.


8. Berikan berbagai mainan

  • Sembunyikan makanan yang biasa Anda berikan kepada kucing peliharaan Anda dan cari makanan Anda sendiri pada kucing peliharaan Anda.
  • Biarkan kucing peliharaan Anda bermain selama 10 menit.
  • Jika Anda memiliki banyak kucing, Anda harus bermain dengan masing-masing kucing.
  • Gunakan mainan untuk kucing kesayangan Anda. Namun sebaiknya Anda mengganti jenis mainan kucing peliharaan tersebut seminggu sekali agar kucing peliharaan Anda tidak merasa bosan.

9. Memberikan hiburan lainnya

Menawarkan jenis hiburan lainnya. Letakkan akuarium di rumah Anda agar kucing peliharaan Anda dapat melihat ikan-ikan berenang di akuarium. Ini termasuk hiburan untuk kucing peliharaan Anda.


10. Hindari persaingan antar kucing

Mengurangi persaingan dengan kucing peliharaan. Jika Anda memiliki banyak kucing, kucing peliharaan akan melakukan hal yang sama. Ini adalah cara untuk mencegah kucing peliharaan lainnya merasa ditinggalkan.


11. Jauhkan dari hewan pengganggu lainnya

Sesuatu atau hewan yang menjauh dari kucing dapat membuat kucing peliharaan Anda merasa terancam.

  • Mencegah invasi hewan lain yang dapat memasuki rumah Anda.
  • Jika kucing peliharaan Anda ada di luar rumah, kunci pintu kucing favorit Anda untuk mencegah kucing liar memasuki rumah.
  • Jika kucing peliharaan Anda sedang stres saat mencoba meninggalkan rumah, tutup jendela di bawah untuk menyembunyikan kucing peliharaan Anda.
Artikel Terkait:  √Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

12. Konsultasi dengan dokter hewan

Bicaralah dengan dokter hewan Anda tentang vitamin untuk menghilangkan stres pada kucing peliharaan Anda. Saat kucing peliharaan depresi, ia jatuh sakit. Oleh karena itu, konsultasikan dan carilah resep vitamin untuk kucing kesayangan Anda.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 12 Cara Agar Kucing Tidak Stres Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :