√Cara Memandikan Iguana

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Iguana, berikut penjelasannya:

Tidak perlu mandi hanya karena iguana diklasifikasikan sebagai hewan bersih. Terkadang iguana terlihat kotor saat terkena sisa makanan atau debu di dalam kandang. Jika tidak diperiksa, lama-kelamaan feses ini menjadi penyakit berbahaya, seperti jamur atau jenis iguana atau penyakit lainnya. Itu sebabnya pemilik iguana perlu membersihkan tubuh mereka secara teratur sehingga kulitnya selalu bersih dan sehat. Namun, Anda tidak bisa memandikan iguana. Anda harus tahu cara yang benar.  Dan Berikut adalah Langkah-langkah selanjutnya untuk memandikan iguana yang aman dan tidak berbahaya:


1. Sediakan Perlengkapan Mandi Iguana

Sangat bagus untuk menyediakan air hangat, mandi, sikat gigi lembut, dan sampo reptil khusus, tetapi tidak apa-apa jika Anda tidak menggunakan sampo. Beberapa orang menambahkan daun sirih untuk menghilangkan virus jamur. Iguana dewasa biasanya dimandikan di pagi hari dengan air panas dan dingin. Itu kemudian dikeringkan langsung.  Gunakan hanya selang atau semprotan air yang tidak mengandung residu kimia.


2. Proses Mandi Iguana

Setelah peralatan dan semuanya siap, proses mandi tetap. Berikan ember. Lalu isi dengan air yang tidak terlalu dalam. Tempat dangkal untuk menjaga agar iguana tidak tenggelam. Anda bisa menggunakan air panas atau dingin.
Menurut beberapa teman dalam kelompok, air hangat yang terlalu sering dimandikan dapat mengganggu kelancaran sistem reproduksi. Karena itu, lebih baik menggunakan air biasa. Kecuali dalam hal jamur atau susah makan kotoran. Jika sudah diisi air, Anda bisa menambahkan daun sirih. Lalu bersihkan dan lap iguana. Jika Anda memiliki sampo reptil khusus, gunakan saja. Ini adalah langkah mudah untuk memandikan iguana. Lebih mudah menawarkan semprotan seperti Rapika dan menyemprotkannya pada iguana.

Artikel Terkait:  √Ciri-Ciri Iguana Mengalami Infeksi

3. Cara Memandikan Bayi Iguana

Iguana bisa mandi, tetapi hanya dengan syarat. Jika terlihat kotor, mandilah jika tidak cukup untuk menyeka jaringan yang basah. Mandi sangat mudah sendiri. Jika peralatan khusus tidak diperlukan, ikuti prosedur di bawah ini.

  • Rendam bayi iguana di bak mandi dengan air kecil.
  • Oleskan dengan sampo lembut. Namun jangan sampai masuk ke mata dan mulut Anda.
  • Usap sisi tubuh, bawah dan atas ke ekor.
  • Lalu bilas sampai bersih.
  • Terakhir, tinggal di bawah sinar matahari selama beberapa menit.

Secara umum, bayi iguana memberontak saat mandi. Tapi jangan takut, ini sebenarnya sifat. Anakan iguana sangat aktif dan gesit.


4. Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Iguana

Waktu yang tepat untuk mandi iguana adalah 7-9 pagi. Sinar matahari pagi menyehatkan tulang dan kulit Anda. Jika Anda tidak punya waktu untuk menggunakan sore antara pukul 16.00 dan 17.00 sore, karena sinar matahari tidak terlalu panas.


5. Lama Memandikan Iguana

Ini banyak ditanyakan oleh teman-teman pemula. Untuk iguana kecil, proses mandi bisa lebih cepat dalam waktu sekitar 15 menit. Namun, jika  dewasa, butuh 30 menit untuk berendam. Saya sendiri tidak khawatir tentang waktu. Hindari sinar matahari jika Anda merasa bersih. Masalahnya adalah lebih sering mandi dengan semprotan.


6. Keringkan Iguana Setelah mandi

Untuk membunuh bakteri Salmonella dalam iguana, disarankan untuk mengeringkan iguana setelah mandi. Durasi sekitar 15 hingga 30 menit antara 8-10 jam di pagi hari. Lebih baik untuk memantaunya agar tidak hilang atau lari.


7. Menggunakan Dettol

Tidak masalah menggunakan Dettol. Banyak yang telah menggunakannya dan tidak memiliki efek samping pada iguana. Dettol memiliki fungsi menghilangkan jamur. Yang utama adalah keringkan di bawah sinar matahari setelah mandi.

Artikel Terkait:  √Tanda Kucing Jantan Berhasil Kawin

8. Frekuensi Mandi Iguana

Orang yang berbeda memiliki pendapat berbeda tentang masalah ini. Sebenarnya mandi iguana bersyarat. Mandi penuh saat terlihat kotor. Namun, ada baiknya mandi seminggu sekali. Ini dapat memberi makan kulit dan mencerahkan warna.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 8 Cara Memandikan Iguna Dengan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat . Terima Kasih …!!!


Baca Juga :