√Cara Mengatasi Gatal Pada Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Gatal Pada Kucing, berikut penjelasannya.

Cara-Mengatasi-Gatal-Pada-Kucing

Ada banyak penyebab gatal kucing seperti kutu dan penyakit kulit. Kucing yang gatal biasanya mengusir bulu mereka sampai mereka menjatuhkan dan menggaruk tubuh mereka.

Tidak seperti manusia, yang dapat diobati dengan banyak metode seperti bahan-bahan alami dan obat-obatan, metode mengatasi gatal pada kucing harus diperlakukan dengan hati-hati.

Jika digunakan secara tidak benar, bukan gatal yang hilang, itu hanya membuat kucing kesal. Sebagai panduan, berikut ini beberapa cara aman untuk mengatasi gatal kucing.


Cara Mengatasi Gatal Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi gatal pada kucing, yaitu sebagai berikut:


1. Minyak kelapa murni

Ini mudah tersedia di apotek dan salon kecantikan, sering disebut minyak kelapa murni atau VCO. Virgin Coconut Oil adalah menyusui yang sangat aman untuk mengobati gatal pada kucing hamil dan juga dapat digunakan untuk mengobati luka kucing. Menggunakan minyak kelapa segar juga sangat mudah. Artinya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan VCO pada tubuh kucing yang gatal, yang sangat efektif, aman dan tidak menimbulkan efek samping.


2. Air dan minyak esensial

Cara-cara berikut untuk mengatasi rasa gatal pada kucing dapat dilakukan dengan air dan minyak esensial. Suhu air dingin dapat mengalir ke area yang gatal dan menenangkan. Penambahan minyak esensial sangat membantu dalam penyembuhan gatal lebih cepat.

  • Chamomile: Membantu menenangkan dan mencegah peradangan.
  • Lavender: Meredakan stres dan tanda-tanda kucing yang depresi sambil mengurangi rasa gatal.
  • Minyak Calendula: Mengurangi gatal-gatal dan melembabkan kulit kucing.
  • Beberapa jenis minyak yang harus dihindari termasuk jinten, serai, serai, kayu manis, lemon dan oregano.
Artikel Terkait:  √Efek Samping Suntik Kutu Pada Kucing

3. Kompres dingin

Jika kucing Anda tidak mau mandi, Anda bisa menggantinya dengan kompres dingin yang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit kucing. Basahi handuk atau kain dengan air dingin dan oleskan pada area kulit yang gatal selama 30 menit, cukup kuat untuk mengurangi rasa gatal. Selain itu, kain lembab dapat melembutkan kulit yang gatal sambil mengangkat sel-sel kulit mati di daerah itu. Atau, Anda dapat menggunakan bungkus sayuran beku selama 10-20 menit untuk mengatasi rasa gatal.


4. Sodium bikarbonat

Aman untuk melembabkan kulit kucing yang gatal dengan larutan natrium bikarbonat. Obat anti-gatal alami, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat atau soda kue, dapat digunakan untuk mengobati semua jenis gatal, tetapi tidak untuk mengobati kucing dengan kelenjar.

  • Tuang 120 gram baking soda ke dalam air dingin yang digunakan untuk merendam tubuh kucing.
  • Atau, oleskan kompres yang dibasahi dengan air yang dicampur dengan soda kue selama 30 menit hingga 1 jam untuk menghilangkan rasa gatal.

5. Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan yang membantu mengurangi dan menghentikan iritasi kulit yang gatal. Jenis oatmeal terbaik yang digunakan adalah oatmeal koloid, tetapi Anda bisa mengganti oatmeal utuh atau oatmeal mentah.

  • Jangan menggunakan air mendidih, karena dapat menuangkan oatmeal atau bubuk oatmeal ke dalam air dingin atau hangat, yang dapat memperburuk rasa gatal.
  • Anda bisa menggunakan air untuk mandi atau mengaplikasikannya langsung ke area kulit kucing yang gatal.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antijamur, antibakteri dan anti-inflamasi, serta berguna untuk mengobati luka bakar, tetapi juga untuk memerangi rasa gatal di tubuh kucing sambil mengurangi karakteristik gatal yang membuat kucing stres. Mengandung Vitamin E. Pastikan untuk menggunakan lidah buaya segar dan oleskan lendir ke daerah yang gatal. Serap gel ke kulit dan lakukan secara teratur sampai gatal benar-benar hilang. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan lidah buaya pada luka terbuka atau kulit yang meradang.


7. Daun mint

Air dicampur dengan daun mint segar atau minyak peppermint juga cocok untuk mengobati gatal pada manusia dan hewan seperti kucing dan anjing. Daun mint bisa direbus hingga meninggalkan minyak daun. Setelah dingin, gunakan kapas atau handuk kecil untuk mengoleskan air mint pada kulit yang gatal. Melakukannya secara teratur akan menghasilkan hasil yang lebih cepat.

Artikel Terkait:  √Tanda Jangkitan Sporo Pada Kucing

8. Beri air secukupnya

Gatal kucing juga bisa disebabkan kulit kering pada kucing. Karena itu, minum air dalam jumlah besar sangat penting. Karena itu, air yang diserap oleh kulit mungkin cukup untuk mengatasi kucing yang mengalami dehidrasi. Untuk melakukan ini, selalu isi air minum kucing Anda dengan air segar dan gantilah secara teratur untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri.


9. Oleskan krim pelembab

Krim pelembab dengan sedikit atau tanpa bahan kimia dapat digunakan untuk mencegah gatal-gatal pada kulit kucing. Hindari produk yang mengandung alkohol dan wewangian karena dapat mengeringkan kulit dan memperburuk gatal. Efek yang sama dapat diperoleh dengan aroma yang larut dalam alkohol.

Vaseline adalah bahan terbaik yang bebas deodoran dan alkohol karena melembabkan kulit yang gatal dan teriritasi. Selain itu, krim yang mengandung asam lemak omega-3 dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kucing.


10. Buat pelembab kulit sendiri

Selain menggunakan petrolatum, Anda juga bisa membuat krim pelembab sendiri untuk mengobati rasa gatal pada kucing. Campur alpukat, madu, dan krim pelembab kental hingga lembut dan nyaman, dan oleskan ke kulit yang gatal. Selain itu, ada beberapa kegunaan lain, termasuk:

  • Shea Butter: Oleskan puree shea butter pada suhu kamar dengan sendok kayu, lalu tambahkan minyak almond atau minyak lavender sampai teksturnya halus dan simpan dalam stoples yang siap digunakan.
  • Lidah Buaya: Campurkan minyak almond dengan chamomile, tambahkan gel lidah buaya dan simpan di lemari es.
  • Minyak kelapa: Minyak kelapa membantu menjaga kelembaban kulit sambil mengatasi iritasi dan gatal-gatal pada kulit kucing.

11. Minyak sayur

Minyak nabati yang terbuat dari buah dan biji nimba juga dapat digunakan untuk mengobati gatal. Neem juga telah lama digunakan sebagai pengawet karena komponen antibakteri dari minyak ini. Minyak nimba ini dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal pada tubuh kucing selain kaki, bokong, punggung, dan wajah kucing. Berbahaya jika sampai ke mata Anda.

  • Oleskan minyak nimba ke kulit kucing yang gatal dan diamkan selama 8-24 jam.
  • Krim ini menenangkan, mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa gatal dan mengurangi peradangan, sambil memerangi infeksi kulit lainnya.

12. Ivermectin

Jika Anda melihat kucing oleh dokter, Anda mungkin akan diberi ivermectin, obat antiparasit yang dengan cepat membunuh tungau dan menyembuhkan gatal-gatal akibat penyakit kulit. Penggunaan ivermectin harus dilakukan dengan sembarangan dan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Artikel Terkait:  √Cara Menghilangkan Minyak Pada Bulu Kucing

13. Permethrin

Permethrin adalah krim pembersih yang juga dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat gangguan kulit pada kucing dan juga dapat digunakan untuk mengobati tanda-tanda alergi makanan anjing. Dalam beberapa kasus, kucing mungkin disarankan untuk menggunakan obat ini karena merupakan agen kontrol parasit. Oleskan ke daerah gatal dan biarkan selama 8 hingga 24 jam, kemudian gunakan kerah Elizabeth untuk mencegah kucing menjilati.


14. Minyak daun teh

Minyak daun teh bermanfaat sebagai insektisida yang dapat membunuh belerang serta tungau yang gatal. Anda dapat membelinya di apotek atau salon kecantikan.

  • Campurkan minyak daun teh dengan krim pembersih dan oleskan pada tubuh kucing yang gatal.
  • Pastikan semua bagian tubuh yang gatal terkena campuran, tunggu sebentar dan kemudian bilas sampai bersih.

15. Minyak calendula

Minyak calendula juga dapat digunakan untuk mengobati luka kulit, mengobati gatal pada kucing Angora dan jenis kucing lainnya, dan untuk pendarahan. Minyak calendula tersedia dalam bentuk salep atau aplikasi untuk mengurangi dan menyembuhkan gatal. Calendula terkenal dengan pengawetnya yang mengurangi jumlah bakteri lain dan dapat menenangkan kulit kucing yang gatal.

Semua metode yang kami jelaskan di atas untuk mengatasi rasa gatal pada kucing dapat digunakan pada hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing yang juga aman untuk digunakan manusia. Selain itu, jaga kebersihan tempat tidur, mainan, dan area yang sering digunakan kucing untuk menghindari gatal.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 15 Cara Mengatasi Gatal Pada Kucing Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :