√Cara Merawat Bunga Mawar

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Bunga Mawar, berikut penjelasannya.

Cara-Merawat-Bunga-Mawar-Agar-Cepat-Berbunga

Taman dan halaman akan terlihat lebih indah ketika mawar yang kita tanam memecahkan mahkota kuncup. Namun, kita sering mendapatkan tanaman mawar yang hanya kita tanam, menghasilkan daun lebat tanpa bunga mekar.

Meskipun semua perawatan, dari penyiraman hingga pemupukan, telah dilakukan. Namun, tanaman mawar yang kami rawat hanya menghasilkan bunga langka. Bagaimana seharusnya mawar dirawat sehingga mereka mekar dengan rajin?


Cara Merawat Bunga Mawar

Berikut ini terdapat beberapa cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, yaitu sebagai berikut:


1. Proses Penyiraman Tanaman

Hal utama yang perlu dilakukan dalam florikultura, termasuk mawar, adalah proses penyiraman. Tidak hanya air merupakan sumber penting dari kebutuhan proses biologis pada tanaman, air juga memainkan peran penting dalam mempercepat pembubaran nutrisi yang diserap oleh akar mawar dan dalam mengatur kondisi udara sekitar. Seperti kebanyakan tanaman berbunga lainnya, penyiraman dilakukan dua kali sehari, yaitu di pagi hari (antara 7 dan 9 jam) dan di malam hari (antara 4 dan 6 jam). Jumlah air yang dilepaskan atau dilepaskan tergantung pada kelembaban tanah dan juga pada usia tanaman mawar. Selama musim hujan, kegiatan irigasi dilakukan untuk menyesuaikan situasi, terutama mawar yang ditanam langsung di halaman (taman).

Pastikan air yang digunakan untuk membilas adalah air bersih. Anda juga bisa menggunakan sisa air cucian beras saat memasak nasi. Air pencuci beras dapat meningkatkan kesuburan biologis tanah di daerah di mana mawar tumbuh. Jangan menyirami tanaman mawar sampai air berada di pot atau wadah. Cara menuangkannya melewati lantai. Kelopak mawar ini cenderung mengering saat terkena air. Mawar, yang sering disiram melalui daunnya, lebih rentan terhadap jamur.

Artikel Terkait:  √7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana

2. Penyiangan dan kontrol gulma

Penyiangan-dan-kontrol-gulma

Tanaman mawar mekar dengan rajin dengan asupan makanan yang cukup. Karena itu, kita harus menghilangkan berbagai gulma (gulma) yang tumbuh di area tanaman mawar. Tanaman gulma seperti rumput dan semak perlu dicabut sehingga tidak bersaing untuk mengurangi serapan hara mawar. Penyiangan dapat dilakukan 3 hari atau seminggu sekali dan harus diterapkan sebelum memberi pupuk pada tanaman mawar Anda.


3. Pupuk bunga mawar

Pupuk-bunga-mawar

Pemupukan meningkatkan kualitas tanaman dengan menambahkan berbagai nutrisi baik melalui tanah atau langsung dengan penyemprotan. Pemupukan harus dilakukan setelah membersihkan gulma dan tanaman parasit lainnya. Pemupukan mawar dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan jenis pupuk campuran dalam bentuk NPK Mutiara dengan dosis 20 biji per tanaman. Pupuk NPK Mutiara adalah jenis pupuk majemuk yang mengandung 5 mikro dan makronutrien. Nutrisi yang dikandungnya termasuk nitrogen (16%), fosfor (16%), magnesium (0,5%), kalsium (6%) dan kalium (16%). Selain dapat membantu tanaman merangsang pembungaan, juga dapat meningkatkan kesuburan daun dan kekebalan tanaman terhadap penyakit.


4. Aplikasi ZPT

ZPT (Zat Pengatur Pertumbuhan) atau hormon tanaman (Fitohormon) adalah senyawa organik yang kaya nutrisi yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Agar tanaman mawar yang Anda rawat dapat berbunga lebih padat dan cepat, Anda juga bisa menggunakan pengatur tumbuh untuk merangsang pembungaan. Tanaman dapat menghasilkan ZPT sendiri (endogen) untuk memengaruhi pertumbuhannya.

Selain itu, tanaman juga bisa dipengaruhi oleh hormon luar (eksogen). Hormon eksogen adalah bahan kimia sintetis sintetik yang memainkan peran yang sama dengan hormon endogen. Contoh ZPT yang dapat disemprotkan adalah pupuk Gandasil B atau pengganda bunga. Pupuk kaya akan kalium, zat yang dapat merangsang berbunga.


5. Cahaya (intensitas cahaya)

intensitas-cahaya

Sinar matahari adalah bagian penting dari metabolisme tanaman, yang umumnya digunakan sebagai media untuk fotosintesis. Sinar matahari bisa merangsang pembungaan (berbunga). Banyak orang beranggapan bahwa paparan sinar matahari tanaman mawar tidak terlalu penting. Namun, ini adalah poin penting yang membuat mawar mekar lebih rajin dengan kualitas bagus. Jika Anda ingin tanaman Anda berbunga banyak, keringkan di bawah sinar matahari atau letakkan tanaman mawar Anda (terutama bunga dalam pot) di tempat yang sering terkena sinar matahari, terutama matahari pagi (6-10 jam). Untuk pemilik taman mawar, gunakan satu atau lebih bayangan dalam bentuk jaring untuk menanam mawar sehingga intensitas cahaya, terutama di siang hari, tidak terlalu tinggi.

Artikel Terkait:  √Penyebab Ulat Jambu Air dan Cara Mengatasinya

6. Potong daun dan ranting

Potong-daun-dan-ranting

Daun dan ranting yang mulai menua harus dipotong karena merupakan bagian dari tanaman yang tidak produktif. Saat memotong dengan gunting, pastikan guntingnya tajam. Jangan memotong dengan teknik memotong, tetapi dengan gunting halus. Memangkas bagian tanaman mawar yang ditumbuhi adalah penting karena lebih banyak kuncup bunga yang harus dibuat. Jadi tanaman mawar lebih indah dengan lebih banyak bunga.

Seperti yang kita ketahui, fotosintesis atau makanan pada tanaman mawar, yang berlimpah, hanya dihabiskan untuk pertumbuhan daun dan cabang, sehingga produksi bunga hilang. Karena itu, cabang atau cabang lama harus dipangkas agar tidak bersaing dengan kuncup bunga.


7. Pengendalian hama dan pengendalian penyakit

Pengendalian-hama-dan-pengendalian-penyakit

Tugas penting lainnya dalam merawat mawar untuk menghasilkan bunga yang lebat adalah menghilangkan hama dan penyakit. Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang mempengaruhi tanaman mawar. Misalnya, hama berupa cacing daun, yang menyebabkan daun menjadi abon. Hama ini dapat diberantas dengan menyemprotkan insektisida (racun serangga). Ini juga dapat digunakan untuk mengobati serangga dan kutu serta kumbang pemakan daun dan bunga. Tanaman mawar juga bisa rusak oleh serangan jamur, itulah sebabnya mereka harus dihilangkan dengan menyemprotkan fungisida.

Gejala bintik-bintik daun, busuk daun, karat daun dan tepung jamur (lapisan putih pada permukaan daun) adalah beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Selain itu, ada juga kejang yang berasal dari bakteri dan menyebabkan pangkal batang membengkak, sehingga harus disemprot dengan bakterisida. Atau penyakit mosaik (brindle), yang disebabkan oleh virus mosaik mawar, yang dirawat dengan insektisida untuk membasmi serangga vektor (pembawa penyakit).


8. Berikan ekstrak kulit pisang

Dosis fosfor yang tepat dapat mendorong mawar mekar dengan rajin. Kandungan fosfor dapat diperoleh dari kulit pisang. Dua hingga tiga kulit pisang seminggu dapat memenuhi kebutuhan fosfor untuk tanaman mawar untuk berbunga berat.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Tanaman Porang

Untuk melakukan ini, potong 2-3 kulit pisang dan kemudian tanam sekitar 10 cm ke dalam tanah di sekitar tanaman, tetapi jangan terlalu dekat untuk menghindari kerusakan akar dari penggalian. Biarkan membusuk dan menjadi kompos alami. Selain itu, kulit pisang juga bisa dicampur dengan air tambahan, yang nantinya bisa dicampur langsung dengan kompos.


9. Masukkan alfalfa

Alfalfa (Medicago sativa) adalah anggota legum yang digunakan sebagai pakan sapi perah, kuda, sapi, domba dan kambing. Alfalfa juga digunakan dalam sistem rotasi tanaman karena dapat mengikat nitrogen, memperbaiki struktur tanah dan mengendalikan gulma untuk tanaman berikutnya. Alfalfa dalam bentuk pelet dapat ditaburkan atau diseduh untuk diberikan pada tanaman mawar. Mengapa alfalfa baik untuk mawar? Sebagai pupuk, alfalfa mengandung 5-1-2 nutrisi yang merupakan sumber zat mulai dari nitrogen, kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin (A, D, B1, B6, E, K dan U) dengan triaconatol , yang merupakan stimulan untuk pertumbuhan asam lemak. Karena bahan-bahan yang bermanfaat ini, alfalfa dapat memasok tanaman mawar dengan banyak zat yang diperlukan untuk tumbuh dan merangsang pertumbuhan bunga.


10. Mainkan nada musik

Beberapa toko bunga percaya bahwa musik membuat tanaman tumbuh lebih baik. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa setiap tanaman, termasuk mawar, merespons setiap getaran harmonik yang berasal dari musik melodi, terutama musik klasik dan country. Metode ini mungkin hampir mirip dengan pertumbuhan otak bayi di dalam rahim ketika memainkan musik klasik seperti ritme Beethoven. Karena itu, Anda dapat menggunakan metode ini setiap pagi dan sore untuk menciptakan ritme yang harmonis untuk perkembangan dan pertumbuhan mawar Anda.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perkebunan Dengan Materi 10 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: