√Cara Merawat Hamster

Selamat Datang di Web RumahBudidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Hamster, berikut penjelasannya.

Cara-Merawat-Hamster-Pemula

Ada beberapa jenis hamster yang biasanya dipelihara dan biasanya dapat mencapai usia antara 2 dan 3 tahun.

Hamster adalah hewan malam hari sehingga mereka bisa tidur sepanjang hari. Namun, ada juga berbagai jenis hamster, yaitu hewan crepuscular yang dapat aktif di pagi dan sore hari sebelum matahari terbenam.

Agar seekor hamster selalu terlihat bahagia dan sehat seperti hewan peliharaan, ada banyak hal yang harus dilakukan setiap hari secara teratur. Dalam ikhtisar berikut ini kami memberikan beberapa tips untuk merawat hamster yang dapat Anda gunakan terutama untuk pemula.


Cara Merawat Hamster

Berikut ini terdapat beberapa cara merawat hamster pemula dengan baik, yaitu sebagai berikut:


  1. Pilih perumahan yang tepat

Untuk pilihan kandang hamster pada umumnya 0,23 meter persegi atau kandang dalam format 61 x 38 sentimeter termasuk perawatan hamster bayi. Akuarium gelas juga bisa digunakan sebagai kandang hamster. Namun, kekurangannya adalah ventilasi yang tidak memadai. Karena itu, pastikan bahwa bagian atas sangkar terbuat dari kawat sehingga sirkulasi udara berfungsi dengan baik. Pastikan juga kandang tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa terlalu panas, terutama jika disimpan di akuarium.


  1. Tempatkan kandang di tempat yang aman

Pastikan hamster ditempatkan di area dengan sirkulasi udara yang banyak. Jangan letakkan kandang langsung di depan jendela dan pastikan ruangan itu sunyi dan bebas dari gangguan hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing sehingga hamster tidak stres dan kucing atau anjing tidak berinteraksi dengan hamster Anda.


  1. Pastikan hamster tidak bisa lari

Anda perlu tahu apakah hamster adalah hewan yang sangat pintar dalam hal melarikan diri, seperti halnya tikus putih. Untuk melakukan ini, pastikan bahwa semua lubang pembukaan seperti pintu kandang benar-benar tertutup dan bahwa tidak ada bagian kandang yang longgar atau dapat dibuka oleh hamster. Jika Anda menggunakan sangkar dengan dinding kawat, pastikan bahwa hamster tidak membiarkan kawat lebih dari 0,7 sentimeter melewatinya.

Artikel Terkait:  √Cara Ternak Burung Puyuh

  1. Memahami naluri teritorial hamster

Jika Anda ingin memelihara hamster surya, pastikan Anda meletakkan hamster di setiap kandang. Hamster Suriah biasanya merupakan hewan darat ketika mereka berusia 5 hingga 8 minggu. Jadi mereka berkelahi dengan hamster lain untuk tempat mereka sendiri di kandang. Hamster kerdil dapat ditempatkan di kandang pada saat yang sama jika mereka sudah dekat sejak kecil.

  • Hamster kerdil [hamster kerdil Campbell, hamster kerdil musim dingin, dan hamster Roborovski] dapat dimasukkan ke dalam kandang sendiri atau bersama-sama dengan pasangan jika ini benar-benar diketahui.
  • Jangan kawin hamster dengan tipe dan pasangan hamster yang berbeda tidak boleh dimasukkan ke dalam kandang karena dapat melukai satu sama lain, terutama jika menunjukkan tanda-tanda hamster hamil.

  1. Siapkan bantalan kandang

Bantalan kandang hamster juga harus dibuat setebal 7,6 cm. Serutan kayu pinus atau cedar tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah pernapasan dan masalah lainnya.

Pilih serutan kayu aspen yang tidak mengandung minyak berbahaya. Selain itu, jangan gunakan kertas katun atau tisu, karena ini bisa berbahaya, mis. B. melilitkan kaki hamster sehingga aliran darah terhambat dan tidak dapat dicerna untuk membunuh hamster Anda.


  1. Beri mereka sesuatu untuk dimakan setiap hari

Seperti biasa dengan kelinci Angora, Anda harus menyediakan makanan yang cukup untuk hamster setiap hari. Bagi Suriah, hamster bisa memberi sekitar 15 gram makanan setiap hari dan memastikan makanannya selalu segar. Hamster juga binatang yang suka menimbun makanan mereka sehingga mereka selalu memiliki tempat rahasia untuk menyimpan makanan.

Tetapi membuang makanan bisa menekan hamster. Untuk mengatasinya, pastikan Anda menyediakan makanan segar setiap hari, membuang tumpukan makanan lama, dan menggantinya dengan menempatkan makanan baru di tempat yang sama dengan tumpukan makanan hamster.

Gunakan wadah logam atau keramik untuk wadah makanan hamster karena hamster adalah hewan yang suka menggigit atau mengunyah wadah makanan plastik.


  1. Sediakan air bersih untuk hamster

Tidak seperti merawat kelinci Angora, hamster tidak perlu banyak air untuk diminum, tetapi masih penting untuk menyediakan air setiap saat, karena hamster dapat merasa haus kapan saja. Jangan memasukkan air ke dalam wadah makanan karena ini bisa membuat hamster kotor dan dibenci. Kami merekomendasikan menggunakan botol air atau dispenser air dan menggantinya dengan air segar setiap hari.

Artikel Terkait:  √Cara Mengetahui Umur Kucing

  1. Gunakan pelet dengan diet seimbang

Pastikan Anda memotong pelet dengan kandungan gizi seimbang atau pelet saat hamster memasukkannya ke dalam kubus. Ketika campuran biji-bijian diberikan, hamster lebih memilih biji-bijian utuh karena lebih lezat tetapi tidak mengandung nutrisi yang cukup. Berikan pellet atau pellet cube sebagai makanan utama untuk hamster dan campurkan dengan biji-bijian tambahan. Pastikan hamster memakan pelet dalam jumlah yang benar terlebih dahulu dan kemudian bercampur dengan bijinya.


  1. Hindari menyediakan makanan manusia

Ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh diberikan kepada hamster, seperti permen, daging mentah, termasuk ikan, pasta, gula, dan es krim, terutama untuk merawat hamster bayi yang baru lahir. Makanan manusia biasanya mengandung gula, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan hamster dan harus dihindari.


  1. Beri hamster camilan

Hamster juga harus diberi makanan ringan secara teratur 2 hingga 3 kali seminggu. Beberapa jenis hamster yang paling populer adalah mentimun, wortel, pisang, apel, selada, paprika, daun kubis, seledri, sawi dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan lainnya, yang juga cocok untuk memelihara kelinci. Beberapa makanan ini juga bisa diberikan sebagai makanan hamster harian.

Makanan ringan untuk hamster lain dapat dibeli di toko hewan peliharaan seperti keripik yogurt, cokelat untuk hamster, dan bahkan mengunyah potongan kayu yang sangat disukai hamster. Sementara beberapa jenis makanan yang perlu dihindari termasuk almond, bawang, kentang, kacang-kacangan, biji buah, daun bawang, alpukat daun bawang, terong, rempah-rempah, daun bawang, bawang putih, kubis bundar, tomat, dan buah jeruk.


  1. Berikan kunyah (chew stick)

Mengunyah juga bisa diberikan pada hamster dalam berbagai ukuran, rasa dan warna. Gigi hamster terus tumbuh dan hamster harus dipotong dengan tongkat pengunyah. Lanjutkan memberikan berbagai kunyah hingga Anda akhirnya menemukan kunyah yang disukai hamster.


  1. Beri waktu pada hamster untuk menjelajah

Jika Anda membeli hamster, segera masukkan hamster ke dalam kandang, sediakan makanan dan air bersih, dan berikan waktu untuk hamster. Tutupi kandang dengan kain tipis sehingga dapat menjelajahi rumah barunya tanpa gangguan. Sebaiknya, hindari mendekati hamster Anda selama beberapa saat agar tidak mengganggu dan menyiksa hamster.


  1. Ambil pendekatan langkah demi langkah

Setelah 3 hari Anda meninggalkan hamster sendirian dengan makanan dan minuman, maka Anda hanya bisa mendekati hamster secara bertahap. Saat Anda mendekati hamster, bicaralah dengan lembut karena hamster menjadi gugup pertama kali, karena Anda tidak terbiasa, dan jangan mulai memandikan hamster jika hamster masih takut kepada Anda.

Artikel Terkait:  √Cara Mengobati Mata Kucing dengan Daun Sirih

Mulailah dengan kegiatan rutin seperti mengganti air dan makanan di kandang, mengganti mainan lama dengan yang baru, dan membuang tempat tidur yang kotor. Hamster secara bertahap mulai terbiasa dengan kehadiran Anda.


  1. Mulai menjinakkan hamster Anda

Saat menjinakkan, seekor hamster dapat memulai minggu kedua setelah hamster berada di rumah barunya, bagaimana menjinakkan landak mini. Secara umum, hamster aktif ketika pagi dan sore mendekati malam dan sepanjang malam. Pelajari tentang aktivitas harian hamster Anda dan jinakkanlah ketika hamster aktif.

  1. Untuk menjinakkan hamster, letakkan tangan Anda di dalam sangkar dan biarkan hamster mengendus dan memperhatikan tangan Anda.
  2. Jika hamster menggigit dengan lambat dan tidak berperilaku agresif, Anda dapat perlahan-lahan menarik tangan Anda dan membuat hamster mengawasi tangan Anda lagi.
  3. Ini harus dilakukan agar hamster dapat memahami apakah tangan Anda tidak perlu ditakuti dan digigit.
  4. Letakkan camilan di sekitar telapak tangan Anda seperti campuran benih yang disukai hamster.
  5. Hamster memanjat di tangan Anda dan secara bertahap dapat memindahkan camilan di tangan Anda sehingga hamster merasa lebih nyaman.

  1. Beli mainan roda hamster

Sepeda hamster umumnya sudah tersedia dengan kandang, tetapi ukurannya terlalu kecil dan tidak baik untuk kesehatan tulang belakang hamster. Jika hamster ditekuk pada sepeda saat berlari dan punggung dimiringkan ke depan, perisai terlalu kecil. Beli sepeda hamster dengan diameter 20 sentimeter untuk hamster kerdil dan 28 sentimeter untuk hamster Suria atau beli sepeda dengan ukuran lebih besar karena lebih baik daripada sepeda yang terlalu kecil.


Tambahan:

Saya akan menambahkan video untuk cara merawat hamster pemula dengan baik dibawah ini:


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi Kenali! 15 Cara Merawat Hamster Pemula dengan Baik

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: