√Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Luka Bakar , berikut penjelasannya:

Cara-Mengatasi-Luka-Bakar-Pada-Kucing

Seperti jenis fauna lainnya, kucing secara alami mempunyai naluri hendak tahu sampai-sampai selalu mengerjakan segala teknik termasuk urusan hal riskan seperti api dan sesuatu barang yang panas lainnya.

Inilah yang menciptakan para pemelihara kucing mesti memahami dengan tentu tentang teknik mengatasi luka bakar pada kucing andai sewaktu waktu urusan itu terjadi pada kucing favorit anda.

Ada tidak sedikit jenis luka bakar yang dapat terjadi pada kucing dan diakibatkan karena sekian banyak alat lokasi tinggal tangga yang terdapat di sekitar. Ketika kucing merasakan luka bakar, maka rasa sakit kronis akan dirasakan oleh kucing anda. Kucing dapat mengalami luka bakar tingkat kesatu, kedua, ketiga dan bahkan luka bakar kimia.

Produk pembersih atau pengencer cat dapat menyebabkan kehancuran kulit serius dan sangat riskan jika tertelan yang dapat membuat kucing kamu keracunan. Berikut bakal kami berikan sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi luka bakar yang terjadi pada kucing kamu sebagai bantuan kesatu sebelum diangkut ke dokter hewan.


Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi luka bakar pada kucing, terdiri atas:


1. Luka Bakar Tingkat Pertama dan Kedua

Tanda dari luka bakar tingkat kesatu diantaranya ialah bulu yang masih tetap utuh dan dapat juga tidak banyak rontok, lesi yang menyakitkan dan dapat terlihat warna kemerahan pada kulit serta lecet.

Sedangkan guna tanda luka bakar tingkat kedua pada kucing diantaranya ialah bulu yang tampak hangus, lesi menyakitkan yang dapat berubah disertai dengan lepuh dan pun bengkak. Untuk teknik mengobati luka pada kucing tingkat kesatu dan kedua ini dapat dilakukan dengan teknik berikut ini.

  • Oleskan air dingin atau kompres es pada lokasi luka bakar dan diamkan sekitar 15 menit namun tidak boleh oleskan dengan salep atau mentega.
  • Apabila luka bakar memblokir sebagian besar tubuh atau terdapat di unsur tubuh yang dapat dijilat kucing, maka tutup dengan dressing steril tetapi jangan pakai kapas.
  • Bungkus luka bakar itu dan rekatkan dengan rapat dan bawa kucing kamu ke dokter fauna secepatnya.
Artikel Terkait:  √Cara Menghilangkan Selaput Pada Mata Kucing

2. Bungkus Dengan Handuk

Sesudah terpapar luka bakar, kucing seringkali akan paling takut dan berjuang menggigit kamu ketika bakal diobati. Membalut kucing secara lembut dengan handuk dapat dilakukan untuk mendinginkan dan mengamankan kamu ketika sedang mengobati kucing tersebut. Hindari menggosok lokasi sensitif atau lokasi luka bakar dengan handuk sebab melulu akan merusak kulit kucing anda.


3. Aplikasikan Lidah Buaya

Untuk luka bakar pada kucing dalam taraf ringan, kamu bisa memakai gel dari tumbuhan lidah buaya yang paling aman dipakai untuk luka bakar kucing masing-masing hari dan dapat juga dipakai untuk teknik menyembuhkan luka pada anak kucing.

Gel lidah buaya akan mendinginkan rasa tidak nyaman dan pun membantu pengobatan luka bakar pada kucing. Namun pastikan supaya kucing tidak menjilati gel lidah buaya itu karena dapat mengganggu sistem pencernaan kucing.

Untuk menangkal kucing menjilati lidah buaya, maka gunakan e collar atau kerah berbentuk kerucut yang biasa dipakai untuk anjing atau kucing yang sedang sakit dan dapat dibeli di toko hewan.


4. Hilangkan Kontaminan Kimia

Luka bakar kimia biasa diakibatkan karena larutan pembersih lokasi tinggal tangga atau bahan kimia powerful lainnya. Apabila luka bakar kimia pada kucing terjadi sebab hal tersebut, maka usahakanlah untuk mencuci substansi sesegera barangkali untuk mengurangi risiko lebih lanjut.

  • Apabila zat itu berbahaya, maka hindari memakai sarung tangan karet dan pakai perlengkapan keselamatan cocok sebelum menyingkirkan zat itu dari kucing anda.
  • Apabila luka bakar berasal dari bahan kimia kering, maka usahakanlah untuk menyikat bahan kimia tersebut sejumlah mungkin.

5. Basahi Dengan Air Dingin

Apabila luka bakar yang dirasakan kucing diakibatkan karena kontak dengan zat kimia, maka aliri air pada bekas luka bakar itu yang juga dapat dilakukan sebagai teknik mengobati bengkak pada kaki kucing.

Cobalah untuk mendinginkan kucing dengan cara berkata sehingga kamu bisa mengairi area tubuh kucing dengan air mengalir. Jika zat kimia tersebut tentang mata kucing anda, maka siram dengan air atau garam sekitar 15 sampai 20 menit untuk menerbitkan zat kimia itu sebanyak barangkali dari mata kucing anda.


6. Gunakan Larutan Garam Steril

Cara lain guna menyembuhkan luka bakar pada kucing ialah dengan memakai larutan garam steril selain dapat juga dipakai untuk penyembuhan sariawan pada kucing.

Larutan garam steril yang biasa dipakai untuk mencuci luka terkontaminasi pada manusia dapat digunakan guna mengobati luka bakar pada kucing sebab mempunyai pH serupa dengan jaringan tubuh kucing sehingga dapat mengurangi kehancuran jaringan tubuh. Gunakan larutan garam itu dalam jumlah tidak sedikit untuk membasuh area luka hingga bersih.

Artikel Terkait:  √Manfaat Vitamin A untuk Kucing

7. Gunakan Air Rebus yang Sudah Dingin

Untuk luka bakar yang kotor usahakan pakai air yang telah direbus dan tunggu sampai dingin untuk mencuci luka bakar. Hal ini penting dilaksanakan untuk menurunkan risiko kehancuran air semakin parah sebab kandungan air yang kotor dapat memperburuk luka bakar pada kucing anda.


8. Pengobatan Medis

Ketika diangkut ke dokter hewan, nantinya kucing yang merasakan luka bakar bakal ditangani dengan sejumlah cara yang dilaksanakan dokter fauna yang tentunya bertolak belakang dengan teknik mengobati kucing demam, seperti:

  • Debridemen: Ini dilaksanakan untuk luka bakar parah pada kucing guna mengusung jaringan kulit yang telah mati atau rusak.
  • Antibiotik: Antibiotik akan diserahkan pada kucing untuk menangkal infeksi bakteri sekunder.
  • Obat penghilang rasa sakit: Ini akan diserahkan untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan dampak luka bakar pada kucing.
  • Pemberian susu: Pada awalnya, kucing bisa jadi harus disuapi dengan susu dan diserahkan juga makanan lembut atau lembab guna perawatan sekitar sedang merasakan luka bakar itu yang pun harus dilaksanakan ketika sudah kembali ke rumah.

9. Gunakan Salep Antibiotik

Sesudah mencuci luka dan keringkan, maka oleskan salep yang berisi antibiotik eksklusif kucing untuk menangkal terjadinya infeksi. Setelah itu, bungkus dengan perban guna menutupi luka bakar pada kucing sekaligus melindungi supaya salep tidak tertelan atau dijilat kucing.


10. Bersihkan Luka dan Ganti Perban

Cara berikutnya untuk menanggulangi luka bakar pada tubuh kucing ialah dengan mencuci luka masing-masing hari dan ganti perban pembungkus luka pada tubuh kucing masing-masing hari.

Hal ini mesti dilaksanakan paling tidak sekitar dua minggu untuk menangkal bekas luka. Sesudah sembuh, kulit barangkali akan terkikis atau terkelupas di lokasi bekas luka bakar. Hindari untuk unik kulit atau memecahkan lepuh itu karena dapat memperburuk situasi luka sekaligus mengakibatkan iritasi dan peradangan pada bekas luka bakar.


11. Jangan Oleskan Krim Pada Luka

Jangan pernah mengoleskan krim, losion atau luka pada minyak dan lebih baik pakai petroleum jelly, lidah buaya atau salep antibiotik eksklusif kucing yang dapat dibeli di dokter fauna seperti teknik mengobati kucing flu. Apabila hendak menyemprot obat anti nyeri pada lokasi luka bakar, maka usahakan dikonsultasikan dulu dengan dokter hewan. Jika kucing tampak kesakitan, maka mesti segera mendapatkan bantuan dari dokter hewan.


12. Gunakan Minyak Esensial

Untuk luka bakar ringan, minyak esensial dapat digunakan untuk meminimalisir rasa nyeri pada kulit sekaligus menangkal melepuh sekaligus untuk menangkal tanda alergi pada kucing. Beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan guna kucing diantaranya ialah kamomil, lavender dan pun yarrow. Jika luka bakar pada kucing lumayan luas, maka minyak esensial dapat dicampur bareng air dan pakai untuk merendam unsur luka bakar pada tubuh kucing.

  • Pastikan untuk menenangkan kulit yang terbakar dengan air paling tidak sekitar 10 menit.
  • Basahi kain kasa atau lap bersih dengan air es.
  • Tuangkan 1 tetes minyak esensial ke kain kasa atau lap itu untuk masing-masing 2.5 cm luka bakar dan tempel pada luka bakar.
Artikel Terkait:  √Penyakit Pada Kuku Kucing

13. Gunakan Madu

Madu juga dapat digunakan guna luka bakar enteng pada kucing. Madu adalahpenyembuh alami yang aman dipakai untuk kucing sebab berisi anti bakteri guna mempercepat segala pengobatan luka tergolong luka bakar yang bahkan dapat digunakan untuk teknik mengobati kucing keracunan. Namun, pastikan madu yang kamu beli ialah madu murni yang seringkali tersedia di toko kesehatan atau penjaja obat ayuderva dan bukan di toko makanan.

  • Hindari mengoleskan madu ke luka bakar parah.
  • Oleskan madu untuk menangkal infeksi selagi kamu mencari bantuan dokter hewan.

14. Gunakan Teh Calendula

Calendula atau tidak jarang disebut pun dengan marigold juga dapat digunakan untuk menanggulangi luka bakar enteng pada kucing sekaligus untuk penyembuhan jamur pada kucing persia.

Anda melulu perlu menyeduh 1 sendok teh buang calendula ini dengan air mendidih sekitar 15 menit. Saring dan dinginkan kemudian pakai untuk mengompres luka bakar pada kucing menggunakan kain. Lakukan teknik ini sesering barangkali untuk mempercepat proses pengobatan sekaligus meminimalisir rasa sakit dampak luka bakar tersebut.


15. Gunakan Sari Bawang Bombay Mentah

Meski mempunyai bau yang tidak sedap, tetapi bawang bombay dapat digunakan guna meredakan luka bakar pada kucing. Potong sejumlah siung bawang bombay dan usapkan secara lembut pada luka dan biarkan sampai meresap. Lakukan teknik ini sejumlah kali sampai sembuh dan pastikan kamu menggunakan bawang bombay yang masih segar. Pastikan guna mengenakan e collar pada leher kucing supaya air bawang itu tidak hingga terjilat oleh kucing anda.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 5 Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :