√Cara Ternak Kura-Kura Brazil

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Kura-Kura Brazil, berikut penjelasannya:

Hewan reptil ini telah banyak dipelihara oleh masyarakat terutama Indonesia, sehingga ternak kura-kura Brasil sangat cocok untuk peternakan. Kura-kura Brasil tidak hanya mudah dirawat, mereka juga memiliki bentuk yang unik dan warna yang unik. Apalagi kalau dia masih kecil.

Dengan minat yang banyak budidaya kura-kura Brasil telah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi peternak untuk diterapkan di rumah, dan jika berhasil, kura-kura dapat dijual di antara pecinta ikan akuarium. Jangan kaget jika Anda mendapatkan jutaan hingga ratusan juta omset nanti. Tentu saja itu semua tergantung dari usaha. Ada beberapa langkah yang perlu Anda jalankan dengan benar dalam mberternak kura-kura brazil ini, yaitu sebagai berikut:


1. Pilih Indukan yang Siap Kawin

Hal terpenting dalam budidaya kura-kura adalah memilih indukan yang berkualitas. Karakteristik indukan yang berkualitas baik adalah:

  • Kura-kura berusia 3-5 tahun.
  • Ukurannya besarnya sampai sepiring lebih cocok untuk dikawinkan.
  • Tidak catat dan itu berarti sehat
  • Ukuran tubuh gemuk
  • Keadan tempurung yang bersih

2. Menyediakan Tempat untuk Memelihara Kura-kura Brasil

Penting untuk membuat tempat khusus untuk proses pemijahan atau perkawinan (pasangan) antara induk jantan dan betina. Ini karena bentuk tempat atau wadah pemijahan kura-kura yang biasanya berbeda dari tempat kura-kura Brasil. ternyata mereka perlu tempat tersendiri, bagaimana cara membuatnya? yuk ikuti langkah ini:

  • Buatlah Kolam pemijahan dengan ukuran 2×3 meter, kemudian buat sekat terbentuk di tengah dan dibagi menjadi dua bagian. Sisi kanan daratan pasir dan sisi kiri air. Untuk kolam pemijahan, berguna untuk membuat sekat sehingga air tidak bercampur dengan pasir, karena pasir harus tetap kering. Ketika peternak menaruh telur di pasir, mereka tidak terkena air.
  • Jangan lupa memasang lampu bohlam 10 watt di atas daratan. Tinggi antara lampu dan pasir adalah 10 cm. Juga buat saluran air kecil untuk bertukar air kotor dan bersih sehingga air di kolam selalu bersih.
  • Saat siap, masukkan Indukan sesuai dengan kriteria di atas dan hanya ada satu laki-laki dan satu perempuan dalam satu tempat. Untuk makanan, cukup sediakan serangga tau sayuran seperti sayuran dan jangkrik, dan jangan terlalu banyak karena dapat mencemari kolam. Selanjutnya, tunggu beberapa hari untuk melihat telur di pasir.

Artikel Terkait:  √Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

3. Menetaskan Telur Kura-Kura

Jika telur sudah ada di pasir, maka bisa ditelurkan secara alami dan artifisial atau buatan . Namun, ini direkomendasikan secara artifisial. Mengapa? Masalahnya adalah mengurangi tingkat kematian dan kegagalan telur kura-kura. ini adalah cara yang efektif yang penulis sarankan bagi calon peternak kura-kura.


4. Cara Merawat Bayi Kura-Kura Brasil

 Ketika telur melepaskan kura-kura bayi, ia harus dibiarkan selama sehari. Karena Anda telah menyimpan nutrisi makanan yang terkandung dalam telur, jangan berikan apa pun untuk dimakan. Kemudian baru setelah 1-2 hari, Anda bisa memberikan makanan khusus kepada bayi kura-kura seperti ikan kecil yang dijual di pasar atau toko ikan.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi Cara Singkat dan Mudah untuk Ternak Kura-Kura Brazil 

                Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :