√Cara Ternak Kambing Modern

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ternak Kambing berikut penjelasannya.

Cara Ternak Kambing Modern

Dengan memakai teknik cara ternak kambing yang baik dan benar maka sebuah usaha ternak kambing akan berjalan dengan lancar dan juga hasil panennya akan lebih menguntungkan. Kambing merupakan salah satu binatang jenis mamalia berkaki empat yang keberadaannya sangat banyak kita temui di kawasan Indonesia. Saat ini memang ternak kambing menjadi kondisi yang biasa terutama untuk yang tinggal di daerah pedesaan, rata-rata para penduduk desa memang berprofesi sebagai petani dan peternakvdan pada biasanya mereka akan memelihara kambing, sapi, ayamvdan binatang ternak lainnya.

Tetapi, para masyarakat desa tidak sadar akan besarnya potensi ternak kambing di Negara kita, saat ini daging kambing sangat laris di pasaran karena seiring dengan semakin banyaknya penduduk di Negara kita dan juga memang dagingnya yang mempunyai rasa khas untuk di sate ataupun menjadi olahan masakan lainnya.

Cara ternak kambing yang baik dan benar sehingga akan membantuk penghasilan bagi para peternak, namun belum di praktekkan oleh para masyarakat desa yang sudah menjalankan ternak kambing, disana hanya mempunyai beberapa ekor kambing saja. Mereka tidak ada target untuk meningkatkan ternaknya dan kambing sifatnya hanya sebagai harta simpanan di lain waktu apabila diperlukan, maka akan di jual di pasar ataupun melewati tengkulak. Sebaliknya, justru sangat tepat untuk memulai usaha ternak kambing di kawasan pedesaan, tempat yang tepat dan juga banyaknya sumber makanan kambing di sana.

Para petani yang juga melakukan ternak kambing tidak memiliki target dalam ternaknya, seperti target jumlah setiapatau peternak bulan atau tahunannya, karena sedikitnya kambing siap potong di Indonesia maka pemerintah masih menjalankan impor daging. Untuk menaggapi keadaan tersebut, maka dalam hati saya untuk membuat artikel tentang cara ternak kambing yang mungkin akan bermanfaat bagi yang ingin memulai usaha ternak kambing.

Keuntungan dari cara ternak kambing yang tepat tentunya menjadi menguntungkan untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan pada kambing. Dari keadaan tersebut juga masih banyak keuntungannya, yakni dari hasil susu peras yang di hasilkan (apabila ternak kambing etawa atau susu), keuntungan lainnya merupakan pupuk kandang yang dapat dijual atau dipakai untuk pupuk sendiri. Pupuk yang dihasilkan dari kotoran dan pembuangan sisa pakan dan ternak kambing sangat bagus untuk dipakai menjadi pupuk organik. Jadi tunggu apalagi segera kita mulai untuk menjalankan ternak kambing sendiri.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Kroto

Proses Reproduksi Kambing

Sebelum memulai untuk melakukan usaha ternak kambing, maka sebaiknya yang dibutukan kita adalah bagaimana prosesnya. Kambing memang mempunyai tingkat reproduksi yang tinggi, bahkan kambing tersebut bisa melahirkan 2 kali dalam satu tahun.

Paling tidak kambing akan beranak 3 kali dalam masa 2 tahun, jadi betapa menggairahkan untuk memulai usaha ternak kambing tersebut, ketika induk mampu beranak 3 hingga 4 ekor setiap melahirkan pastinya akan mempercepat pertumbuhan ternak kambing yang kita jalankan.

Kambing tersebut akan tumbuh dewasa sesudah berusia sekitar 6 bulan dan kambing siap di kawinkan pada saat kambing berusia sekitar 10 hingg 12 bulan. Dengan lama waktu birahi sekitar 24 hingga 45 jam, dengan peredaran birahi yang berjarak selama 17 hingga 21 hari, birahi kambing bisa di tandai dengan sifatnya yang gelisah, mempunyai nafsu makan dan minum berkurang, selalu mengibaskan ekornya, kencing lebih sering, kemaluan akan bengkak dan basah.

Dalam ternak kambing, perbandingan jumlah pejantan dan betina sekitar 1:10, apabila perkawinan telah terbuahi maka lama waktu hamil adalah 144 hingga 156 hari (atau sekitar 5 bulan) dan anak kambing akan di sapih sesudah berusia sekitar 3 hingga 4 bulan anak kambing terlahir.


Cara Awal Ternak Kambing

Dalam cara awal tentunya di mulai dari persiapan pembuatan kandang sebagai tempat tinggal kambing dan di akhiri dengan masa panen. Dalam cara ternak kambing yang baik dan benar memang sangat mudah untuk dijalankan, kita dapat menjalankan usaha tersebut sebagai usaha sampingan. Berikut cara awal untuk ternak kambing, antara lain:


Persiapan Kandang Kambing

Kandang merupakan salah satu kondoso penting yang nantinya akan membantuk keberhasilan dari usaha ternak kambing yang akan kita jalankan. Kandang yang baik juga akan menyebabkan kenyamanan yang membuat kambing menjadi mudah gemuk dan berkembangbiak. Tingkat minimul kandang tersebut adalah bersih, mempunyai sinar matahari yang cukup, tidak panas (teduh) dan peletakan kandang paling minim adalah berjarak 5 meter dari rumah. Kondisi tersebut ditakutkan akan berimbas bau kotoran campur urine kambing yang tidak sedap, ingat selain kambing kita sehat, kita juga lebih penting untuk lebih sehat.


Persiapan Bibit Kambing

Pada cara selanjutnya, tentunya kita sudah menentukan untuk melakukan ternak kambing dengan jenis tertentu, mengingat jenis kambing di Indonesia sangatlah banyak, bahkan sampai puluhan jenisnya di masing-masing daerah.

Dalam kasus ini, apabila kita ingin ternak kambing sebagai kambing potong (pedaging) maka sebaiknya bibit yang kita siapkan adalah bibit jenis kambing kacang (jawa). Mengapa kambing ini, karena kambing ini sangatlah cepat untuk berkembangbiak, mudah gemuk, mudah adaptasi di semua lingkungan, lebih tahan penyakit, dan dagingnya paling diminati.

Artikel Terkait:  √Jenis Makanan Bebek

Apabila kita ternak kambing dengan tujuan susu perah, maka bibit  jenis kambing yang harus kita siapkan adalah jenis kambing etawa, kambing sangat bagus untuk memperoleh susu.

Untuk menentukan bibit kambing sebagai induk dan penjantan, maka harus mempunyai beberapa kualifikasinya, berikut kualifikasinya sebagai berikut:


Kualifikasi Induk Kambing

Berikut kualifikasinya sebagai berikut:

  1. Bentuk tubuhnya yang seimbang, memiliki dada yang dalam dan lebar, bentuk garis punggung dan pinggangnya lurus, tulangan/tubuhnya besar dan tidak gemuk (sehat) bukan obesitas
  2. Berkaraktek jinak dan tidak galak
  3. Mempunyai keempat kakinya yang lurus dan tumitnya tinggi.
  4. Mempunyai jumlah gigi lengkap, mempunyai kriteria merumput dengan baik, dan rahang atas atau bawah rata.
  5. Terlahir dari 2 pranakan atau bahkan anak tunggal.
  6. Bentuk ambingnya simetris dan tidak menggantung atau mempunyai puting 2 buah (bercabang).

Kualifikasi Kambing Pejantan

Berikut kualifikasinya sebagai berikut:

  • Mempunyai ukur tubuh yang besar dan panjang (tulangannya besar), sangat bagus apabila mempunyai bagian belakang yang lebih tinggi dan lebih besar, mempunyai bentuk dada yang lebar, serta kambing tidak teralalu gemuk, perawakannya gagah, aktif dan tentunya mempunyai nafsu kawin yang tinggi.
  • Bentuk seluruh kakinya yang lurus serta kuat.
  • Di lahirkan dari 2 bersaudara atau tunggal.
  • Mempunyai usia di antara 1,5 hingga 3 tahun.

Pemberian Pakan Ternak Kambing

Pakan juga salah satu masalah penting yang membantu keberhasilan ternak kambing yang sudah kita mulai. Sebenarnya dalam pemberian pakan tersebut sangatlah mudah, tidak seperti pemberian pakan pada ternak lainnya, karna kambing tersebut dapat memakan rumput atau hijau-hijauan lainnya serta pakan tambahan yang nantinya akan membantu supaya kambing cepat gemuk dan juga berreproduksi dengan baik.

Pakan yang di berikan sebaiknya yang lebih mudah di dapatkan, tidak pakan yang harganya mahal supaya bisa menekan seminimal mungkin pengeluaran untuk pakan. Namun pakan yang kita berikan haruslah berisi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan kambing setiap harinya. Pakan yang di berikan juga di anjurkan yang mudah di cerna, tidak beracun, dan di sukai kambing (lahap makannya).

Kandungan pakan tersebut dapat kita dapatkan dengan memberinya hijauan, misalnya berbagai jenis rumput dan makan tambahan seperti konsentrat yang bisa di dapatkan dengan membelinya di toko pakan ternak terdekat.

Untuk indukan kambing yang sedang hamil, menyusui atau pejantan yang sering di kawinkan, sebaiknya di berikan pakan penguat yang dapat di beli di toko pakan ternak terdekat. Jangan lupa untuk memberinya minum setiap harinya, pemberian minum paling bagus sesudah memberikan pakan tambahan.

Artikel Terkait:  √Cara Ternak Burung Lovebird

Penanganan Penyakit Pada Kambing

Sudah sering saya bilang bahwa kunci keberhasilan dalam usaha ternak kambing adalah dengan melaksanakan cara ternak kambing yang baik dan benar, dengan teraksananya poin tersebut maka keberhasilan ternak kambing yang sudah kita jalankan akan terpenuhi. Selain dari persiapan kandang yang baik dan pemberian pakan yang tepat, ada satu hal lagi yang penting adalah penanganan penyakit!!

Dengan pengawasan terjadinya serangan penyakit pada kambing, maka sebaiknya dicegah dengan melewati sanitasi kandang yang tepat dan pemberian makanan yang memenuhi gizi serta vaksinansi. Penyakit yang sering menyerang kambing adalah sebagai berikut, cacingan, kudis (scabies), kembung perut (bloat), paru-paru (pneumonia), orf dan koksidiosis. Semua penyakit tersebut dapat ditangani dengan cara ternak kambing yang baik dan benar, dengan itu kambing akan lebih sehat dan terlepas dari penyakit. Apabila ada kambing yang terjangkit penyakit, maka sebaiknya dijalankan pemisahan dan pengobatan.


Panen Ternak Kambing

Panen kambing ini pastinya terbagi dua jenis, yakni sebagai kambing pedaging (potong) ataupun sebagai kambing susu perah. Dalam kondisi tersebut pastinya harus di usahakan supaya selalu mengembangkan nilai tambah hasil  produksi ternak kambing yang kita jalankan adalah meliputi daging, susu, kulit, tanduk atau kotoran yang nantinya dapat dijadikan pupuk organik.

Untuk waktu yang tepat menjual kambing merupakan di saat berat badan kambing sudah tidak bisa bertambah lagi (berat maksimal) supaya nilai jualnya tinggi karena dagingnya juga banyak. Kambing di usia 1 hingga 1,5 tahun berat tubuhnya telah tidak bisa bertambah lagi (kambing normal tidak kurus), jadi saat umur tersebut sangat ideal untuk menjualnya.

Sangat mudah untuk melaksanakan ternak kambir supaya memperoleh hasil produksi yang maksimal, Segera untuk memulai usaha ternak tersebut, saya ingatkan lagi bahwa permintaan daging kambing, susu kambing selalu mendapati kenaikan dan peternakan di Negara kita belum mampu menjawab keadaan itu, penanggulangannya pemerintah menjalankan impor daging, jadi anda tahu apa yang menjadi peluang usaha ini.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Peternak Dengan Materi Cara Ternak Kambing Modern Biar Gemuk dan Menguntungkan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Peternak. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: