√Jenis-Jenis Parasit Pada Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Jenis Parasit, berikut penjelasannya:

Jenis-Jenis-Parasit-Pada-Kucing

Jenis parasit kucing adalah organisme yang mengendarai hewan kucing yang disebut nyonya rumah untuk mendapatkan makanan untuk kelangsungan hidupnya.

Parasit jenis ini pada kucing sangat berbahaya karena mengurangi kualitas hidup inang (kucing) yang bergerak bersamanya. Hewan kucing dapat diserang oleh berbagai jenis parasit kucing,

Parasit internal atau serangan internal, atau serangan ektoparasit atau eksternal. Di sini kita akan membahas secara rinci jenis-jenis parasit kucing.

Jenis-Jenis Parasit Pada Kucing

Berikut  ini terdapat beberapa jenis-jenis parasit pada kucing, antara lain:


1. Endoparasit

Endoparasit parasit kucing, yang sering menginfeksi kucing, adalah berbagai parasit, termasuk parasit minimal dan cacing pita. Parasit Bartlett adalah beragam cacing jelai seperti Ancylostoma dan Toxocara yang terutama menginfeksi saluran pencernaan utama usus kucing.

Meski begitu, sebagian besar parasit lain yang dapat menginfeksi berbagai organ kucing, termasuk jantung, paru-paru, dan ginjal. Selain parasit menit terakhir, parasit cacing pita sering menginfeksi kucing, dan parasit cacing pita yang sering menginfeksi kucing adalah genus dipyridinium.

Parasit sangat berbahaya bagi kucing. Selain nutrisi yang dikonsumsi parasit, parasit pada kucing memakan esensi makanan di usus dan dapat merusak dinding usus.

Artikel Terkait:  √Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing

Parasit setelah hewan kucing menjadi kurus dan anemia. Parasit Ancylostoma dapat menyebabkan kerusakan usus kucing, pendarahan, dan anemia. (Baca juga tentang cara melatih kucing di pasir


2. Pinjal (Chenocephaides)

Jenis parasit kucing ini adalah jenis paling umum yang sering ditemukan pada kucing. Jenis parasit kucing kucing atau nama ilmiah Chenocephaides felis adalah jenis parasit kucing yang menjajah tubuh inang karena membutuhkan darah segar untuk berkembang biak.

Kutu dewasa merespons rangsangan getaran dan peningkatan karbon dioksida. Parasit jenis kucing ini sekitar 1-3 mm, dan parasit jenis kucing ini berwarna coklat kemerahan dan juga hitam. Jenis parasit kucing ini tidak memiliki sayap dan dapat hidup di tubuh inang hingga 24 hari.


3. Felicola Subrotratus Molophaga

Kelompok parasit kucing ini adalah sejenis parasit mengunyah kucing yang sering hadir dalam tubuh kucing hanya dengan menggigit kulitnya. Pada kucing jenis ini, parasit jenis ini memiliki bentuk kecil, pipih, tidak bersayap. Parasit jenis ini pada kucing memiliki inang yang cukup spesifik dan tidak meninggalkan tubuh inang dalam satu siklus hidup.


4. Felicola Subrotratus Anoplura

Kelompok serangga atau parasit kucing ini adalah jenis parasit kucing vampir yang juga ada di tubuh kucing. Bentuk parasit jenis kucing ini memiliki bentuk yang sama dengan molofaga kecil, datar, tak bersayap. Mereka juga memiliki inang spesifik dan tidak meninggalkan tubuh inang dalam satu siklus hidup.


5. Parasit Tungau Sarcoptes Scabiei

Parasit jenis ini pada kucing memiliki warna cerah dan hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Pengujian klinis sampel kulit kucing diperlukan untuk menentukan apakah kucing terpapar parasit kucing. Jenis parasit tungau ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi kulit yang serius pada kucing.

Artikel Terkait:  √Penyakit Pada Telinga Kucing

Biasanya, kelompok serangga ini mulai menyebar dari wajah kucing ke seluruh tubuh dan menginfeksi kucing lain di sekitarnya. Bergantung pada sifat infeksi zoonosis, parasit jenis kucing ini juga dapat menyebar ke orang-orang di sekitarnya.


6. Parasit Tungau Panen (Trombicula Autumnalis)

Jenis parasit paling berbahaya pada kucing adalah larva. Kelompok 1 juga dikenal sebagai spesies kucing merah atau parasit kucing. Di luar negeri, jenis parasit ini biasanya merupakan jenis kucing yang sering menginfeksi kucing di musim panas dan awal musim gugur. Parasit jenis ini pada kucing jenis ini umumnya menginfeksi kucing berbulu panjang dengan kepadatan rendah.


7. Parasit Tungau Demodex

Jenis parasit pada kucing ini kurang menular dan kurang umum pada infeksi kucing. Parasit seperti cerutu adalah jenis parasit kucing normal di kulit dan folikel rambut

Sehat dengan kucing. Ini biasanya penyakit berbahaya yang disebabkan oleh parasit jenis tungau ini. Ini karena terlalu banyak individu dalam tubuh kucing, dan sistem kekebalan kucing terganggu.


8. Parasit tungau Cheyletiella

Jenis parasit kucing Jenis parasit tungau ini dapat menyebabkan rasa gatal, yang biasa disebut ketombe atau ketombe, yang menyerupai ketombe.

Parasit jenis ini pada kucing memiliki karakteristik zoonosis yang umum dan mudah ditularkan. Parasit jenis ini pada kucing umumnya dapat ditularkan oleh pencemaran lingkungan, karena parasit jenis tungau ini dapat hidup sepanjang hari tanpa tubuh inang.


9. Cynotis Otodectes)

Ada semua jenis parasit tungau yang umumnya dapat hidup di telinga kucing. Namun, telinga kucing yang paling sering terinfeksi adalah otodectes cynotis, tungau parasit. Variasi besar parasit pada kucing kecil dan merupakan jenis parasit kucing yang hidup dengan memakan lilin (cat ear wax).

Artikel Terkait:  √Ciri-Ciri Kucing Sakit Ginjal

Minyak alami ditemukan di telinga kucing. Jenis parasit pada kucing ini dapat dideteksi secara klinis dengan mengambil sampel kotoran telinga di dalam telinga hewan kucing dan juga dapat dilihat di bawah mikroskop.

Parasit jenis ini pada kucing juga dapat menyebabkan infeksi di luar saluran telinga kucing. Jenis infeksi parasit pada kucing ini biasanya menyebabkan kotoran telinga dan menutupi saluran telinga.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 9 Jenis-Jenis Parasit Pada Kucing Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :