√Cara Mengatasi Bulu Lovebird Yang Rusak

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Bulu Lovebird yang Rusak, berikut penjelasannya:

Cara-Mengatasi-Bulu-Lovebird-Yang-Rusak

Kebanyakan dari kita kurang paham tentang proses mabung atau ganti bulu pada burung, hingga membuat kita bingung dan sedih karna bulunya rontok. Terlebih jika itu  burung peliharaan kesayangan kita.

Saat proses pergantian bulu, biasanya burung kicau yang imut ini akan malas bersuara, dan hal ini menimbulkan kecemasan terhadap kita sebagai pemiliknya.  Namun, Bagi pemilik lovebird, tidak perlu ada kekhawatiran bahwa mereka tidak akan bernyanyi ketika burung-burung bergabung. Karena ini biasa terjadi pada para sejoli yang berkumpul.

Burung lovebird yang banyak diam Ini jelas merupakan hal yang baik untuk proses Mabung, karena, dengan tenang akan memudahkan proses mabung. Jika ada lovebird yang masih rajin berkicau saat mabung, itu berarti lovebird dalam keadaan birahi. Karena itu, penting untuk menjaga kondisi nafsu birahi stabil sehingga proses kawin tidak terganggu.


Cara Mengatasi Mabung Burung Lovebird

Disini akan saya bagikan cara mempercepat pergantian bulu pada Lovebird agar bulunya tetap cantik dan indah, sebagai berikut:


1. Jangan dijemur

Dalam kondisi selain mabung, sejoli bisa dikeringkan di bawah sinar matahari setiap hari, yang bisa sekali sehari atau dua kali sehari, tergantung kondisi burung. Namun, ketika burung mabung, yang terbaik adalah menghindari pengeringan, karena burung dapat tumbuh dan mempengaruhi kualitas bulu, dan proses kawin akan memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Artikel Terkait:  √Burung Cantik Untuk Di Pelihara

Selain itu, dengan menjemur lovebird pada saat mabung, akan membuat kelembaban bulu burung menjadi kering. Padahal kelembaban bulu burung dapat membuat proses perontokan bulu berjalan dengan benar.


2. Makanan ekstra

Anda dapat menawarkan makanan ekstra saat masa mabung sampai proses perkawinan selesai. Pakan yang bisa diberikan ke parrot peony mabung seperti jagung manis, semangka dan kangkung. Namun saat makan, sebaiknya jangan makan terlalu banyak, karena burung takut nafsu. Pakan non-pangan ini tumbuh dengan baik karena berperan dalam membantu pertumbuhan bulu nutrisi dalam proses penggilingan / berkabung dan memberi makan.


3. Hindari mandi

Burung lovebird harus membangunkan bulu mereka ketika mabung, tetapi harus menghindari mandi. Karena itu bisa membuat bulu burung ini menjadi kasar dan mengganggu proses abrasi.

Ketika bulu burung ditandai dengan bulu jarum yang mulai tumbuh di sekitar tubuh, mandikanlah burung lovebird ketika bulu itu mulai tumbuh lagi.


4. Kerodong

Ketika bulu burung mulai turun, suhu tubuh sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Ini karena bulu yang mencegah jatuh dan membuat suhu tubuh harus dilindungi dengan melapisinya menggunakan kerodong. kerodong dapat  membantu menjaga suhu tubuh normal atau hangat.

Namun, saat menggunakan kerodong untuk memegang seekor burung lovebird, usahakan terdapat angin yang lembut dan dapat disimpan di tempat yang nyaman kapan saja. Atau Anda dapat membuka kerodong sekali di pagi dan sore hari.


5. Berikan ketenangan (Damai)

Terlepas dari jenis kicau burung selama proses kawin, sangat penting untuk memiliki kedamaian agar tidak terganggu atau stres. Jika lovebird ditekankan saat mabung, maka akan mengganggu proses mabungnya.


6. Kebersihan Burung dan Kandang

Menjaga kandang tetap bersih sangat penting ketika sejoli tidak berpartisipasi dan terutama saat mabung.  Dengan menjaga burung tetap bersih, kita dapat menghindari berbagai penyakit seperti mikroorganisme, parasit, dan kutu yang dapat menyerang kulit peony yang kawin.

Artikel Terkait:  √Vitamin Bulu Kucing Agar Bagus

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas tentang cara merawat mabung lovebird, proses mabung akan dapat berjalan dengan baik dan bulunya akan kuat dan cantik.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi Cara Mengatasi Bulu Lovebird Yang Rusak Setelah Mabung,

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Burung. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: