√Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Kutu Anjing, berikut penjelasannya:

Cara-Menghilangkan-Kutu-Anjing
Cara-Menghilangkan-Kutu-Anjing

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau hewan berbulu panjang lainnya sangat dipengaruhi oleh kutu. Anjing karna  kutu sering menggaruk tubuh mereka. Tidak peduli apa pun jenis anjing atau peliharaan yang Anda miliki, jika Anda memiliki banyak kutu di tubuh hewan peliharaan Anda, mereka biasanya menjadi lebih kurus dan tidak suka makan dan tidak berdaya sampai sakit.


Jenis Kutu yang Menyerang Anjing

Ada tiga jenis kutu yang paling sering menyerang anjing:


1. Pinjal (Fleas)

Kutu ini sering juga disebut kutu kucing. Karena kutu ini sering menyerang kucing. Kutu ini memiliki ciri  sangat kecil, rata, bundar dan hitam pekat dengan kaki belakang yang lebih panjang. Jenis kutu ini biasanya di kediaman anjing, dan ketika kutu penuh hanya ketika anjing menghisap darah, kutu memasuki ruangan lagi. Sebagai aturan, kutu ini melakukan banyak aktivitas di luar rumah dan menyerang anjing yang terpapar kucing dengan kutu. Gigi jenis ini juga bisa menyerang seseorang, meninggalkan gigitan yang gatal.

Karakteristik kutu (kutu):

  • Ini dapat menyebabkan anemia dan menyebarkan parasit cacing pita (Dhypillidium sp.).
  • Anda dapat bergerak cepat dan melompat untuk berpindah dari satu host ke host lainnya.
  • Ini dapat menyebabkan dermatitis alergi kutu, yang dapat ditularkan ke manusia.

2. Lice

Jenis kutu ini hidup sebagai serangga kecil, duduk di tubuh anak anjing dan memakan jaringan kulit anjing. Ras jenis  ini sangat cepat dan membuat rambut anjingnya lengket, rontok dan mudah tercium. Biasanya, gigi ditransmisikan ke anjing yang sebelumnya terinfeksi. Untuk tingkat membasminya ini sangat mudah. Anda dapat memandikan anjing Anda dengan sampo pembunuh kutu atau bubuk pencegahan kutu.

Artikel Terkait:  √Cara Merawat Kucing Campuran

3. Caplak

Tungau atau caplak adalah musuh anjing terbesar. Ini karena hampir semua anjing di Indonesia terinfeksi kutu jenis ini. Tungau juga dapat memakan orang sebagai kutu. Tungau jantan memiliki ukuran pipih kecil dan warna merah-coklat, dan tungau betina berwarna hitam. Gigi-gigi ini biasanya membesar dan berubah menjadi abu-abu segera setelah mengisap darah


Fitur kutu:

  • Dapat bertahan selama berbulan-bulan tanpa tuan rumah. kutu ini dapat menyerang  bagian tubuh Anda seperti jari kaki, telinga, punggung dan leher dengan menyentuh kulit.
  • Kuat terhadap cuaca buruk. Dan sangat aktif di awal musim hujan.
  • Ini dapat menularkan demam kutu yang disebabkan oleh  kutu, parasit darah (Babesia) dan penyakit lainnya.
  • Jika hewan peliharaan Anda memiliki banyak kutu, akan sangat  mungkin mengalami anemia, terutama pada anak anjing atau anak anjing.

Kutu anjing adalah kutu dari kutu kebun atau dari anjing yang terinfeksi yang sangat berbahaya bagi hewan. Gigitan kutu ini dapat menyebabkan cedera dan dapat menyebabkan kecelakaan atau stres pada anjing. Kutu ini akan menyebabkan anjing Anda menggaruk tubuhnya secara membabi buta, menyebabkan banyak rambut rontok. Kehadiran kutu yang tidak diobati dalam tubuh anjing dapat membawa larva cacing pita, yang kemudian terjadi di tubuh anjing. Parahnya, kutu jenis  ini juga bisa menyerang manusia.


Ciri-ciri Keberadaan Kutu. Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda memiliki gigi.

  • Ini akan menjadi kutu jika Anda melihat serangga merayap di bulu anjing. Sebagai aturan, tungau berwarna merah, sekitar 2 mm.
  • Cari bintik hitam kecil di kulit anjing. Bintik-bintik hitam kecil ini adalah kutu. Gunakan sisir kutu dan sisir di atas kertas putih agar mudah dilihat.
  • Periksa kaki belakang kucing dan kepala serta lehernya. Karena bagian ini adalah area utama yang sering digunakan sebagai tempat aktivitas kutu.
  • Juga kutu jatuh di tempat tidur anjing, karpet dan permadani.

Artikel Terkait:  √Alasan Harus Rutin Bawa Kucing Ke Dokter

Telur Kutu Kutu biasanya bertelur di tubuh anjing. Namun, telur ini biasanya bergerak. Telur kutu ini mudah jatuh dan dapat disembunyikan di celah antara tikar, karpet, tempat tidur atau parket. Ukuran telur kutu ini sangat kecil, berbentuk oval dan putih, sekitar 0,5 mm.


Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengusir kutu pada hewan peliharaan kesayangan anda dirumah, mungkin bahan-banahnnya juga mudah untuk didapatkan, yaitu sebagai berikut:


1. Tanah Diatom

Tanah diatom sering digunakan sebagai pembasmi serangga dan sebenarnya sangat baik untuk membersihkan kutu. Metode ini tidak disemprotkan langsung pada anjing, tetapi di sekitar, lingkungan rumah, area bermain anjing dan tempat tinggal anjing.


2. Lemon

Bahkan buah ini bisa digunakan sebagai semprotan kutu. Pertama-tama, potong lemon dan rebus dengan sedikit air sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai landasan menjadi dingin sebelum menaburkannya pada anjing. Selain aromanya yang segar, metode ini juga efektif dalam memberantasnya. Namun, jangan semprotkan pada area mata anak anjing.


3. Cuka Apel

Cairan ini sebenarnya membantu mengurangi kutu yang ditemukan dalam tubuh pada anjing. Cuka apel tidak dapat dibunuh, tetapi itu karena dibenci oleh kutu. Cara menggunakannya, campur cuka apel dengan air dan oleskan secara merata di tubuh anjing Anda.


4. Sabun Cudi Piring

Sabun memberi kesan panas, jadi Anda perlu menetralkan panas dengan menggabungkan sampo anjing. Kesan panas mengusir kutu. karena busa yang terdapat dalam sabun membuat kutu tidak betah dengan sensasi dinginnya. dan kutu akan pergi.


5. Boraks

Bahan ini sangat umum digunakan untuk menjaga tubuh. Ini karena peran boraks sebagai insektisida, sehingga sangat berguna dalam memberantas kutu, larva dan serangga kecil lainnya. Penggunaan sering untuk menyemprot boraks tempat anjing Anda berkunjung. Mulai dari taman bermain dan masuk ke dalam kandang.

Artikel Terkait:  √Susu Manusia yang Cocok untuk Kucing

6. Daun Mimba

Biasanya, daun herbal ini biasa digunakan sebagai obat herbal dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, daun ini memiliki aroma yang tidak disukai kutu, sehingga Anda bisa menggunakan cairan sebagai solusi daun ini. Metode aplikasinya adalah merebus daun secukupnya lalu memandikan anjing dengan air.


7. Rosemary

Rosemary adalah salah satu bunga yang dikenal sebagai obat alami untuk ini. Aroma obat herbal ini sangat menjijikkan dengan gigi dan dapat digunakan sebagai langkah alternatif sederhana.mAnda juga dapat menanam bunga ini di dekat kandang atau tempat lain di mana anjing bermain.


8. Serbuk Kayu Cedar

Pohon cedar juga memiliki aroma yang tidak mereka sukai. Taburkan bubuk dari serpihan kayu ini akan meninggalkan bug ini segera. Ini juga bisa diterapkan pada anjing dan kandang anjing. ini dirasa efektif untuk mengusir kutu pada anjing ataupun hewan peliharaan lainnya yangsering terkena kutu.


9. Minyak Lavender

Aroma wangi lavender juga mengandung wangi yang kuat yang mencegah kehadiran kutu. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan minyak lavender dan menyemprotkan anjing dengan solusi. Sangat cocok untuk menggunakan minyak setelah menyelesaikan mandi anjing.


10. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain berfokus pada hewan, perhatian harus diberikan pada kebersihan lingkungan. Dari kandang ke taman bermain untuk anak anjing kesayangan Anda. Anjing harus lebih sehat dan bebas kutu dengan membersihkan kandang secara teratur agar kita tidak mencium bau.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 10 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Wajih Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :