√Efek Obat Penenang Pada Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Obat Penenang, berikut penjelasannya:

Efek-Obat-Penenang-Pada-Kucing

Ada beberapa alasan untuk menenangkan kucing. Mungkin kucing tidak dapat diundang untuk bepergian, yang mudah stres ketika dirawat oleh dokter hewan atau stylist profesional.

Ada banyak cara untuk menenangkan kucing dalam situasi sulit, apakah mereka menggunakan narkoba atau tidak. Salah satunya, ketika menggunakan obat penenang, membutuhkan resep dokter hewan teman untuk mendapatkan obat penenang untuk kucing.

Bahkan jika Anda membeli obat komersial, laporkan ke dokter hewan untuk memastikan keamanan. Produk berkualitas buruk dapat membahayakan kesehatan kucing Anda.

Semua hewan yang diyakinkan harus diperiksa oleh dokter hewan untuk memastikan hewan tersebut cukup sehat untuk dibius. Anda perlu melakukan riset untuk menemukan metode terbaik untuk kucing peliharaan Anda dan terlebih dahulu memahami efeknya, yaitu: 12 efek obat penenang pada kucing.


Efek Obat Penenang Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa efek obat penenang pada kucing, terdiri atas:


1. Memahami jenis obat dan dampaknya

Jenis obat penenang yang umum meliputi:

  • Benzodiazepin adalah obat penenang populer yang dapat mengurangi kecemasan hampir secara instan. Efek samping termasuk disorientasi, kantuk, dan nafsu makan meningkat. Obat ini harus digunakan dengan sangat hati-hati pada kucing dengan gangguan hati atau ginjal.
  • SARI juga dapat dengan cepat menghilangkan kecemasan, tetapi dapat menyebabkan pusing dan disorientasi. Obat ini harus digunakan dengan hati-hati pada kucing dengan masalah jantung.
  • Clonidine dan gabapentin dikembangkan untuk mengobati tekanan darah dan neuralgia pada manusia, tetapi mereka memiliki efek menenangkan dan menghilangkan kecemasan pada kucing.
  • Chlorpheniramine adalah obat untuk pilek dan alergi, tetapi fenobarbital adalah narkotika dan obat penenang untuk mengobati epilepsi.
Artikel Terkait:  √Cara Memelihara Kucing Agar Tidak Terkena Toxo

2. Tidak semua obat penenang memiliki dampak langsung

Ada banyak variasi obat penenang yang tersedia untuk menenangkan kucing Anda dan sebagian besar harus diresepkan oleh dokter hewan. Tetapi seperti manusia, kucing dapat bereaksi secara berbeda terhadap berbagai obat. Obat-obatan yang efektif pada satu kucing mungkin tidak bekerja pada yang lain. Jangan berharap obat penenang bekerja segera.


3. Penggunaan feromon

Bahan kimia feromon umumnya diproduksi secara alami oleh kucing untuk berkomunikasi dengan kucing lain. Beberapa perusahaan menggunakan minyak atsiri atau campuran herbal untuk meniru feromon. Penggunaan yang teratur akan membuat kucing Anda merasa tenang dan aman di rumah.

  • Feromon sintetis dapat digunakan sebagai kalung, semprotan, tisu basah dan alat diffuser.
  • Merek-merek terkenal termasuk Feliway, Comfort Zone, dan Pet Care Sersan.
  • Dengan semua yang Anda bisa menjaga kucing Anda tetap tenang dan bahagia. Anda juga bisa memperkenalkan feromon ini beberapa minggu sebelum kejadian yang menegangkan untuk persiapan kucing Anda.

4. Obat penenang dalam bentuk suplemen

Bahan-bahan suplemen mendukung keseimbangan bahan kimia alami dalam tubuh kucing dan meningkatkan relaksasi. Suplemen ini tersedia dalam bentuk cair, permen karet atau tablet. Contoh dari suplemen ini termasuk Anxitane dan Zylkene.

  • Anxitane, asam amino dalam teh hijau, bekerja pada chemoreceptors di otak (menurut produsen) untuk mengurangi rasa takut dan kecemasan pada kucing.
  • Zirken adalah suplemen turunan protein susu yang membantu menenangkan bayi baru lahir dan aman untuk kucing.

5. Efek samping langsung

Nah, teman-teman, beberapa obat penenang yang tidak cocok untuk kucing memiliki efek langsung berikut,

  • Kucing santai / tenang / santai
  • Kucing merasa pusing dan bingung
  • Bidang penglihatan kucing kabur
  • Kucing mabuk / terhuyung seperti alkohol
  • Denyut kucing melemah
  • Siswa kucing yang menyebar
Artikel Terkait:  √Cara Mengatasi Kucing Trauma

6. Efek lanjutan dari penggunaan jangka panjang

Setelah penggunaan jangka panjang, obat penenang memiliki efek negatif pada kucing. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Berat kucing meningkat
  • Kucing adalah insomnia
  • Nafsu makan kucing meningkat
  • Kucing mengalami gangguan seksual dan reproduksi
  • Kucing itu selalu haus
  • Kucing tidak bisa menahan air seni
  • Kucing lebih agresif

7. Kucing terlihat aneh dan tidak aktif

Obat penenang membuat kucing terlihat aneh dan tidak aktif. Obat penenang ini dapat membuat pengguna kulit lebih rentan terhadap penyakit. Untuk alasan ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan saat Anda sedang dibius.


8. Berbahaya untuk kucing hamil

Efek lain dari obat penenang ini adalah untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan janin saat kucing hamil. Jangan berikan obat penenang ini pada kucing hamil. Risiko yang lebih tinggi dapat mengganggu kehamilan dan membahayakan kesehatan Anda.


9. Penyebab overdosis

Penggunaan obat penenang yang tidak hati-hati pada kucing dapat memiliki efek yang lebih buruk pada jenis zat yang dikandungnya, yang dapat memiliki konsekuensi yang lebih buruk, seperti kematian akibat overdosis.


10. Sakit ginjal

Seperti semua obat, semua bahan kimia ini diuraikan di hati dan diekskresikan oleh ginjal atau feses, yang mengandung obat penenang. Karena itu, jika kucing tidak menerimanya, fungsi ginjal, jantungnya berat, dan ada risiko penyakit ginjal.


11. Alergi

Tentu saja, tidak semua obat diterima dengan baik oleh kucing. Salah satunya adalah dari obat penenang, yang sebelumnya telah diuji sebelum diberikan, tetapi dapat menyebabkan alergi jika Anda merasa tidak enak badan, karena kondisi fisik dan kesehatan kucing Anda mungkin berubah. Ada kemungkinan.


12. Kerusakan sistem saraf kucing

Tentu saja, obat penenang memasuki sistem saraf pusat kucing untuk menenangkan dan bertindak atas dasar teman, si kucing. Ini tentu saja tidak baik karena saraf kucing tidak dalam posisi normal. Kucing mungkin berperilaku aneh atau menjadi agresif. Tidak ada obat penenang yang diberikan.

Artikel Terkait:  √Cara Mengobati Gatal Pada Kucing Anggora

Jauh lebih baik untuk tidak memberi kucing obat penenang kepada teman, jadi ada cara dan perawatan lain yang tidak dapat mengubah struktur alami kucing itu sendiri, serta masalah seperti menjadi terlalu agresif. Dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter hewan Anda, teman.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 12 Efek Obat Penenang Pada Kucing Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :