√Cara Memandikan Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Memandikan Kucing, berikut penjelasannya:

Cara-Memandikan-Kucing-Di-Rumah

Tidak hanya mandi, tetapi juga mandi akan memberi Anda ide bagus tentang bulu kucing,  itu akan membantu Anda memandikan kucing dengan benar. Apakah kucing biasa menjilati tubuh mereka untuk membersihkan diri? Tetapi tidak cukup hanya membersihkan kucing dari jamur, kutu, debu, atau bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Cara memandikan kucing sebenarnya tidak sulit, tetapi ada beberapa kendala, seperti kucing yang takut air, pemberontak, dan kucing yang menggaruk kita.


Cara Memandikan Kucing Di Rumah

Untuk mengetahui cara memandikan kucing sendiri dengan benar, kami memiliki panduan lengkap untuk memandikan kucing kesayangan Anda. Sebelum memulai mandi kucing, siapkan perlengkapan mandi seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Persiapan yang dibutuhkan:

  1. Ember hangat
  2. Bukan sampo kucing, sampo manusia. Lihat rekomendasi shampo kucing.
  3. Serbuk khusus kucing.
  4. Sisir
  5. Blower atau pengering rambut (tergantung kucing yang Anda inginkan)
  6. Handuk
  7. Kapas
  8. Handuk lembut / khusus
  9. Pilihan:
    • Minyak bayi
    • Bedak Bayi (Bedak Alternatif)
    • Kanebo (Handuk Pengganti)

Kucing termasuk dalam hewan bersih. Dia bisa menjilat seluruh tubuhnya dengan lidahnya dan membersihkan tubuhnya. Tetapi kadang-kadang tubuh kucing begitu kotor dari debu, lumpur dan kotoran sehingga perlu untuk mandi. Kucing mandi tidak bisa gegabah. Intip dan terapkan langkah-langkah di bawah ini!

Artikel Terkait:  √Cara Menangani Kucing yang Birahi

Dan sebelum itu kami akan membahas memandikan kucing di rumah untuk pemula dan tips yang benar sehingga mudah bagi anda memandikannya, langsung simak ya..


Tahap Mandi Kucing untuk Pemula

Terdiri atas:


1. Basahi seluruh tubuh kucing

Pertama kita membasahi seluruh tubuh kucing secara merata dengan air hangat ke kulit, tetapi jangan biarkan air masuk ke telinga.


2. Mulai gunakan sampo

Setelah basah dengan air, gunakan sampo kucing khusus yang disediakan sebelumnya. Kucing keramas secara merata di seluruh tubuh, tetapi hati-hati jangan sampai menyentuh mata, hidung dan mulut dari ereksi yang indah.
Oh, sambil menggosok tubuh Anda, Anda bisa mendistribusikan sampo secara merata untuk menyerap akar bulu kucing. Cobalah untuk melakukannya dengan benar sehingga Anda dapat menyingkirkan kutu pada kucing Anda.


3. Bilas

Jangan lupa bilas. Karena itu, sampo dan debu di tubuh kucing menghilang. Cuci dengan air hangat dan pastikan tidak ada sampo yang tersisa di tubuh kucing Anda.


4. Keringkan kucing

Lalu keringkan kucing dengan handuk lembut dan bersih. Menggunakan handuk, gosok perlahan seluruh bagian tubuh kucing. Gunakan metode keempat ini sampai kucing Anda mengering. Selain menggunakan handuk, Anda juga bisa menggunakan blower. Bisakah saya menggunakan pengering rambut? Masih diizinkan, tetapi disesuaikan dengan preferensi kucing.Beberapa orang suka menggunakan har dreyer atau sesuatu seperti itu. Blower ini mengeringkan bulu lebih cepat dari handuk.


5. Membersihkan Telinga Kucing

Setelah kucing mandi, disarankan untuk membersihkan telinga dengan kapas / kapas basah bersama dengan baby oil. Bersihkan seperti layaknya telinga manusia, pelan-pelan saja supaya si kucing tidak merasa sakit.


Tips untuk Mandi Kucing

Terdiri atas:


1. Potong kuku kucing sebelum mandi

Sebelum memulai mandi, disarankan untuk memotong kuku kucing terlebih dahulu. Ini untuk meminimalkan kepanikan dan ketegangan saat kucing terpapar air. Kucing itu mungkin tiba-tiba memberontak dan mencakar kita. Luka dari goresan kucing nantinya bisa dicetak dan menyebabkan infeksi. Potong kuku kucing Anda setidaknya beberapa jam atau 1-2 hari sebelum mandi. Ini bertujuan memberi kucing waktu untuk tenang. Tetapi perawatan harus diambil karena memotong kuku terlalu pendek dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

Artikel Terkait:  √Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang

2. Selanjutnya, bersihkan bulu kucing

Langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menyikat bulu kucing Anda. Menyikat berguna untuk menghilangkan rambut dan simpul yang kusut. Saya punya kucing yang ingin membersihkan rambut saya dan tertidur karena saya merasa nyaman. Tetapi jika kucing Anda cenderung memberontak saat disikat, sediakan camilan sebagai camilan untuk kucing Anda. Jangan lewati langkah ini!


3. Jangan memilih sampo yang salah untuk kucing Anda

Karena ketidaktahuannya, beberapa orang akan memberi kucing shampo manusia untuk dimandikan. Faktanya, formula dan bahan-bahannya tidak cocok untuk kucing! Dengan sampo manusia, rambut kucing Anda akan rontok, kulit  akan mengering dan menjadi racun bagi kucing Anda! Shampo kucing sangat mudah didapat. Kunjungi toko hewan peliharaan terdekat. Baca instruksi sebelum memandikan kucing Anda. Oh ya, menggunakan sampo anjing untuk kucing juga tidak disarankan! Lebih baik mandi hanya dengan air daripada produk yang bisa membahayakan kucing.


4. Biarkan Kucing Lelah agar tidak memberontak saat Anda memandikannya

Kapan waktu yang tepat untuk memandikan kucing? Lebih baik mandi saat kucing lelah bermain. Ini untuk mencegah kucing melawan, menggigit, atau melarikan diri saat mandi. Anda dapat mandi bahkan setelah kucing diisi setelah makan. Jika kekuatan kucing masih menyala, mainkan sampai energi kucing rendah. Kemudian Anda bisa membawanya ke kamar mandi dan mandi. Anda bahkan bisa meletakkan mainan di bak mandi agar kucing bisa fokus bermain. Lalu perlahan tambahkan air ke bak mandi tanpa disadari kucing.


5. Siapkan bak mandi dan air panas

Selanjutnya, mari kita siapkan bathtub. Pertama-tama letakkan alas kain atau handuk di bagian bawah bak mandi. Metode ini berguna untuk memastikan bahwa alasnya tidak terpeleset pada kucing dan tidak ada risiko tergelincir. Selain itu, alas ini berguna agar kucing merasa lebih aman dan nyaman. Lalu isi bak mandi dengan air hangat. Pastikan suhunya aman untuk kucing, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Pertama-tama isi bak mandi dengan air, dan kucing tidak akan lari ketika Anda memasukkannya ke dalam bak. Kemudian dengan lembut berikan air ke tubuh kucing. Setelah basah, beri sampo pada kucing Anda.

Artikel Terkait:  √Cara Menjinakan Kucing Liar

6. Pijat relaksasi

Bahkan, mandi kucing lebih mudah dengan dua orang. Satu memegang kucing agar tidak memberontak, yang lain mandi, shampo dan mencuci kucing. Juga, jika kucing besar dan kuat, maka hanya satu kucing yang bisa dikuasai oleh satu orang. Kemudian sirami tubuh kucing, keramas, dan pijat tubuh kucing dengan lembut. Berguna untuk memberikan perasaan nyaman. Shampo dapat digunakan di leher, tubuh, kaki, perut, dan ekor. Sementara itu, gunakan kain lembut yang dibasahi air di kepala Anda dan bersihkan mata dan hidung Anda jika ada kotoran.


7. Jangan lupa mengeringkan kucing!

Saatnya mengeringkan kucing setelah mandi. Ambil handuk dan bungkus tubuh kucing. Ketuk handuk untuk membiarkan air menyerap dan mengeringkan bulu kucing yang basah. Jika handuk basah dan kucing tidak kering, gantilah dengan handuk baru. Jika rambut kucing pendek, cukup keringkan dengan handuk. Tetapi jika rambut kucing panjang, Anda perlu menggunakan pengering rambut dan menyetelnya ke suhu yang hangat. Saat mengeringkannya dengan pengering rambut, Anda bisa menyisir bulu kucing agar tidak terpelintir.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 21 Cara Memandikan Kucing Di Rumah Untuk Pemula dan Tipsnya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :