√Cara Membuat Kucing Terbiasa Mandi

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Cara Membuat Kucing Terbiasa Mandi, berikut penjelasannya:

Cara-Membuat-Kucing-Terbiasa-Mandi

Secara umum, kucing tidak suka air. Sayangnya, itu berarti kucing tidak suka mandi. Untungnya, sebagian besar kucing membersihkan tubuh mereka, jadi Anda tidak perlu sering memandikannya. Tetapi jika kucing itu sangat kotor, lengket atau bau, maka Kucing Anda perlu mandi. Jika Anda beruntung, mungkin ada kucing unik yang suka mandi, tetapi ada kemungkinan kucing Anda tidak akan menyukai prosesnya. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan waktu mandi pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang yang terlibat.

Ikuti langkah dibawah ini untuk membuat kucing anda terbiasa dengan air dan mau mandi atau bahkan menyukai mandi, yaitu sebagai berikut:


1. Mengajari Anak Kucing Mandi

Mulai memandikan kucing saat masih muda. Semakin muda kucing, semakin baik untuk mandi. Jika Anda memandikan kucing saat kanak-kanak, maka kemungkinan Kucing Anda akan terbiasa mengalami proses tersebut saat dewasa. Bahkan jika Anda tidak membutuhkan kucing, mandi untuk membiasakannya akan membantu.

  • Jika Anda tidak bisa melatih kucing saat masih kecil, Anda bisa mencoba melatihnya saat dewasa. Bersabarlah setelah Kucing Anda menjadi dewasa. Setiap langkah latihan membutuhkan waktu yang lama.

a.  Potong Kuku Kucing Sebelum Mandi.

Jika kucing atau anak kucing Anda tidak suka memotong kuku, Anda harus melakukannya satu atau dua hari sebelum mandi, bukan pada hari yang sama. Memotong kuku kucing akan membantu membatasi jumlah kain (mis. Handuk, tirai mandi, keset mandi, dll.) Yang dapat dicakar kuku saat kucing berkelahi. Memotong kuku akan mengurangi goresan pada tubuh.

Artikel Terkait:  √Cara Memanjangkan Bulu Kucing Secara Alami

b. Tempatkan Alas di Bawah Bak Mandi.

Kucing atau anak kucing pasti ingin berdiri ketika mereka berdiri di bak mandi atau wastafel saat mandi.  Anda juga bisa meletakkan handuk di bak mandi atau wastafel. Handuknya pasti basah, tetapi kucing bisa berdiri di permukaan yang halus.


c. Mulai Proses Melatih Kucing Mandi.

Kumpulkan semua perlengkapan mandi dan bawa kucing Anda ke kamar mandi. Nyalakan air sehingga kucing terbiasa dengan suara dan bak mandi. Bicaralah dengan lembut dan perlahan dalam prosesnya dan sediakan camilan sebagai hadiah untuk perilaku yang baik. Pada tahap ini, kucing tidak perlu basah.
Setiap kali anak kucing ingin mandi di kamar mandi atau mandi. Idealnya, dia tidak akan takut dengan ruangan yang tidak berhubungan dengan hal-hal menakutkan.


d. Basahi Kaki Anak Kucing.

Sekarang bawa kucing Anda ke kamar mandi dengan semua peralatan mandi dan biarkan kehabisan air. Isi bak mandi dengan 3-6 cm air dan menghalangi aliran air. Masukkan anak kucing ke dalam air sampai kaki Anda basah. Pujilah dia ketika dia di dalam air dan tulislah dengan lembut. Jika dia bisa berdiri di air tanpa kesulitan, berikan dia camilan.

  • Jangan memberi camilan jika dia menentangnya. Coba langkah-langkah ini pada hari berikutnya.
  • Angkat dia keluar dari air, tidak peduli seberapa keras Anda melawan, Anda akan dibungkus dengan handuk untuk memeluk anak kucing Anda.
  • Ulangi langkah ini sampai anak kucing tidak lagi melawan di dalam air.

e. Gunakan Kain untuk Membersihkan Kucing.

Ajari dia betapa menyenangkannya menyeka dengan kain. Bawa ke kamar mandi dengan semua perlengkapan mandi. Isi bak dengan air setinggi 3-9 cm dan masukkan kucing ke dalam air. Basahi pel dan lap seluruh tubuh anak kucing. Lakukan kontak mata dengan mata Anda dan pujilah dengan suara yang lembut dan sabar. Jika dia tidak melawan, berikan dia camilan.

  • Jika anak kucing melawan pada tahap ini, jangan memberinya camilan. Bicara dengannya dan pujilah dia.
  • Ulangi langkah ini sampai anak kucing bisa mandi tanpa berkelahi. Beri dia camilan saat dia tidak melawan.
  • Setelah memandikan kucing, keluarkan dari air dan bungkus dengan handuk untuk dipeluk.

f. Tuangi Air Pada Anak Kucing.

Bawa kucing Anda ke kamar mandi dengan semua perlengkapan mandi. Isi bak mandi dan masukkan anak kucing ke dalam air. Kali ini, gunakan cangkir dan tuangkan air ke seluruh tubuh sampai bulunya menjadi basah. Pujilah dia, mandi dengan suara tenang dan lembut. Setelah membasahi tubuh Anda, bersihkan dengan kain lembab.

  • Jika anak kucing melawan  pada tahap ini, jangan memberinya camilan. Bicaralah padanya dan pujilah dia.
  • Ulangi langkah ini sampai anak kucing dapat mandi tanpa berkelahi. Beri dia camilan saat dia tidak berkelahi.
  • Setelah memandikan kucing, keluarkan dari air dan bungkus dengan handuk untuk dipeluk.

Artikel Terkait:  √Penyebab Ekor Kucing Bengkok

g. Cuci Kucing Anda Dengan Sampo.

Saatnya memandikan kucing Anda dengan sampo. Bawa kucing Anda ke kamar mandi dengan semua peralatan mandi, isi bak mandi dan taruh kucing di dalam air. Tuangkan air ke tubuh kucing sampai bulunya basah. Tuangkan sampo ke tangan atau kepala kucing Anda dan pijatkan sampo ke kepala kucing Anda. Bilas dengan air mengalir ke seluruh tubuh kucing dan gunakan handuk jika perlu.

  • Jika anak kucing berkelahi pada tahap ini, jangan memberinya camilan. Bicaralah padanya dan pujilah dia.
  • Ulangi langkah ini sampai anak kucing dapat mandi tanpa berkelahi. Beri dia camilan saat dia tidak berkelahi.
  • Setelah memandikan kucing, keluarkan dari air dan bungkus dengan handuk untuk dipeluk.

2. Tenangkan Kucing Saat Mandi

a. Jangan Mengekang Kucing.

Kucing tidak suka menahan diri. Jika kucing merasa terkekang saat mandi, ia mencoba melawan. Hindari semua jenis pengekangan saat mandi. Biarkan dia merasa bahwa dia mendominasi gerakannya.
Salah satu cara untuk membatasi kucing tanpa benar-benar menahannya adalah dengan menggunakan tangan Anda agar tidak bergerak ke arah tertentu. Anda dapat melakukan ini tanpa benar-benar menyentuh kucing.


b. Berbicaralah Dengan Tenang dan Lembut.

Kucing dapat merasakan emosi Anda. Jika Anda panik, dia juga mulai panik. Jika Anda tenang, kemungkinan kucing Anda juga akan tenang. Apa pun kondisi kucing di kamar mandi, betapa takutnya dia, tetap tenang. Jangan berteriak atau angkat suara. Jangan panik Bicaralah dengan kucing Anda dengan suara lembut seperti ketika Anda berbicara dengan bayi Anda


c. Mengalihkan Perhatian Kucing Anda dengan Camilan.

Sajikan camilan sepanjang proses memandikan kucing. Misalnya, mengimbangi suasana hati yang baik ketika menutup pintu dan mengisi bak mandi. Hadiahi bahkan ketika dimasukkan ke dalam air. Jika Anda suka kucing, camilan bisa mengalihkan perhatian kucing Anda sehingga Anda tidak akan stres ketika mandi.

Artikel Terkait:  √Fungsi Vitamin B untuk Kucing

d. Pilih waktu mandi agar kucing Anda mengantuk.

Kucing tidur 18 jam sehari, jadi sulit menemukan waktu mengantuk kucing. Jika waktu mengantuk Anda tidak sesuai untuk mandi, bermainlah dengan energi sampai kucing Anda lelah. Anak-anak kucing gesit, jadi mungkin perlu bermain dengan intens sebelum mandi.


e. Sisir Kucing Anda Sebelum Mandi.

Sisir kucing Anda sebelum memasukkannya ke dalam bak. Buang rambut yang rontok sebelum kucing jatuh ke air. Selain air kotor, bulu kucing juga bisa menyumbat saluran air. Jika kucing Anda suka disisir seperti kebanyakan kucing, menyisir kucing Anda akan membantu kucing Anda tenang dan bersiap untuk mandi


f. Bersiaplah untuk Mendengar Suara Kucing yang Mengganggu.

Bersiaplah untuk mendengar suara kucing, lolongan dan lolongan saat mandi. Dia juga akan menggeram geramannya. Jangan panik! Kucing suka mengekspresikan ketidaksukaan. Kedengarannya seperti siksaan tidak membuat Anda merasa sakit. Bicaralah dengan kucing dengan suara lembut dan tenang saat mandi. Jangan melakukan gerakan tiba-tiba yang akan mengejutkannya


g. Keringkan Kucing dan Simpan di Tempat yang Hangat.

Anda harus mencoba menenangkan kucing Anda bahkan setelah mandi. Meskipun kucing masih mandi di bak atau  wastafel tetapi gunakan tangan Anda untuk menyeka air sebanyak mungkin dari bulu. Ini sangat penting pada kaki dan ekor. Setelah selesai, keluarkan kucing dari bak mandi atau wastafel dan bungkus dengan handuk hangat.

  • Gunakan tangan dan handuk Anda sebanyak mungkin untuk mengeringkan kucing. Jika kucing Anda berani, Anda bisa menggunakan pengering rambut dengan pengaturan terendah.
  • Bahkan jika Anda mencuci air kucing sebelum mengeluarkannya dari bak mandi atau wastafel, tubuh kucing masih basah. Anda mungkin perlu menggunakan handuk kedua karena handuk pertama cepat basah.
  • Simpan kucing Anda di tempat yang hangat dan bersih sampai bulunya mengering.
    Jika Anda memiliki kucing dengan kepala tebal, Anda harus menyisir rambut dengan sisir untuk menyingkirkan rambut yang kusut.
  • Kucing mulai menjilati diri mereka ketika mereka menyentuh bulu mereka. Dia terus menjilat hingga bulunya hampir kering. Ini biasa.

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi Cara Membuat Kucing Terbiasa dengan Air dan Suka Mandi

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!