√Cara Menanam Labu Siam

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Labu Siam, berikut penjelasannya:

Labu-Siam

jika sebelumnya kita telah membahas labu madu, labu porang dan labu air, kali ini penulis akn membahas labu siam. Menanam labu tidak begitu sulit, karena labu adalah tanaman dengan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. labu siam dapat ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Tanaman ini milik keluarga cucurbitaceae. Memanjat dan tumbuh seperti tanaman labu lainnya. Bagian yang dapat dimakan dari tanaman ini adalah buah-buahan dan tunas muda, sehingga labu biasanya diolah menjadi sayuran. Kandungan nutrisi labu sangat tinggi, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, asam folat, fosfor, zat besi, seng, mangan, dan tembaga. Dengan kandungan ini, asupan labu siam memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, anti kanker dan penuaan dini serta kehamilan.


1. Persiapan lahan

Paparan sinar matahari selama lebih dari 8 jam sehari, Ada cukup nutrisi, Dekat Suwon, Temukan tanah yang memenuhi kriteria di atas, lalu bersihkan hama jika ditemukan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya tentang cara menanam chayote.


2. Penggemburan Tanah

Cara selanjutnya menanam labu adalah menggemburkan tanah. Kondisi tanah di area akar harus longgar sehingga akar chayote dapat dengan mudah tumbuh dan menyebar serta menyerap nutrisi dari tanah. Tanah bisa dilonggarkan menggunakan cangkul atau mesin bajak. Setelah selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Jamur Enoki

3. Pemberian pupuk dasar

Menyediakan pupuk dasar meningkatkan pasokan nutrisi tanah selama tanaman squash hidup di tanah. Pupuk dasar yang digunakan harus pupuk kandang. Namun, pupuk organik lainnya dapat digunakan. Juga, saat menanam di musim kemarau,


4. Persiapan Bedengan

Tinggi bedengan adalah sekitar 10-20 cm dengan lebar antara 40-60 cm. Bedengan yang sudah ada kemudian harus segera dilapisi plastik mulsa agar mengurangi penguapan air dan mencegah tumbuhnya gulma (rumput liar) yang dapat mencuri nutrisi dalam tanah bedengan.


5. Persiapan benih

Ketika tempat tidur sudah siap, cara berikutnya untuk menanam labu adalah menyiapkan benih.

  • Pilihan Biji Labu Siam; Pilih biji labu matang atau busuk. Coba buah labu yang normal dan besar. Cuci labu dan biarkan kering di bawah sinar matahari selama sekitar 3 jam. Setelah pengeringan, benih dapat disimpan dalam wadah yang dingin dan teduh.
  • Menanam benih dalam polybag. Langkah-langkah untuk menanam benih dalam polybag adalah: Siapkan tanah lapisan atas, lalu saring untuk memisahkannya dengan kerikil. Tempatkan tanah yang diayak dalam polybag plastik kecil dan letakkan di wadah. Sebelum menanam biji labu gabungan, cuci tanah dengan polybag, lalu buat lubang ukuran biji labu gabungan dengan kedalaman sekitar 1 cm. Masukkan biji dalam polybag dan taburi dengan lapisan tanah yang tipis. Kemudian letakkan polybag di tempat yang dingin dan lindungi dari sinar matahari langsung
  • Perawatan benih; Setelah benih tanaman labu gabungan ditanam, perawatan berikut dilakukan. Pindahkan polybag ke tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga batang tanaman kuat. Sirami bijinya 1-2 kali sehari. Saat menyiram, benih ditanam dengan cepat dan sebagian besar, menggunakan campuran pupuk organik cair. Seminggu kemudian, benih siap ditransfer ke tempat tidur. Fitur khusus muncul daun ketiga
Artikel Terkait:  √Teknik Menanam Kentang

6. Menanam Benih Labu Siam di Bedengan

Setelah lebih dari satu minggu setelah bibit labu dipindahkan ke tempat tidur. Pertimbangkan hal-hal penting berikut dalam hal menanam cayote:

  1. Sirami bedengan dengan air agar tanah basah
  2. Membuat lubang tanam di bedengan mulsa plastik sedalam 10 cm
  3. Sirami lubang-lubang tersebut dengan pestisida dan fungisida untuk menghindari serangan cacing dan jamur pada akarnya.
  4. Pindahkan benih di sore hari agar tanaman tidak layu di sore hari.
  5. Cobalah menanam bibit setelah selesai
  6. Jahit selama 5 hari pertama. Ganti bibit mati atau bibit yang tumbuh tidak normal segera. Tujuan penanaman adalah untuk menyamakan distribusi pertumbuhan tanaman secara merata. Setelah 5 hari pertama, Anda dapat menghentikan penggantian dan melanjutkan ke manajemen pabrik.

7. Perawatan tanaman labu siam

Langkah selanjutnya dalam menanam chayote adalah merawat tanaman.

Penyiraman; penyiraman dilakukan secara teratur untuk menjaga penyiraman tanaman. Di awal (bulan pertama), Anda dapat menyiram atau menyesuaikan cuaca setiap 7 hari. Saat tanaman matang, jaraknya harus dekat. Ini berarti perlu waktu sekitar 4 hari ketika Anda sudah menghasilkan buah. Hal-hal penting yang harus dilakukan:Penyiraman di pagi hari, tambahkan pupuk.


8. Cara memanen labu siam

Labu Siam dapat dipanen setelah 120 hari (4 bulan) tanaman. Labu Siam adalah buah yang cukup besar dan tua, belum matang. Sebagian besar labu hanya untuk sayuran, bukan jus. Ada banyak hal penting yang perlu diketahui saat memanen labu. cara memanennya antara lain:

  • Panen setelah disiram; Lakukan panen labu setelah 1-2 hari penyiraman. Buah-buahan yang dihasilkan lebih berat dalam kadar air, sehingga lebih berat ketika mengukur berat buah. Ini akan membantu kita.
  • Panen di pagi hari; Ini untuk menjaga kadar air buah yang dipilih. Selain itu, luka pada batang mengering dengan cepat. Jangan panen pada sore yang panas, karena kadar air buah telah menurun.
  • Panen setiap 2-3 hari; Jangan mengambil waktu panen terlalu lama karena Anda memiliki buah yang terlalu matang kemudian dan rasanya tidak cukup untuk disajikan. Panen setiap 2-3 hari.
Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Jamur Merang

Ini adalah cara yang tepat untuk memanen labu siam untuk hasil yang optimal. Tentu saja, metode panen yang tepat bertujuan untuk menghasilkan lebih banyak ketika Anda menjual nanti.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi 8 Cara Mudah Menanam Labu Siam Agar Cepat Berbuah

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat . Terima Kasih …!!!


Baca Juga :