√Burung Nuri Kepala Hitam

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Burung Nuri, berikut penjelasannya:

Burung Nuri dibagi menjadi beberapa jenis, yang paling populer di antaranya adalah burung Nuri berkepala hitam. Alasan tipe ini terkenal adalah karena sifat fisik dan warnanya. Namun, sebelum berbicara jauh tentang karakteristiknya, pertama-tama ketahui dari mana asal burung nuri berkepala hitam itu.
Spesies yang satu ini tersebar luas di Indonesia timur, seperti Ambon, Ternate dan Papua. Oleh karena itu, burung ini tampak di Republik Indonesia, dan terkadang orang-orang kita menyebutnya kasturi berkepala hitam. Adapun klasifikasi ilmiah, kasturi berambut hitam memiliki nama Latin Lorius lory, dan sabit keluarga Lorius.


a. Karakter dan Ciri-Ciri Burung Nuri Berkepala Hitam

Burung nuri merupakan keluarga “Pstactaculidae“, tetapi nuri berkepala hitam ini lucu dan unik dibandingkan dengan spesies nuri lainnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah pada warna, ini karena bulu-bulunya terkenal dengan beragam warnanya.

Secara khusus, kepalanya berwarna merah, tetapi memiliki mahkota hitam. Itulah mengapa disebut Kastil Blackhead. Di sekitar mantel ungu gelap, itu membentuk lingkaran seperti kalung di bawah kepala.

Kemudian semua nuri berkepala hitam  memiliki ekor merah, sayap atas berwarna hijau dan sedikit kuning, tetapi di bagian bawah, mereka berwarna merah mengikuti warna dominan tubuh. Kemudian di sebelah paha dan di bawah ekor berwarna biru. Karakteristik ini berlaku untuk nuri dewasa atau remaja. Ini karena tidak ada garis merah di sekitar leher dan cincin biru di sekitar leher sebagai nuri anakan.

Artikel Terkait:  √Mata Kucing Seperti Katarak

Burung ini relatif besar, yang lebih besar dari burung peony. Kepribadiannya sangat pintar, dan kecerdasannya yang luar biasa dapat berbicara / meniru apa yang didengarnya. Di habitat alami mereka,  mereka biasanya hidup dengan nuri jantan dan betina, satu kelompok biasanya memiliki 6-8 ekor.
Agak sulit membedakan kepala burung nuri  hitam jantan dan betina. Biasanya, kastor jantan berambut hitam memiliki bulu dada biru tua yang mengkilap dan sering mengepakkan sayapnya. Betina, di sisi lain, memiliki bulu dada biru tua, tetapi pucat, kusam, dan kurang gesit . Tengkorak juga bisa menjadi kawah, di mana tengkorak nuri jantan lebih lebar dari betina, paruh biasanya lebih luas dan tumbuh dengan bertambahnya usia.


b. Suara Burung Nuri Berkepala Hitam

Burung nuri berkepala hitam memiliki suara yang bagus, sangat lembut, derit pendek dan suara rp sangat bersih. Bahkan, terkadang dia bisa meniru suara burung lain seperti rajawali. Bahkan jenis hewan lainnya seperti suara  kucing mendengkur, dll.


c. Cara Merawat Burung Nuri Berkepala Hitam

Untuk menjaga kualitas dan kesehatan nuri berkepala hitam, ia harus diperlakukan sebaik mungkin. Dimulai dengan kandang, menyediakan makanan sehat dan nutrisi juga memperhatikan kebersihan.

Kandang burung nuri hitam harus selalu bersih, dan jika mungkin, tinggalkan di ruang terbuka tempat keluarga sering lewat. Tujuannya adalah untuk mengenal manusia dan tidak khawatir karena ia terbiasa melihat. Sebaliknya, menempatkan kandang di tempat yang tersembunyi / tertutup justru bisa membuatnya takut ketika mendekat. Kemudian pertimbangkan untuk menyusui. Jenis favorit makanan nuri berkepala hitam adalah buah-buahan, pisang, nangka, dan pepaya. Bisa juga kacang dan biji. Intinya, nuri membutuhkan banyak protein nabati.

Artikel Terkait:  √Ciri-ciri Kucing Trauma

Perawatan selanjutnya adalah memandikan kepala nuri papua hitam. Caranya adalah dengan menggunakan semprotan sampai basah, lalu biarkan semprotan terbuka dan biarkan di rambut nya sampai sedikit kering. Baru setelah itu bawa kandang kembali dan gantung di tempat aslinya.


d. Latih dan Jinakkan Nuri Berkepala Hitam.

Sebagai burung yang cerdas, burung nuri berkepala hitam juga bisa berbicara. anada bisa melatihny dengan menggunakan rekman audio sehingga nantinya burung nuri akan menirukannya. Atau Anda dapat merekam dan memutar suara dari burung nuri. Burung itu bisa menghafal lebih lama dan meniru apa yang didengarnya.
Saya sering mengobrol, cara lain Anda bisa berbicara dengannya setiap hari. Selain berlatih meniru, memakan mangsa sambil berbicara mempercepat penjinakan Blackheaded Parrots. Lebih sering, dia akan memahami orang yang lebih peduli padanya.
Tempatkan kandang di depan rumah. Tujuannya adalah untuk membuat mereka rentan dengan tidak memahami dan takut-takut kegiatan manusia. Cara terakhir berikan ia makan dengan tangan adalah cara paling efektif untuk menjinakkan burung nuri berkepala hitam. Sebagai hewan yang cerdas, burung nuri dapat dengan mudah mengenali bau pemiliknya, karena itu seringlah menyajikan makanan dengan tangan anda  sendiri.


e. Apakah Nuri Berkepala Hitam dilindungi Negara?

Seringkali burung jenis ini menjadi semakin langka karena kecerobohan manusia memburu burung nuri berkepala hitam. Karena populasinya hampir punah, di negara kita burung ini telah dilindungi sejak lama di tahun 1970. Meskipun demikian, masih ada banyak hobi keras kepala untuk membeli dan menjual burung nuri berkepala offline dan online. Hal utama adalah merawatnya dengan baik atau menyerahkannya kepada pihak berwenang.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi Burung Nuri Kepala Hitam dan Karakternya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Burung. Terima Kasih …!!!

Artikel Terkait:  √Fungsi Bantalan Halus Pada Kaki Kucing

Baca Juga :