√Cara Memilih Indukan Ikan Cupang

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ikan Cupang, berikut penjelasannya.

Cara-Memilih-Indukan-Ikan-Cupang-yang-Baik

Ikan cupang adalah ikan air tawar yang habitat aslinya ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Dalam proses pengembangbiakan ikan cupang, pemilihan calon peternak harus dilakukan dengan benar sehingga hasilnya maksimal.


Cara Memilih Indukan Ikan Cupang yang Baik

Berikut ini terdapat beberapa cara memilih indukan ikan cupang yang baik untuk siap kawin, yaitu sebagai berikut:


  1. Cari tahu bagaimana ikan cupang berenang

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam bagaimana memilih ikan cupang ikan betta yang siap kawin adalah memperhatikan bagaimana ikan cupang berenang. Ikan yang sehat tidak akan berenang di permukaan air dan lebih banyak berada di dasar kolam atau mengambang di tengah. Cara ikan cupang berenang untuk dipilih sebagai petelur juga harus normal seperti kebanyakan ikan cupang lainnya.


  1. Perhatikan warna ikan cupang

Ikan cupang sering diminati karena warnanya yang menarik dan beragam. Untuk ini, orang tua dari ikan cupang itu sendiri juga harus dipilih karena warnanya. Peternak ikan cupang harus memiliki warna yang cerah dan mengkilap walaupun ikan tersebut berwarna gelap, tetapi jika dilihat, mereka harus cerah dan tidak pudar.

Artikel Terkait:  √Penyebab Ikan Nila Mati Setelah Hujan

  1. Ikan cupang jantan harus gesit

Setiap ikan cupang yang digunakan sebagai induk harus dianggap memiliki gerakan tubuh yang aktif dan gesit. Gerakan tubuh yang aktif dan gesit ketika berenang di ikan cupang adalah salah satu kondisi yang menunjukkan bahwa ikan itu sehat. Ikan cupang jantan yang akan dipilih sebagai petelur harus bergerak lebih aktif dan agresif dibandingkan dengan ikan betina.


  1. Betina harus memiliki telur matang

Ikan cupang tumbuh berduri dengan bertelur. Untuk alasan ini, betta betina yang akan dipilih harus memiliki telur yang matang dan siap dibuahi. Ikan cupang betina yang memiliki telur matang dapat dilihat dari perut yang tampak bengkak dan adanya bercak putih pada perut bagian bawah dekat sirip ikan.


  1. Usia ikan yang cukup

Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dalam bagaimana memilih pemijah cupang yang siap kawin adalah umur ikan. Untuk wanita cupang, usia yang harus dimiliki sebagai orang tua adalah 4 bulan dan lebih. Sedangkan ikan jantan harus lebih tua dari ikan betina dan berkisar antara 4 hingga 8 bulan.


  1. Pilih pasangan cupang yang tepat

Beberapa orang mungkin tidak dapat membedakan antara ikan cupang betina dan jantan. Perbedaan ini penting bagi orang tua untuk benar-benar cocok antara wanita dan pria. Ciri-ciri ikan jantan dapat diketahui dengan mengamati gerakannya yang lebih gesit, sirip dan ekor lebar memanjang, warna-warna cerah dan tubuh menjadi lebih besar. Meskipun karakteristik ikan betina adalah gerakannya lebih lambat, warnanya kusam, sirip pendek dan tubuh lebih kecil.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perikanan Dengan Materi 6 Cara Memilih Indukan Ikan Cupang yang Baik Siap Kawin

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!

Artikel Terkait:  √Cara Pembenihan Ikan Gurame

Baca Artikel Lainnya: