√Cara Prospek Budidaya Ikan Black Molly Lengkap

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ikan Black Molly berikut penjelasannya.

Cara Prospek Budidaya Ikan Black Molly Lengkap

Ikan Molly termasuk dalam jenis ikan air tawar yang melahirkan “live brearer” dan bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya maksimal sekitar 12 cm. Mungkin sering kita jumpai variates ikan hias molly sangat bermacam-macam yang beredar dipasaran, sebenarnya dari sekian banyaknya jenis ikan molly yang kita lihat adalah hasil persilangan (hibrida) dan mutasi.

Cara membudidayakan ikan molly tidaklah terlalu sulit, hanya beberapa langkah yang perlu disiapkan untuk melakukanya dan anda sukses dalam budidaya ikan hias molly ini asalkan konsisten.

Ikan hias ini berasal dari Meksiko, Florida dan Virginia, berbeda dengan jenis Green Sailfin Molly. Ikan molly ketika berada dihabitat aslinya hidup pada suhu air 25-28 derajat celcius dan juga dengan pH 8 dan kekerasan air yang berkisar 14-20 derajat dH.

Selain air, hal penting yang musti di ketahui lebih dulu sebelum melakukan budidaya ikan molly (black molly) adalah makanan. Untuk makanan pada dasarnya ikan molly adalah termasuk ikan omnivora (makan segala jenis makanan), nah inilah keuntungan kita dalam budidaya ikan hias molly, karena kita tidak akan dibuat repot untuk memberi makan.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Berikut ini terdapat beberapa cara budidaya ikan black molly, antara lain:

Pemilihan Media Budidaya Ikan Black Molly

Berikut ini terdapat beberapa pemilihan media untuk budidaya ikan black molly, yakni:

  1. Andа bіѕа menggunakan kolam kecil ataupun sedang јіkа аndа іngіn membudidayakan banyak sekali ikan black molly. Untuk іtu аndа јugа harus menyiapkan kolam dеngаn sanitasi air уаng baik dan mudah untuk dikontrol.
  2. Media уаng kе dua уаіtu aquarium. Untuk aquarium уаng bіѕа аndа gunakan bermacam- macam tergantung dеngаn selera anda. Andа bіѕа meletakkan aquarium dі bеbеrара tempat ѕеbаgаі penghias ruang sekaligus.
  3. Karena ikan black molly termasuk jenis ikan hias, аndа јugа bіѕа meletakkannya ѕеbаgаі penghias ruangan dan membudidayakannya dі berbagai tempat seperti aquarium dеngаn berbagai bentuk, hіnggа gelas ataupun mug kaca dеngаn ukuran besar.
  4. Adapun saran bagi аndа уаng tіdаk memiliki wadah ѕеbаgаі media budidaya, аndа bіѕа menaruhnya dі dalam toples berukuran besar seperti toples kerupuk ataupun toples biscuit. Sеlаіn menjadi wadah, іnі јugа menambah kesan unik dan indah јіkа dі letakkan dі tempat уаng berbeda.

Pemilihan Induk Ikan Black Molly

Untuk memilih induk yang baik dapat dilihat dari jantan dan betina. Untuk jantan dapat dilihat dari ciri–ciri: berbadan ramping dengan sirip panjang, penampilan menarik, gerakan lincah dan gesit, serta memiliki alat kelamin yang disebut gonopodium. Sedangkan untuk betina antara lain: badan gemuk, perut buncit, alat kelamin berupa urogenital.

Untuk memilih induk harus diperhatikan warna ikan, yaitu hendaknya memilih warna ikan yang berwarna hitam dan mengkilap. Umur ikan dapat berbeda antara jantan dan betina. Untuk pemilihan induk sebaiknya tidak kurang dari 6 bulan dengan panjang betina minimal 5 cm, dan jantan 3 cm.


Persiapan Pemijahan

Persiapan pemijahan berupa bak tembok atau plastik dengan ukuran 1x1x0,5 m dan 2x1x0,5 dengan ketinggian air 25 sampai 40 cm, diaerasi lemah. Kemudian air harus steril dan jernih dengan pH 6-7, suhu 24 sampai 280C, harus tersedia substrat hidrilla untuk tempat memijah dan menempelkan telur (suhu 25- 270 C, pH basa).

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Ikan Komet

Pemijahan Induk Ikan Black Molly

Anda bisa menggunakan kolam semen dan akuarium sebagai tempat pemijahan indukan ikan molly. Ukuran bak pemijahan yang ideal sekitar 6 sampai 9 m2 dan tinggi 0,5 m. Sedangkan untuk tempat pemijahan berupa akuarium, ukuran yang pas yaitu 80 x 45 x 45 cm. Air yang dimasukkan ke dalam tempat pemijahan bersifat pH agak basa, kesadahan sedang, dan suhu antara 25 sampai 27 derajat celsius.

Proses selanjutnya ialah pengisian air ke dalam tempat pemijahan hingga mencapai ketinggian 30 cm. Bila perlu, tambahkan beberapa tanaman air seperti Ceratophylum sp, Cabomba sp, dan Myriophyllum sp yang memenuhi setengah dari permukaan air kolam untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi ikan black molly.

Berikutnya masukkan indukan ikan black molly sebanyak 150 sampai 250 ekor ke dalam tempat pemijahan tadi dengan perbandingan jantan dan betina yaitu 1:3. Dalam waktu kurang dari seminggu, anakan ikan molly biasanya sudah bermunculan di kolam dan tampak bersembunyi di antara tanaman air. Tangkap semua benih tersebut untuk dipindahkan ke kolam pendederan.


Perawatan Benih Ikan Black Molly

Berikut ini terdapat beberapa perawatan benih ikan black molly, yakni:

  • Anakan ikan yang baru lahir tidak membutuhkan makan karena masih mengandung kuning telur. setelah 4 sampai 5 hari anakan ikan baru boleh dikasih makanan berupa kutu air atau kuning telur rebus yang sudah dihancurkan.
  • Setelah ikan memiliki ukuran tubuh 2 sampai 3 cm dapat diberi makan cacing sutra, dan jika ikan sudah memiliki tubuh berukuran 5 sampai 7 cm baru dapat dikasih makan jentik nyamuk dan lain-lain cukup sehari dua kali kasih makan.
  • Untuk air dalam kolam atau wadah lainya, jangan sampai air keruh, kerena jika air keruh bisa memnyebaban anakan ikan cepat mati.

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perikanan Dengan Materi Cara Prospek Budidaya Ikan Black Molly Lengkap

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: