√Cara Menanam Bunga Mawar di Pot

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Bunga Mawar, berikut penjelasannya.

Cara-Menanam-Bunga-Mawar-di-Pot

Mawar yang tidak tahu bunga, penuh kesan romantis. Bunga yang selalu muncul di setiap film cinta itu membuat wanita jatuh cinta ketika ada orang yang memberikannya kepada mereka. Mawar pada dasarnya juga merupakan simbol Ratu Bunga, yang memiliki makna hidup religius dalam kemanusiaan. Oleh karena itu, banyak orang yang sangat suka menanam mawar di rumah mereka menanam untuk memperindah taman karena, selain keindahan dan warna merahnya yang menarik mata, terlihat.

Sebagian besar mawar di Indonesia berasal dari Belanda. Jenis rata-rata mawar yang tumbuh adalah teh hibrida dan sedang dengan beragam warna mulai dari merah tua hingga putih. Dan rata-rata, tanaman mawar ini memiliki 120-280 kuncup bunga per tahun. Terpesona oleh bagaimana mengembangkan tanaman mawar untuk mempercantik rumah teman? Mari kita ikuti artikel ini sampai akhir.

Waktu yang tepat untuk menanam tanaman mawar adalah pada awal musim hujan. Tanaman yang perlu ditanam adalah biji dan biji yang diekstraksi dari polybag.


Menanam Bibit Bunga Mawar Cabutan

  1. Buang biji mawar dengan menariknya keluar dari kamar bayi.
  2. Potong beberapa cabang dan batang dan biarkan sepanjang 20-25 cm sehingga tanaman pendek.
  3. Potong akar tanaman menjadi lebih sedikit dengan alat pemotong yang bersih dan tajam.
  4. Bibit mawar direndam dalam air atau larutan ZPT 1 hingga 2 cm³ / liter selama 15 hingga 30 menit.
  5. Bibit mawar kemudian ditanam di tengah lubang, dan akarnya diatur sehingga menyebar ke segala arah. Kemudian tumpukkan akar dengan tanah ke leher.
  6. Tanah yang ditambahkan kemudian dipadatkan sehingga akarnya bersentuhan langsung dengan air lembab.
  7. Tanah kemudian disiram di sekitar tanaman sampai menjadi basah.
  8. Lindungi mawar dengan perlindungan dari sinar matahari sore.

Menanam Bibit Bunga Mawar dalam Polybag

  • Tanah mengandung biji dalam polibag, yang kemudian direndam hingga basah.
  • Angkat perlahan lalu balikkan polybag sehingga biji mawar, bersama dengan bagian bawah dan akar, terlepas dari polybag. Jika polybag cukup besar, dapat dipotong dengan memotong plastik polybag.
  • Ambil benih dan tanam di tempat yang sudah disiapkan. Tempatkan bibit di tengah lubang tanam, tutup benih dengan tanah dan hati-hati memadatkan tanah.
  • Bilas tanah yang ditanami mawar sampai lembab.
Artikel Terkait:  √Cara Menanam Bonsai

Cara Menanam Bunga Mawar di Pot

Berikut ini terdapat beberapa cara menanam bunga mawar di pot, terdiri atas:


1. Persyaratan untuk biji mawar

Pilih benih yang baik dan sehat dengan menaruhnya di air. Jika biji acar tenggelam, itu berarti benih dalam kondisi baik. Sebaliknya, benih tidak harus digunakan saat benih berenang.

Bibit yang baik dan sehat dengan merendamnya dalam air. Jika benih terendam, berarti benih dalam kondisi baik. Sebaliknya, benih tidak harus digunakan saat benih berenang.


2. Siapkan biji mawar

Di stadion ada hal-hal yang membuat biji tanaman mawar terbuat dari biji. Dalam hal ini, pilih buahnya.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mawar:

  1. Buah-buahan yang digunakan berasal dari tanaman yang produktif saat berbunga
  2. Pilih mawar matang yang ada di tanaman.

3. Siram mawar

Apa yang harus Anda pertimbangkan saat menabur:

  • Ambil benih busuk dari mawar yang ditemukan di media.
  • Pilih benih terbaik dengan menambahkannya ke air.
  • Bilas biji mawar dengan air jernih.
  • Beku mawar yang temanmu pilih, lalu taruh di tempat teduh.
  • Atur dan tumbuhkan mawar secara merata pada jarak 5 hingga 10 cm. Selama proses ini, air mani mulai berkecambah dalam waktu 4 minggu setelah pembuahan.

4. Pemeliharaan taman kanak-kanak

Saat menanam mawar, lakukan hal berikut:

  1. Bilas bagian bawah bunga untuk mawar 1 hingga 2 kali sehari.
  2. Ketika bibit mawar tumbuh, dorong mereka ke polybag / pot bunga yang diisi tanah, pupuk organik, dan pasir (1: 1: 1). Ketika bibit mawar berumur 22 bulan, mereka bisa ditanam di tanah atau kebun permanen.

5. Buat pola penanaman

Lubang tanam berukuran hingga 60 x 60 cm. Jadi cobalah untuk tidak terlalu dekat. Kemudian dipulihkan dengan jenis dan jenis mawar yang akan ditanam.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Menanam Kangkung Hidroponik Di Pot

6. Buat lubang tanam

Lubang tanam dibuat menggunakan sendok melengkung untuk membuat lubang silindris. Lebih disukai lubangnya berukuran 45 x 45 x 45 cm. Jika Anda ingin menanam di tanah, posisi terbaik untuk mawar itu sendiri adalah meletakkannya di lubang, dengan bagian cabang utama sejajar dengan permukaan tanah. Sekali lagi, akar mawar tidak dapat menembus terlalu dalam ke tanah, sehingga tanah yang dicincang tidak harus dalam. Cukup 45 hingga 55 cm.

Saat mengebor lubang, tanah di permukaan dan di bawah permukaan harus dikumpulkan secara terpisah. Karena kedua jenis bumi digunakan untuk menutup lubang lagi. Jika area tersebut ditutupi oleh rumput, rumput harus diambil dan ditempatkan di tempat yang teduh sehingga dapat digunakan kembali sebagai pupuk dan dimasukkan ke dalam lubang.


7. Mempersiapkan tanah untuk menanam mawar

Tanah yang dibutuhkan untuk menumbuhkan mawar sudah longgar, subur dan cerah. Maka tanah yang akan ditanam harus bebas dari hama seperti rumput atau kerikil, yang dapat menghambat pertumbuhan.


8. Siapkan media dalam pot

Hal yang perlu dipersiapkan adalah tanah subur, pupuk organik dan pasir. Campuran tanah yang diperlukan saat menggunakan tanah, kompos dan pasir harus memiliki rasio 1: 1: 1. Siapkan pot yang sesuai dengan ukuran tanaman mawar yang akan ditanam. Pot yang paling direkomendasikan adalah pot dari bawah dan tidak menggunakan cat atau cat.

Lainnya adalah bahan pendukung seperti ubin rusak atau arang. Fungsinya untuk mempersiapkan drainase, dan jika Anda ingin memindahkannya dari pot ke lantai atau media tanam lainnya, Anda tidak perlu terlalu sibuk.


9. Isi media tumbuh ke dalam pot

Berikut adalah hal-hal yang perlu diingat untuk mengisi komponen media nutrisi dalam pot dan hal-hal penting untuk menumbuhkan mawar:

  • Saat menggunakan pot, bagian bawah pot harus menjadi lubang untuk menghindari kelebihan air.
  • Lalu basahi pot yang ingin Anda gunakan.
  • Tempatkan ubin atau pecahan arang setebal 1 cm dari ukuran pot di bagian bawah pot, hati-hati agar tidak menyumbat lubang.
  • Tempatkan seluruh pot secara merata dengan lapisan tanah atas dalam ketebalan 1 cm di atas lapisan ubin atau batu bara.
  • Kemudian tambahkan tanah, pasir dan pupuk dalam perbandingan 1: 1: 1 dan tambahkan abu dapur dengan dosis kecil. Lakukan ini sampai penuh 90%, maka pot siap ditanami mawar.
Artikel Terkait:  √Budidaya Tanaman Singkong Terbaik

10. Buka lahan yang akan ditanami

  1. Tanah yang disiapkan harus ditutup dengan kedalaman 30 cm sampai tanah terlihat longgar.
  2. Kemudian biarkan lantai mengering selama sekitar 15 hingga 30 hari sehingga lantai bebas dari gas beracun yang mengendap.

11. Buat tempat bedengan

Kemudian bendungan dengan lebar 100 hingga 120 cm dengan ketinggian 30 cm dan jarak sekitar 30 cm dibuat antara bedengan. Ini tergantung pada ukuran negara yang akan digunakan. Jika tanaman mawar asimetris, persiapan lebih lanjut diperlukan untuk mempersiapkannya.


12. Pemupukan

Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk organik. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah mendistribusikannya secara merata sambil memperbaiki bendungan yang dibuat sebelumnya. Kemudian pupuk organik diletakkan hingga 1-2 kg / tanaman di lubang tanam. Tergantung pada seberapa besar tanaman itu.

Seperti halnya tanaman, pemupukan umumnya dilakukan dengan tanaman. Pupuk NPK dengan dosis 5 g / tanaman biasanya digunakan sebagai pupuk. Jika pemupukan tunas membutuhkan waktu terlalu lama, dosis harus ditingkatkan. Lakukan pemupukan teratur selama 3 hingga 4 bulan, masih mengikuti pertumbuhan tanaman.


13. Menyiangan

Teknik ini biasanya dilakukan bersamaan dengan pemupukan untuk mengurangi biaya dan tenaga. Yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumput di sekitar tanaman agar tidak terserang hama dan penyakit. Ini harus dilakukan sebulan sekali atau tergantung pada tingkat pertumbuhan hama itu sendiri. Hati-hati ketika mencabut akar karena kami tidak ingin merusak akar tanaman mawar yang kami tanam.


14. Irigasi (pengairan)

Pada awal pertumbuhan, pada usia 1 hingga 2 bulan, secara teratur selama 1 hingga 2 hari. Kemudian irigasi perlahan-lahan dikurangi, dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan tanah dari lokasi yang ditanami.

Maka waktu terbaik untuk air adalah pagi dan sore. Jika suhu dan penguapan tidak terlalu tinggi. Cara yang perlu dilakukan adalah menyiram air secara merata dengan alat bantu irigasi.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perkebunan Dengan Materi 14 Cara Menanam Bunga Mawar di Pot yang Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: