√Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Besar

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ikan Nila, berikut penjelasannya.

Penyebab-Ikan-Nila-Tidak-Mau-Besar

Apa penyebab nila yang tidak ingin menjadi besar? Mungkin Anda akan terkejut dengan hal ini. Tentu saja, jika Anda berkultivasi di rumah, misalnya sebagai usaha sampingan, sangat penting untuk menyelidiki jenis masalah ini. Nila sendiri adalah sejenis ikan air tawar. Ikan ini diimpor dari Afrika pada tahun 1969, terutama dari Afrika Timur. Sejauh ini, ia telah menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam air tawar di Indonesia dan di semua sungai dan danau di Indonesia. Nama ilmiah Tilapia itu sendiri adalah Oreochromis niloticus dan dikenal sebagai Nil-Tilapia dalam bahasa Inggris.

Tentu saja akan ada banyak masalah dalam budidaya ikan nila, yang dapat terjadi dengan mudah atau tidak terduga dalam perkiraan awal. Salah satunya adalah penyebab berkurangnya nafsu makan nila dan cara mengatasinya. Karena itu, sebagai seorang kultivator, Anda juga harus dapat mempertahankan hasilnya dengan benar dan benar sehingga kualitasnya tinggi. Beberapa tips yang dipaparkan sebelum Anda dapat mempelajari lagi cara merawat larva nila dengan benar. Untuk prosedur lain, seperti tahap awal budidaya ikan nila, Anda dapat mendengarkan artikel tentang penyebaran benih nila.

Tilapia sangat diminati sehingga menjadi alasan bagi semua petani untuk dapat menawarkan banyak di pasar. Hanya saja itu tidak mudah ketika bukan waktunya, terutama ketika Anda melihat kasus-kasus seperti ini di mana penyebab nila tidak bisa besar, tentu saja Anda juga tidak bisa memanennya. Namun tips menarik yang disampaikan sebelumnya adalah cara membudidayakan nila 3 bulan setelah panen.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Ikan Guppy

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Besar

Berikut ini terdapat beberapa penyebab ikan Nila tidak mau besar, yaitu sebagai berikut:


1. Faktor pakan

Pertama, pemicu nila yang tidak ingin tumbuh adalah faktor makanan. Ini mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa pakan yang diberikan tidak sesuai dengan nila, atau bahwa itu tidak dimaksudkan karena spesies tertentu. Alasan lain bisa jadi makanan itu terlalu besar untuk dikonsumsi secara tidak benar oleh Tilapia. Banyak, tentu saja, yang perlu diketahui, mungkin dari kualitas makanan yang tidak layak, telah kedaluwarsa atau hampir rusak, dapat mengurangi kualitas ikan.


2. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan adalah faktor yang berasal dari lingkungan tempat Anda bercocok tanam. Faktor ini dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya seperti udara kotor karena lingkungannya terlalu kotor untuk mengindikasikan perkembangan ikan nila. Sementara faktor lain, yaitu limbah, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan nila. Bahkan jika Anda tahu, kebersihan kolam harus diprioritaskan, karena itu menjadi area aplikasi ikan yang sebenarnya. Kolam lumpur yang tidak dirawat membuat Tilapia besar dan keras.


3. Nafsu makan berkurang

Yang membuat Tilapia tidak menginginkan raksasa lagi adalah nafsu makannya menurun. Jadi Anda harus bisa mencari tahu apa yang membuat makan ikan sulit dan yang paling penting bagaimana Anda bisa mengatasinya. Cara membuat makanan buatan untuk nila dapat membantu mengembalikan nafsu makan ikan.


4. Fluktuasi suhu

Masalah lain yang menjadi dan merupakan salah satu penyebab yang perlu ditangani segera terkait dengan fluktuasi suhu. Biasanya, ini sering terjadi selama musim transisi (transisi dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya). Suhu ideal untuk pembudidayaan ikan nila adalah 28-30 ° C. Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi juga tidak disarankan, karena selera ikan dapat menurun karena meningkatnya risiko terinfeksi oleh penyakit seperti parasit atau jamur.

Artikel Terkait:  √Penyebab Ikan Nila Mati Setelah Hujan

5. Pengaruh pH air

Keasaman pH merupakan faktor yang sering mengubah nafsu makan ikan nila. PH ideal untuk nila adalah 6,5-8. Sementara itu, pH air dapat dipertahankan dengan air berkualitas baik. Alasan paling umum adalah pH terlalu rendah (asam), yang dapat Anda atasi dengan menambahkan jumlah kapur yang tepat ke kolam budidaya Anda sendiri.


6. Oksigen terlarut

Kandungan oksigen terlarut adalah faktor berikutnya yang tidak membuat Tilapia besar, karena hal ini menyebabkan penurunan nafsu makan Tilapia secara drastis. Ini karena kandungan oksigen yang terlalu rendah dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk untuk ikan, karena ikan terhambat oleh metabolisme karena kurangnya pasokan oksigen, yang mengarah pada kegiatan yang tidak optimal.


7. Stres

Ikan yang tertekan juga merupakan penyebab ikan nila yang tidak ingin tumbuh besar. Ini karena kondisi mental yang terganggu yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perikanan Dengan Materi Kenali! 7 Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Besar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perternakan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: