√Perhatikan! Cara Berternak Burung Belibis yang Baik dan Benar

Cara Berternak Burung Belibis yang Baik dan Benar


Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Burung Belibis berikut penjelasannya.

Cara Berternak Burung Belibis yang Baik dan Benar

Burung belibis atau dikenal dengan nama latinnya dendrocygna adalah sejenis unggas yang mempunyai suara indah seperti sebuah siulan yang panjang. Di alam bebas burung belibis merupakan burung yang hidup bebas dan gemar berada di lingkungan yang basah. Beraneka macam penangkapan dan perburuan liar kini membuat burung belibis semakin langka dan susah dijelajah di alam liar.

Burung belibis yang mempunyai warna kecoklatan pada bulunya tersebut juga dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, karena itu budaya dan ternak burung belibis menjadi sesuatu yang unik dan bisa memperoleh menguntungkan. Berikut ini terdapat 9 cara berternak burung belibis yang baik dan benar, antara lain:


#1. Tempat Ternak

Tempat yang paling cocok untuk ternak burung belibis adalah tempat di sekitar pinggiran sungai mengenali kebiasaannya di habitat asli yang hidup dan menggemari tempat yang berair. Kakinya yang mempunyai membran seperti halnya bebek yang membantu kebiasaannya tersebut. Apabila kesulitan untuk mendapat tempat yang demikian, anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu ternak dengan menyiapkan kolam untuk tempat renangnya.


#2. Pembuatan Kandang

Untuk kandang bisa dibuat dengan ukuran 10×6 meter dengan memakai bahan sederhana, seperti kayu maupun bambu yang penting burung belibis tersebut bertahan lama dan kuat. Siapkan pula tempat makan dan minum di dalamnya supaya burung belibis dapat hidup layak dan mudah memenuhi kebutuhan makan dan minumnya.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Entok

#3.  Pemilihan Bibit

Cara berternak burung belibis diawali dengan mencari ataupun membeli bibit yang terbaik, bibit bisa dicari di alam bebas maupun dibeli toko peternak yang menyediakan. Belilah setidaknya 3 pasang apabila anda berkeinginan untuk mengembangbiakkan dan menternakkan burung belibis. Bibit burung belibis yang baik adalah yang mempunyai anggota tubuh komblit, nafsu makan tinggi dan aktif dalam bereaksi jika disetuh maupun dipegang.


#4. Perawatan Bibit

Anak burung belibis yang sudah berumur sekitar 3 bulan sejak ditetaskan bisa dilepaskan secara bersama dengan burung belibis lainnya yang dewasa, burung belibis juga menyukai tempat yang berair, tetapi terkadang rentan dengan udara dingin khususnya di malam hari sehingga khusus untuk anak burung belibis usahakan untuk memberi penghangat di kandangnya dengan memakai lampu yang dihidupkan di malam hari.


#5. Cara Mengkawinkan

Burung belibis adalah hewan berkelompok yang terkenal akan kesetiaaan terhadap pasangannya. Sebagaimana yang sudah diuraikan diatas, bahwa memelihara burung belibis sebaiknya berpasangan supaya mudah dalam mengkawinkan. Satu ekor jantan burung belibis hanya akan mengawini satu ekor betina yang sudah menjadi pasangannya. Cukup dekatkan jantan dan betina maka burung belibis akan berkawin dengan sendirinya.


#6. Masa Bertelur

Burung belibis dewasa yang sudah kawin bisa menghasilkan telur selama 3 kali dalam setahun dan setiap bertelur memperoleh 7 hingga 9 butir telur. Kondisi tersebut berlangsung karena burung belibis menyukai masa-masa tertentu untuk kawin dan di musim kawin tersebut jantan dan betina yang sudah berpasangan akan mendekat untuk berkawin.


#7. Masa Pengeraman

Burung belibis akan mengerami telurnya selama 21 hari, pada masa tersebut biasanya burung belibis akan mengganti menjadi sedikit agresif karena ingin menjaga anaknya. Berikan nutrisi dan asupan minuman dan makanan yang cukup pada masa tersebut, serta letakkan di tempat yang nyaman supaya burung belibis terhindar dari gangguan baik dari burung belibis yang lain maupun dari manusia, karena apabila burung belibis merasa stres akan berdampak pada keberhasilan pengeraman telurnya.

Artikel Terkait:  √Perpaduan Makanan Burung Betet dan Cara Pemeliharaan Biar Gacor

#8. Pencegahan Penyakit

Berikan asupan multivitamin dari bahan alami, seperti madu maupun kunyit untuk melindungi kesehatan dan melindungi kehangatan tubuhnya, cukup berikan secara bertahap sebanyak seminggu sekali dengan cara dicampurkan dengan air minumnya. Burung belibis adalah hewan yang tergolong aktif dan senang bekelompok, perhatikan apabila burung belibis tiba-tiba senang menyendiri dan malas bergerak kemungkinan burung belibis terjangkit penyakit.


#9. Keuntungan dari Panen

Untuk burung belibis muda ataupun yang baru ditetaskan, berikan burung belibis pasangan dan kawinkan terlebih dahulu supaya menambah banyak komunikasi burung belibis yang anda ternakkan serta bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi, karena keinginan ataupun birahi untuk kawin pada burung belibis lebih tinggi apabila umurnya masih muda.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Peternakan Dengan Materi Perhatikan! Cara Berternak Burung Belibis yang Baik dan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: