√Cara Merawat Iguana dengan Baik

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Mengenal dan Cara Merawat Iguana, berikut penjelasannya:

Mengenal Iguana

Iguana, kelompok kadal terbesar di Amerika Serikat, milik iguanidae, yang ditemukan di hampir setiap wilayah kecuali dua genus, Madagaskar dan Polinesia. Iguana ini berukuran 7,5 cm-2 m, iguana diklasifikasikan sebagai hewan yang unik dan dapat beradaptasi dengan lingkungan, termasuk makanan. Iguana bisa berupa pemakan serangga (serangga), predator (karnivora), tanaman, pemakan (herbivora), atau semua pemakan (omnivora), meskipun ada juga iguana yang hidup di tebing pantai (iguana laut) Saya suka menjadi bagian dari tanah iguana. Semua jenis iguana bertelur dan berkembang (ovipar).

Meskipun iguana menggunakan ekornya sebagai cambuk untuk mengalahkan musuh dalam situasi dan kondisi yang mendesak, bahkan iguana mereka diklasifikasikan sebagai liar, tetapi hewan-hewan ini eksotis, tetapi mereka biasanya terbuat dari hewan peliharaan untuk menyingkirkan mereka. Karakter berlendir harus memilih dari ukuran 30 cm, karena iguana tidak terbiasa dengan keberadaan manusia. Pada ukuran itu, iguana masih tidak akan menggigit, karena masih sangat mudah beradaptasi dengan kandang dan sentuhan manusia. Jenis iguana yang kemudian dibuat sebagai hewan peliharaan berukuran dewasa adalah iguana hijau (iguana hijau).

Iguana adalah salah satu reptil paling populer yang dibuat di rumah. Padahal, cara memelihara iguana itu gampang-gampang susah dan gampang. Kebutuhan kandang dan jadwal makan yang ketat adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin memelihara hewan-hewan ini. Selain itu, hewan ini memiliki umur yang panjang dan dapat tumbuh menjadi hewan yang cukup besar.

Artikel Terkait:  √Bahaya Kucing Makan Nasi

Cara merawatnya cukup rumit, tetapi memelihara iguana bukanlah ide yang buruk. Jika Anda tertarik untuk memelihara hewan ini, Anda perlu tahu cara merawat iguana sebelum Anda memutuskan untuk mengabdikan lebih banyak. Ini langkah-langkahnya:


Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

Berikut ini terdapat beberapa cara merawat iguana bagi pemula, terdiri atas:


1. Kenali Kepribadian dan Temperamen

Memahami sifat dan temperamen iguana dapat membantu Anda dalam merawat reptil. Iguana adalah binatang dari alam, sehingga tidak alami dan tidak suka bersentuhan dengan manusia. Selain itu, iguana bayi adalah hewan lincah Tetapi ketika dewasa, iguana lebih suka malas dan cenderung lebih jinak.

Anda harus berhati-hati saat mengajaknya bermain, secara tidak sengaja kaki tangannya dapat merobek pakaian Anda saat bermain, jadi berhati-hatilah dengan kuku tajamnya. Perlu di perhatikan, ekor iguana dewasa cukup kuat untuk mematahkan tulang manusia. Untuk  itu, Anda harus berhati-hati saat memelihara hewan-hewan ini.


2. Perhatikan Kandang

  • Iguana dapat tumbuh hingga 2 meter (termasuk ekor) dan beratnya mencapai 10 kg. Oleh karena itu, akuarium atau kandang reptil bukanlah investasi yang baik.
  • Buat cukup kandang khusus atau siapkan kamar khusus untuk menyediakan tempat perlindungan bagi iguana dengan nyaman dan aman.
  • Selain itu, karena habitat alami di daerah tropis, perlu menyiapkan pencahayaan yang baik
  • Persiapkan sinar UV untuk mempertahankan pertumbuhan tulang dan menjaga suhu kandang pada 26-29 derajat Celcius.

3. Mengenali makanan dan minuman

Makanan segar selalu menjadi kunci untuk menjaga iguana Anda tetap sehat. Daun gelap, buah-buahan dan suplemen kalsium adalah hal yang harus disiapkan. Buah-buahan dan kalsium harus diberikan hanya seminggu sekali. Selain itu, iguana tidak memakan serangga, jadi jangan makan apa pun selain sayuran. Iguana muda harus makan setiap hari, tetapi Iguana dewasa memiliki jadwal yang lebih nyaman.

Artikel Terkait:  √Cara Membuat Kucing Jinak Kepada Kita

4. Memilih Iguana Terbaik

Jangan langsung percaya pada penjual reptil yang mengatakan bahwa iguana yang Anda beli tidak akan bertambah besar lagi. Karena hewan ionik dapat tumbuh menjadi hewan dengan ukuran yang sangat besar. Konsultasikan dengan pemilik toko reptil yang dapat memberi tahu Anda komitmen apa yang harus Anda laksanakan ketika memelihara iguana. Selain itu, pastikan Anda juga memiliki dokter hewan tepercaya yang dapat dikunjungi saat terjadi kesalahan. Sebab, ketika stres, ekor iguana tiba-tiba bisa putus. Namun, ekornya akan tumbuh kembali … Tapi, sayangnya itu tidak akan seindah ekor sebelumnya.


5. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Kandang untuk iguana harus disiapkan terlebih dahulu. Disarankan untuk menyediakan kandang yang cukup besar untuk mempersiapkan pertumbuhan iguana. Pilih sangkar dengan bahan logam dengan sistem sirkulasi yang baik. Selain itu, perlu juga menyediakan alas di kandang, seperti yang ada di karpet. Juga menyediakan area bermain untuk iguana dalam bentuk cabang-cabang pohon yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memanjat. Iguana juga sering bersembunyi ketika mereka merasa terancam, itulah sebabnya tempat persembunyian juga perlu diperhatikan. Secara keseluruhan, apa yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan lingkungan yang mirip dengan habitat alami iguana.


6. Kebersihan Kandang

Membersihkan kandang menjadi kegiatan rutin untuk terus menyediakan iguana dengan keadaan nyaman. Selain itu, Anda harus mengganti pangkalan kandang dan segera membersihkan sisa makanan. Hal lain yang juga penting adalah mencuci secara teratur tempat makan untuk meminimalkan dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berasal dari sisa makanan dan dapat menyebabkan penyakit serius. Jika Anda memiliki lebih dari satu iguana yang disimpan, Anda sebaiknya tidak meletakkannya di dalam kandang. Disarankan untuk membuat kandang terpisah tetapi dengan lingkungan yang sama nyamannya dengan kandang lainnya. Alasan kandang dipisahkan adalah untuk menghindari penyerangan iguana.

Artikel Terkait:  √Manfaat Madu Untuk Kucing Anggora

7. Kesehatan

Memperhatikan masalah kesehatan hewan peliharaan iguana juga diklasifikasikan sebagai mudah dan sulit. Selain itu, karena iguana membawa bakteri Salmonella, yang berarti ada bakteri Salmonella di saluran pencernaan, tetapi tidak menyebabkan penyakit. Jadi jika Anda ingin memelihara iguana tetapi Anda juga memiliki wanita hamil atau anak-anak, serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, yang terbaik adalah tidak memelihara iguana di rumah. Memang, bakteri yang ada dalam sistem pencernaan iguana dapat menularkan penyakit kepada orang-orang di sekitar dan tentu saja menjadi bahaya bagi pemeliharaan iguana.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 7 Cara Merawat Iguana dengan Baik Bagi Pemula

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Reptil. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :