√Makanan Ikan Guppy

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Makanan Ikan Guppy, berikut penjelasannya:

Makanan ikan guppy dibagi menjadi dua jenis, makanan buatan seperti pelet, tahu putih, roti putih dan kuning telur, dan makanan alami seperti jentik nyamuk (cuk), daphnia, cacing sutra, dan cacing mikro. Saat memberi makan ikan guppy, Anda harus memilih yang alami, tetapi Anda juga bisa memadukan keduanya untuk meningkatkan nafsu makan.

Dalam pengalaman pribadi saya, saya lebih suka makanan alami karena guppy dapat tumbuh dengan cepat. Juga, menggunakan artefak buatan akan benar-benar mencemari akuarium dan akhirnya ikan akan mati. Berikut adalah daftar makanan alami yang dapat membuat ikan guppy sehat dan cepat besar


1. Nyamuk Larva (Cuk)

Larva nyamuk atau makanan ikan guppy, sering disebut (cuk). Hewan ini menjengkelkan karena merupakan telur nyamuk yang dapat membunuh seseorang. Namun, ternyata larva nyamuk dapat digunakan sebagai makanan untuk ikan guppy. Untuk menemukannya, Anda tidak perlu repot karena habitatnya ada di sekitar kita, yaitu talang, parit dan genangan air. Selain gratis dan mudah ditemukan, ia juga mengandung tablet berprotein tinggi. Protein hingga 13-15%, lemak hingga 7-8% dan serat 3-4%. Jadi berdasarkan data ini, makanan ini dapat membuat ikan guppy sehat dan cepat.

Jika Anda ingin memberi makan dengan makanan ini, ada baiknya memperhatikan kebersihan, karena sebagian besar larva nyamuk hidup di tempat-tempat kotor dan mengandung banyak bakteri yang bisa membuat ikan guppy sakit. Jadi, sebelum memasukkannya ke dalam botol atau akuarium, cuci dulu dengan air bersih. Berikut cara menemukan jentik nyamuk yang akurat dan aman;

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Lele Media Di Kolam Terpal
  • Larva nyamuk yang sudah dikumpulkan ditempatkan di air es.
  • Dalam hal ini, larva nyamuk dalam bentuk larva akan tenggelamkan secara otomatis, sedangkan yang bukan larva (sampah, debu, dll.) akan Mengambang.
  • Kemudian gunakan filter untuk memilih dan mengkonsumsi jentik nyamuk yang sudah tenggelam tadi.

2. Daphnia/ Kutu Air (Kutir)

Kutu air adalah hewan air yang bergerak di air seperti di sungai, parit, kolam, dan genangan air. Ia dikenal sebagai hewan kecil yang sangat bergizi untuk semua jenis ikan, terutama Burayak (anak cupang yang baru lahir). Daphnia mengandung protein tinggi hingga 20-50% dan sekitar 0,6-0,9% karbohidrat. Lemak hanya 0,5-0,7%. Meski tidak setinggi cacing sutra, daphnia sangat efektif untuk pertumbuhan tulang dan dapat mencerahkan warna guppy.

Kutu air dibagi menjadi dua jenis. Ada kutu air Daphnia sp dan kutu air daphnia magna. Kutu air Daphnia sp biasanya diberikan kepada burayak (konyol yang baru menetas), 3-15 hari.


3. Cacing Sutera

Cacing sutera juga bisa mempercepat pertumbuhan guppy. Ulat sutera atau tong adalah salah satu makanan ikan hias yang banyak digunakan oleh peternak. Karena mengandung lemak dan protein yang sangat tinggi. Tentang 12-13,3% lemak dan 40-50% protein.

Selain cacing sutera mudah ditemukan mereka berada di selokan, tepi sungai atau selokan, tetapi bagi mereka yang jijik, dapat membeli sendiri cacing sutra atau membiakkannya sendiri.


4. Mikroworms atau Cacing Halus

Mikroworms atau cacing halus sama dengan cacing sutera, tetapi lebih halus. Berkenaan dengan kemanjuran dan manfaat cacing mikroworms ini, tidak ada keraguan bahwa komponen nutrisi, protein dan nutrisi seperti cacing ini sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat membuat ikan tumbuh dan meningkatkan kecerahan warna ikan.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Ikan Arwana

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perikanan Dengan Materi Makanan yang Cocok untuk Ikan Guppy 

                Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :