√Cara Budidaya Burung Dara Balap

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Burung Dara Balap, berikut penjelasannya:

Cara-Budidaya-Burung-Dara-Balap

Dara atau merpati adalah jenis burung yang akrab tumbuh. Dara atau merpati yang biasa diternak termasuk merpati daging, Dara merpati dan Dara balap. Mengapa dara jenis ini disebut dara balap karena mereka dipersiapkan secara khusus untuk ikut serta dalam berbagai acara balap dara? Tentu saja.

Namun, kehadiran dara balap bukan lagi hal yang aneh, seperti diketahui banyak kekasih yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jelas ada lebih banyak nilai jual untuk dara balap yang memenangkan semua balapan. Namun, budidaya dara balap itu sendiri bukanlah tugas yang mudah. Ini karena ada hal-hal teknis yang tidak dapat dikecualikan dari keturunan.


Faktor genetik atau gen adalah yang diketahui pembudidaya. Varietas unggul dari dara balap yang tidak diragukan lagi tidak selalu dapat menghasilkan dara balap dengan kualitas yang sama. Ini karena dara balap memiliki banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil budidaya Anda dalam bentuk varietas balap dara berkualitas. Tentu saja, ini harus menjadi perhatian bagi para pembudidaya. Berikut ini cara budidaya yang perlu kita ketahui:


1. Pilihan Indukan

Dalam mengembangbiakan dara, pemilihan indukan sangat perlu dan penting. Diharapkan bahwa indukan yang sangat baik, yang berasal dari dara balap yang berkualitas, pasti akan dapat menghasilkan anak-anak  dengan kualitas yang sama. Meski tidak semua anak  yang benar-benar akan diproduksi memiliki kualitas yang sama dengan induknya. Untuk meminimalkan ini, tentu saja, ketika memilih pria dan wanita, Anda perlu menerapkan beberapa kriteria, yang meliputi:

  • Kedua susu payudara harus dalam kondisi sehat. Anda dapat melihat tiga aspek: warna bulu yang bagus, sayap yang tidak jatuh, dan respons yang cepat saat ditangkap.
  • Pilih dara ras dengan usia produksi pada kisaran umumnya 1-1,5 tahun.
  • Tidak ada cacat di seluruh tubuh. Jika Anda ingin memilih peony yang hidup dalam kelompok, amati dari jauh.
  • Biasanya seorang dara balap yang baik akan menunjukkan kekuatannya. Tentu saja, ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak kualitas burung daripada yang lain.
  • Pilih kualitas terbaik pria dan wanita yang siap kawin. Biasanya keduanya memiliki sifat fisik berbentuk paruh besar, dan ketika mereka berada di dekatnya, mereka bereaksi terhadap reaksi rumput dan berlutut.
Artikel Terkait:  √Ciri-Ciri Cacingan Pada Kucing

2. Buatkan Kandang

Dalam hal ini, varietas balap harus ditanam di dalam kandang, jadi, tentu saja, pemeliharaannya harus lebih intensif. Ini dapat dilepaskan dan dilatih di luar kandang hanya ketika waktu telah mencapai. Kandang balap ras tidak jauh berbeda dengan ayam pedaging. Inilah cara membuatnya:

  1. Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan ukuran tanah atau lokasi, tetapi kandang yang ideal biasanya kandang 1×2 meter.
  2. Di sini, setengah meter adalah jarak dari tanah ke dasar kita, dan lebih dari setengah meter adalah bagian kita sendiri.
  3. Penutup terbuat dari 4 sekat, sehingga ukuran sekat adalah 50 × 50 cm.
  4. Bahan kandang bisa dibuat dari plester atau bambu, kawat ram disediakan untuk memudahkan pengamatan di ats, dan pintu digunakan untuk memasukkan makanan dan minuman di dekat lantai.
  5. Tambahkan alas ke bagian bawah kandang untuk mengumpulkan debu untuk memudahkan proses pembersihan kandang.
  6. Jangan lupa untuk menambahkan tempat bertengger dan tempat untuk makan dan minum, serta sarang yang harus ditunjukkan wanita ketika gejala mereka bertelur.

3. Proses Pencocokan (penjodohan)

Secara alami, dara membutuhkan pernikahan yang disepakati sebelum kawin, sehingga kedua induk  harus dipasangkan sebelum mereka saling mengenal. Perkawinan terorganisir sangat mudah sehingga kedua kelompok lebih dekat dan melihat bagaimana mereka bereaksi. Jika mereka menunjukkan minat, mereka akan mengukur atau membuat suara agresif dan gigih.


4. Mengawinkan Kedua Indukan

Perkawinan dua induk dilakukan secara alami dalam satu kandang. Sebagai aturan, kedua pria menikah secara alami, dan waktu yang dibutuhkan cukup singkat, antara 3-5 hari. Di akhir proses pernikahan, wanita biasanya enggan dan menolak pria. Ini adalah tanda bahwa wanita sedang mempersiapkan proses bertelur. Tentu saja, yang harus Anda lakukan adalah mengambil keturunan jantan segera dan membangun sarang di dalamnya.

Artikel Terkait:  √Tanda Kucing Jantan Berhasil Kawin

5. Menetaskan Telur

Proses penetasan telur terjadi secara alami dan tetap dalam indukan perempuan. Setelah telur menetas, biarkan anak anjing tinggal bersama ibunya untuk menghindari stres.


6. Perawatan dan pemeliharaan


a. Manajemen pakan

  1. Perawatan makan biasanya dilakukan karena merpati itu sendiri termasuk jenis burung yang makan dan makan, sehingga pemberian makan biasanya dilakukan tidak hanya pelatihan di luar kandang, tetapi juga pelatihan, mencoba membuat dara balap terbiasa dengan lingkungan dan dunia luar.
  2. Jenis pakan yang biasanya diberikan biasanya dalam bentuk bore atau biji khusus seperti nasi, gandum atau keripik jagung. Proporsi makanan diberikan sesuai dengan proporsi ukuran dan kebutuhan tubuh.

b. Manajemen kebersihan

Kandang harus selalu dibersihkan seminggu sekali atau setiap tiga hari tercepat. Ini adalah semacam upaya untuk menjaga burung agar tidak sakit. Untuk menjaga kandang tetap bersih, bersihkan bagian dalam tangki di dalam tangki, keluarkan air minum burung dan ganti dengan yang baru setiap hari. Semprotan menggunakan pestisida untuk melepaskan gas berbahaya.


C. Manajemen Pelatihan Balap Dara

Dara balap harus dilatih dengan baik untuk mengetahui kemampuannya menjadi dara ras yang unggul. Karena itu, tentu saja, kultivator harus memiliki keterampilan atau keahlian minimum untuk melatih seorang dara balap. Anda dapat membuat dara balap dengan hasil kultivasi diri yang kualitasnya dipertanyakan.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 6 Cara Budidaya Burung Dara Balap dan Perawatan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :