√Cara Menanam Hidroponik

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Cara Menanam Hidroponik, berikut penjelasannya.

Cara Menanam Hidroponik

Penanaman sayuran saat ini dapat dilaksanakan tanpa memakai sarana tanah karena penciptaan cara tanam yang dikenal dengan HIDROPONIK yang artinya ialah aktivitas berladang atau bersawah yang dilaksanakan tanpa tanah tetapi menggunakan air yang berisi nutrisi-nutrisi yang baik untuk peningkatan tanaman. Anda dapat memakai porus contohnya sterofoam dan pasir.


Cara Menanam Hidroponik dengan Benar

Berikut ini terdapat 2 cara menanam hidropinik dengan benar bagi Pemula, yakni sebagai berikut:


1. Cara Menanam Hidroponik dengan Sarana Air

Dibawah ini terdapat 2 cara menanam hidroponik dengan sarana air, antara lain:


  • Memakai Cara Larutan Statis

Cara menanam hidroponik yang pertama bisa memakai cara larutan statis yakni kalian tidak mesti menyalurkan air yang mengandung nutrisi. Sarana yang dipakai dalam cara tersebut ialah:

  1. Ember
  2. Botol bekas
  3. Baskom
  4. Bak semen
  5. Tangki

Saran dari RumahBudidaya untuk menyarankan sarana yang tidak tembus atas cahaya matahari bertujuan untuk membebaskan tanaman dari sarang lumut.

Selain itu, yang mesti kalian perhatikan ialah mengatur ketinggian air, karena cara tersebut tidak menyalurkan air, usahakan selalu menyajikan sarana tanam dengan air yang sangat kecil kurang lebih air nutrisi terinterasi akar untuk tujuan supaya tanaman selalu memperoleh oksigen yang cukup.

Artikel Terkait:  √Perhatikan! Cara Budidaya Kacang Hijau

  • Memakai Cara Larutan Air

Cara berikutnya memakai larutan air, cara kerjanya kalian hanya mesti menyajikan tangki yang berukuran besar yang diletakkan pada kawasan yang lebih tinggi dari sarana tanam, sehingga air yang mengandung nutrisi tersebut bisa bersikulasi secara baik ke semua sarana tanam.

Cara hidroponik NFT memakai parit buatan yang terbentuk dari kepingan logam kecil anti karat dan tanaman disemai di parit tersebut. Di sekeliling selokan parit tersebut disirkulasikan air mineral yang bernutrisi sehingga sekeliling tanaman akan tercipta barisan tipis yang digunakan berupa makanan tanaman. Parit yang dibentuk dengan sirkulasi air yang sangat kecil barisannya sehingga cukup melalui akar dan mengakibatkan barisan nutrisi disekeliling akar dan diperoleh oksigen yang cukup untuk tanaman tersebut.


2. Cara Menanam Hidroponik di Rumah

Dibawah ini terdapat 2 cara menanam hidroponik di rumah, antara lain:


  • Cara Menanam Hidroponik dengan Sarana WICK

Cara yang satu ini memakai sumbu yang brrguna untuk menyalurkan air yang mengandung nutrisi dari bak pembendungan ke akar tanaman. Rockwool ialah sarana yang akan dihisap air nutrisi yang dibawa kain flanel, sehingga akar-akar muda tanaman akan dihisapkan dari rockwool.

Bahan yang diperlukan:

  1. Pertama yang mesti kalian sediakan ialah botol bekas dengan ukuran sekitar 600 ml.
  2. Kemudian sarana tanam, dianjurkan oleh Rockwool ialah (dapat beli di toko pertanian atau online).
  3. Alternatif lain kalau susah atau ribet dapat diubah dengandacron, busa bekas, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
  4. Terakhir memakai sumbu, anda bisa memakai sumbu kompor atau kain flanel atau bisa memakai  kain yang mengisap air.

  • Cara Menanam Hidroponik dengan Sarana Botol Bekas

Berikut ini cara menanam hidroponik dengan sarana botol bekas, antara lain:

  1. Sajikan botol bekas, kemudian potong dan buat lubang dengan berukuran sekitar 1 cm, setelah botol dipotong bagian atas dan bawahnya.
  2. Lalu itu sajikan paku yang telah dipanaskan untuk membentuk lubang pada lokasi botol yang telah dipotong barusan.
  3. Bagian kalian yang perlu memakai sumbu, anda tidak mesti membuat tutup botol yang mesti anda laksanakan membuat lubang pada tengah-tengah tutup botol dengan mamakai paku yang sudah dipanaskan.
  4. Kemudian bagi kalian yang perlu memakai sarana apung, dapat membuat tutup botol supaya akar bisa meningkat dipermukan air yang mengandung nutrisi.
  5. masukkan cairan nutrisi ke dalam potongan botol bekas yang di bawah.
  6. Setelah itu, masukkan potongan botol bekas tersebut ke bagian atas secara terbalik (tutup botol di bawah) lalu ke potongan botol bekas bagian bawah yang telah diisi cairan nutrisi tersebut.
  7. dan Terakhir, masukkan sarana tanam ke dalam potongan botol bekas ke bagian atas.
Artikel Terkait:  √Budidaya Tanaman Singkong Terbaik

Sekian Materi Pada Hari Mengenai Pertanian Dengan Materi Cara Menanam Hidroponik Di Rumah dan Sarana Air Bagi Pemula

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: