√Cara Memilih Bibit Kelinci

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Bibit Kelinci, berikut penjelasannya:

Keinginan untuk memelihara kelinci adalah langkah yang tepat. Ada banyak keuntungan dan manfaat memelihara kelinci. Untuk kelinci hias, Anda bisa bersenang-senang dan bermain di rumah.

Kelinci daging dapat  diperdagangkan dengan konsumen. Selain itu, kelinci broiler hias dapat dibudidaya untuk dijual kembali kepada konsumen. Namun, sebelum terjun ke dunia yang mendetail, Anda perlu mempersiapkan dukungan yang kuat. Dalam hal modal dan pengetahuan umum tentang proses memelihara dan budidaya kelinci. Dan salah satu pengetahuan yang Anda butuhkan adalah mengetahui cara memilih bibit kelinci yang baik untuk menghasilkan varietas berkualitas.

Ini karena mengawinkan sepasang induk kelinci adalah kewajiban wajib saat tumbuh. Maka, mau tidak mau, harus bijaksana untuk memilih induk kelinci yang baik.

Saat ini ada banyak pedagang yang bebas menjual kelinci. Di pasar dan jalan. Karena itu, Anda perlu memilih dengan cermat. Juga, kita tidak tahu bagaimana pedagang merwatnya ketika kita di rumah. Jangan smpai setelah membeli kelinci, kita menyesal karena kelinci  cacat dan sakit. Namun, faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih bibit kelinci adalah usia.


Kriteria berikutnya adalah memilih bibit kelinci yang baik.

1. Induk Kelinci yang Sehat Tanpa Cacat

Tentu saja, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah kesehatannya. Ini adalah faktor utama dalam memilih induk kelinci. Jika kesehatan Anda buruk, kelinci lain mungkin terinfeksi saat kawin. Atau bisa ditransmisikan ke anak cucunya. Itu sebabnya Anda harus memprioritaskan ini. Karakteristik kelinci yang sehat adalah:

  • Tidak ada cacat kecil di tubuhnya. Lepuh atau luka.
  • Tubuh segar tidak timpang.
  • Bagian atas dan bawah tidak kotor. Jika kotor, itu menunjukkan bahwa perawatan di rumah pemilik sangat buruk. Kandangnya mungkin kotor.
  • Tidak ada lendir atau cairan di mata dan hidung. Karena itu pertanda penyakit berbahaya.
  • Jangan membeli kecuali fesesnya keras atau tumpah. Ini menunjukkan adanya gangguan pencernaan.
  • Tidak ada jamur, kudis, dll.

2. Karakter  atau Sifat Kelinci

Cara memilih induk kelinci yang baik adalah dengan melihatnya dari segi perilaku kelinci. Apakah dia terlalu agresif atau gesit? Lebih baik memilih sesuatu yang gesit tetapi tidak terlalu agresif. Tidak baik jika terlalu agresif. Biasanya suka menyerang kelinci lain saat mereka berkumpul.


3. Pilih Keturunan yang Sejenis

Melihat keturunan juga merupakan faktor penting dalam memilih induk kelinci. Pasangkan kelinci jenis yang sama. Jangan menikahi beberapa jenis kelinci hias dengan daging. Akhirnya, itu berdampak negatif pada anak, karena dapat menyebabkan mutasi genetik.


4. Tubuh

Yang terbaik adalah menemukan tubuh yang terlihat bulat dengan dada yang lebar. Namun, ukurannya juga tidak terlihat. Kenapa begitu? Secara umum, ini karena kualitas-kualitas ini dapat merawat anak Anda dengan baik. Ini juga bukan patokan. Pengalaman saja.


5. Lihat Bulunya

Bulu kelinci akan mengikuti bulu induknya. Karena itu, Anda perlu menemukan induk dengan bulu yang bagus. Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas. Rambut yang bagus lembut dan tidak rusak dan tidak memiliki benjolan kasar. Ini karena jika ada tonjolan, kelinci bisa terserang kudis. Maka itu tidak rontok dan bebas cetakan.


Itulah 5 cara untuk memilih bibit kelinci yang baik untuk pemula. Untuk peternak, jangan meremehkan ini karena pemuliaan adalah faktor utama dalam laba. Semakin banyak keturunan, semakin besar manfaatnya.

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 5 Cara Memilih Bibit atau Indukan Kelinci Unggul untuk Pemula

                Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!

Artikel Terkait:  √Kucing Tidak Mau Makan

Baca Juga :