√Langkah Memelihara Ikan Discus dengan Baik dan Benar Bagi Pemula

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ikan Discus, berikut penjelasannya.

Langkah Memelihara Ikan Discus dengan Baik dan Benar Bagi Pemula

Ikan hias discus mempunyai bentuk berwarna warni yang indah dan memikat perhatian peternak ikan. Ikan hias discus diibaratkan membutuhkan fase pemeliharaan yang lebih besar dari pada ikan hias lainnya.

Kualifiasi pemeliharaan dasarnya ialah aquarium yang cukup besar dan air yang jernih dan bersih yang normal. Ikan hias discus bisa dipelihara dengan beragam macam ikan hias lainnya, selama mereka memperlukan keadaan air jernih dan bersih yang sama, akan tetapi ikan hias discus tidak sesuai dengan ikan yang berangasan.

Beberapa persoalan yang sangat sering berlangsung mengenai ikan hias discus ialah ikan menjadi tekanan atau menjadi stres. Kondisi tersebut menimbulkan ikan hias discus mudah terjangkit penyakit. Selain itu, setiap aquarium memiliki dominan mikroorganisme yang berguna bagi ikan dan pengakibatkan penyakit pada ikan. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak akan berlangsung jika para pencinta ikan hias discus memahami langkah memilihara ikan hias discus tersebut.

Langkah Memelihara Ikan Discus

Berikut ini terdapat beberapa langkah-langkah memelihara ikan discus, yakni sebagai berikut:


1. Menyiapkan Perangkat yang Diperlukan

Kondisi di dalam aquarium paling berdampak mengenai kesehatan ikan hias discus. Untuk itu, para pecinta harus menyiapkan beberapa perangkat dan persiapkan yang diperlukan. Salah satu perangkat yang diperlukan ialah heater.

Artikel Terkait:  √Perhatikan! Cara Beternak Budidaya Belut dalam Tong

Heater tersebut berfungsi untuk menyiapkan keadaan panas di dalam air aquarium. Saat temperatur di dalam air dingin, para pecinta ikan discus dapat memakai media ini untuk mengelola temperatur yang diperlukan oleh ikan hias discus. Biasanya, temperatur normal untuk ikan hias discus kurang lebih 27°C hingga 32 °C.


2. Temperatur dan pH Aquarium

Berikut ini terdapat beberapa temperatur dan pH aquarium, yakni sebagai berikut:

  • Temperatur aquarium idealnya untuk ikan hias discus ialah 28°C hingga 31°C. Butuh diingat-ingat bahwa temperatur air yang lebih besar bisa menyusutkan kadar oksigen di dalam aquarium tersebut.
  • Optimal ph air untuk ikan hias discus ialah kurang lebih 6,5. Jika ph air lebih dari 7 ataupun di bawah 6 bisa mengakibatkan ikan hias discus menjadi stres. Macam Ikan hias discus sudah populer meningkat di ph sebesar 7,8 jika terdapat sedikit transformasi.
  • Keadaan air relatif harus 1dh hingga 8dh. Ini akan sesuai seperti keadaan relatif serupa dengan sungai amazon. Beberapa tank dibutuhkan untuk menahan dh lebih besar. Kondisi air bisa lembut dengan penggandaan sepotong kayu apung ke dalam aquarium tersebut.
  • Untuk kadar air ikan hias discus jenis jantan dan betina bisa tumbuh berupa kurang lebih 6,5 selama dua tahun.

3. Menjaga dari Amonia

Ikan hias discus lebih rawan mengenai kadar amonia. Akan tertampak terdapat penyusutan dari warna ikan discus dan nafas menjadi berat jika amonia datang. Transformasi air terus dibutuhkan.


4. Penggantian Air Aquarium

Berikut ini terdapat dua pergantian air aquarium, yakni sebagai berikut:

  1. Ikan hias discus memerlukan air aquarium yang diubah kurang lebih 50% setiap minggu untuk menurunkan nitrat dan kandungan mineral. Ikan hias discus ialah pemikat dan penyokong besar untuk nitrat dalam aquarium. Benarkan deklorinat air sebelum berganti.
  2. Ikan hias discus biasa digabungkan dengan aquarium yang sudah dipasang tangki dengan suntukan CO2 biasanya akan membuktikan ph rendah kurang lebih 6,8 yang komplet untuk ikan hiasdiscus. Ikan hias discus ialah jenis ikan dari sungai amazon akan merasa misalnya di rumah jika ditambahkan dengan larutan hias tanaman batang.
Artikel Terkait:  √Cara Memelihara Ikan Mas Koki

4. Hiasan di Aquarium

Kayu apung lebih baik untuk menopang ikan hias discus tersebut merasa di rumah. Ini akan meningkatkan keindahan aquarium dan juga akan melunakkan air dan menyusutkan ph untuk lingkungan yang cocok.


5. Pencahayaan pada Aquarium Ikan Hias Discus

Pencahayaan pada aquarium ikan hias discus juga berupa aspek penting dalam memelihara ikan hias discus. Berikanlah pencahayaan yang komplet pada aquarium ikan ikan discus. Selain bisa membentuk ikan hias discus menjadi sehat.

Pencahayaan juga bisa membentuk ikan hias discus sobat tertampak lebih menarik dan indah. Akan tetapi, pencahayaan biasanya memberikan temperatur yang panas mengenai aquarium ikan hias discus. Oleh sebab itu, cocokkanlah pencahayaan pada aquarium ikan hias discus.


6. Melindungi Kebersihan Kadar Air

Unsur utama yang memperdampak keadaan kesehatan ikan ialah keadaan air itu sendiri. Jika para pecinta ikan discus jarang mengganti air aquarium, maka ikan hias discus akan mudah terjangkit berbagai penyakit. Oleh sebab itu, air yang kurang bersih diperoleh banyak terjangkit bakteri jahat. Oleh sebab itu, para pecinta ikan discus harus selalu melindungi kebersihan kadar air aquarium ikan hias discus.

Biasanya, pergantian air yang bagus dijalnkan ialah seminggu 2 kali ataupun jika para pecinta ikan discus sungguh-sungguh sibuk, para pecinta ikan discus dapat membersihkan aquarium ikan hias discus dalam waktu seminggu sekali. Cara mengubah air aquarium pun tidak sekaligus diubah semuanya. Akan tetapi, mengubahnya dibuat berlahan-lahan.


7. Makanan untuk Ikan Hias Discus

Memberikan makanan yang terbaik bagi ikan hias discus kesayangan para pecinta ikan discus bisa memperoleh ikan hias discus yang sehat dan bisa berkembang dengan baik. Di daerah alamnya, ikan hias discus tergolong ikan yang makan semuanya. Biasanya, makanan yang dimakan ikan hias discus tersebut berbentuk larva serangga, cacing dan buah buahan. Makanan tersebut dapat  para pecinta ikan discus praktekkan untuk ikan hias discus kesayangan para pecinta ikan discus.

Artikel Terkait:  √Budidaya Ikan Oscar

8. Memberikan Makanan Alami

Makanan alami ialah makanan yang diambil secara langsung dari alam ataupun bisa yang telah tersaji di alam bebas tanpa para pecinta ikan discus meraciknya terlebih dahulu. Berikut ini terdapat beberapa makanan alami untuk ikan discus, yakni sebagai berikut:

  1. Infusoria dan rotifera
  2. Kutu Air
  3. Cacing Tubifex
  4. Blood Worm atau Cacing Darah
  5. Jentik Nyamuk
  6. Telur Udang
  7. Artemia

9. Saran Makanan Terbaik

Ikan hias discus berbentuk karnivora, maka makanan terbaik ialah dengan menggunakan cacing darah, jantung sapi dan pelet. Jantung sapi sangat baik untuk makanan ikan hias discus. kekurangan dari jantung sapi ialah bisa mengotori tangki. Jadi, pastikan untuk menjalankan perawatan teratur dan mematikan filter selama seminggu.

Untuk pencorakan terbaik dari ikan hias discus para pencinta ialah mesti untuk memberi mereka makanan yang beraneka ragam dari olahan dan makanan beku. Ikan hias discus biasanya sangat kurang menyukai makanan di permukaan air.


10. Makanan Buatan

Makanan buatan ialah pakan ikan yang diolah oleh manusia. Makanan buatan tersebut lebih efektif dan efisien dalam memberikan makanan. Makanan tersebut lebih efisien untuk diperoleh. Biasanya, di setiap toko ikan pasti menjual makanan buatan.


11. Jauhkan dari Lalat

Siagalah mengenai lalt, karena mereka sering membawa parasit yang bisa mengakibatkan ikan hias discus para pencinta berupa tidak sehat.


Sekian Materi Pada Hari Mengenai Perikanan Dengan Materi Langkah Memelihara Ikan Discus dengan Baik dan Benar Bagi Pemula

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: