√7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana

√7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Cocor Bebek berikut penjelasannya.

7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana

Cara menanam cocor bebek sangatlah mudah, tanaman yang satu ini bisa tumbuh subur dimana saja. Cocor bebek sendiri populer sebagai tanaman hias, bentuk daunnya yang terlihat unik membuat banyak orang tertarik ingin memeliharanya. Daun cocor bebek berwarna hijau tua dan pada pinggiran daun umumnya diperoleh lekukan yang ditumbuhi oleh daun-daun kecil.

Daun-daun kecil tersebut bisa dijadikan bibit untuk menanam cocor bebek. Oleh karena itu, cara menanam cocor bebek sangatlah mudah, tidak seperti tanaman lain. Tetai, jenis tanaman cocor bebek sendiri tidak hanya satu, ada beberapa.

Bagi Anda yang tertarik ingin menanam cocor bebek di rumah, anda bisa mencoba cara menanam cocor bebek berikut ini. Caranya sangatlah mudah, anda tidak perlu takut untuk gagal, karena cocor bebek sendiri mudah untuk dibudidayakan.


Cara Menanam Cocor Bebek Hias Sederhana

Berikut ini terdapat beberapa cara menanam cocor bebek hias sederhana, antara lain:


#1. Pembenihan Cocor Bebek

Berbeda dengan cara menanam budidaya pada umumnya, cocor bebek adalah jenis tanaman yang sangat mudah ditanam dan mempunyai potensi tahan serta pertumbuhan yang baik. Perlu anda ketahui, bahwa tanaman cocor bebek adalah jenis tanaman adventif, yakni tanaman yang reproduksinya bisa dijalankan melewati pucuk atau kecambah daun.

Artikel Terkait:  √Budidaya Salak

#2. Persiapan Lahan

Sesudah anda persiapkan pembenihan, selanjutnya anda harus persiapkan lahan tanam yang tepat, supaya tanaman cocor bebek anda bisa berkembang dengan subur. Untuk tanaman cocor bebek sendiri anda tidak perlu bingung untuk memilih lahan tanam, anda dapat memilih untuk menanamnya di keliling pekarangan, halaman rumah maupun ketika anda tidak mempunyai lahan yang tepat, maka anda bisa memakai beberapa media tanam seperti polybag atau media lahan lainnya.


#3. Persiapkan Pot atau Polybag

Tanaman cocor bebek akan terlihat cantik jika ditanam di pot, bukan di tanah. Anda bisa mempersiapkan pot atau polybag lalu mengisinya dengan tanah dan pupuk kompos, sebaiknya perbandingan 2:1. Aduk-aduk supaya tanah dan pupuk kompos dapat tercampur merata, lalu siram dengan sedikit air.


#4. Penanaman Cocor Bebek

Cara menanam cocor bebek selanjutnya adalah penanaman cocor bebek. Anda bisa memakai daun cocor bebek yang sudah tua atau daun cocor bebek kecil yang ada di lekukan daun cocor bebek tua. Letakkan saja daun cocor bebek tersebut di tanah, Anda dapat sedikit menekannya ke dalam tanah agar tidak terbang ketika terkena angin. Sangat sederhana bukan cara menanam cocor bebek yang satu ini.


#5. Perawatan Tanaman Cocor Bebek

Tempat tanaman cocor bebek mudah sekali untuk tumbuh dan penyesuaian dengan lingkungan serta lahan tanam, maka anda hanya perlu menyiramnya dan melaksanakan pemupukan secara rutin saja tidak perlu menjalankan perawatan macam-macam yang rumit dan susah.

Cara merawatnya sangat mudah dan sederhana anda tidak butuh untuk menggunakan biaya mahal, misalnya menjalankan perawatan pada tanaman jenis lain.


#6. Penyiraman Tanaman Cocor Bebek

Sebenarnya tanpa perawatan khusus, tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur dengan baik. Tetapi, akan jauh lebih baik ketika anda menjalankan perawatan terhadap tanaman cocor bebek. Cara menanam cocor bebek yang mudah tersebut dapat Anda coba di rumah. Untuk perawatannya sendiri, Anda dapat menyiram tanah dalam pot atau polybag tersebut secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah.

Artikel Terkait:  √Perhatikan! Peluang Budidaya Alpukat yang Menguntungkan

Akan tetapi, perlu anda ingat, jangan menyiramnya terlalu sering karena akan membuat tanaman cocor bebek layu dan cepat membusuk. Itulah cara menanam cocor bebek secara mudah dan sederhana yang dapat Anda coba.

Beberapa jenis tanaman cocor bebek memang sangat mudah tumbuh di mana saja. Bahkan daun-daunnya yang jatuh ke tanah dapat tumbuh subur tanpa perawatan khusus. Akan tetapi beberapa jenis lainnya biasanya membutuhkan perawatan tersendiri jika ingin tumbuh subur dan sehat.

Cara penanaman cocor bebek yang paling mudah memang dengan menggunakan daunnya. Beberapa tanaman cocor bebek ada yang berbunga, ada juga yang tidak berbunga. Jika ingin menanam cocor bebek sebaiknya pilih jenis cocor bebek yang dapat berbunga.


#7. Pemupukan dan Penyiangan Tanaman Cocor Bebek

Sama seperti cara menanam budidaya lainnya, selain pentingnya penyiraman untuk perawatan tanaman cocor bebek supaya tumbuh dengan subur dan tidak mudah layu maupun mati, cara selanjutnya meruapakan pemupukan dan penyiangan yang bisa anda jalanakan secara bersamaan dalam 1 waktu.

Untuk menjalankan pemupukan dan penyiangan pada tanaman cocor bebek, sama dengan ketika anda menanam tanaman di pot atau polybag.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perkebunan Dengan Materi 7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya:

Send this to a friend