√Cara Membersihkan Telinga Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Membersihkan Telinga Kucing, berikut penjelasannya:

Cara-Membersihkan-Kotoran-Telinga-yang-Kotor

Kebanyakan kucing menjaga kebersihan tubuhnya dengan sangat berhati-hati. Mereka bahkan membersihkan bagian dalam dan dalam telinga. Tapi kucing terkadang butuh bantuan membersihkan telinga mereka. Sebaiknya periksa telinga kucing terlebih dahulu untuk melihat apakah ada sesuatu yang berbahaya yang bisa berakibat fatal.


Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Kotor

Berikut penulis akan memberikan cara membersihkan telinga kucing dengan benar:


A. Periksa Terlebih Dahulu Telinga Kucing

Yaitu, sebagai berikut:


1. Periksa dahulu telinga kucing

Satu-satunya telinga kucing yang bisa Anda lihat ada di luar. Itu tidak dapat dilihat karena membran bagian dalam atau timpani sejajar dengan kepala..Berhati-hatilah jika kucing Anda mengantuk atau tersinggung. Proses perawatan berjalan lebih mudah dan aman. Kucing yang kurang senang cenderung untuk melawan dan mencakar ketika Anda memeriksanya.

Artikel Terkait:  √Mengatasi Kucing Stress Karena Pindah Pemilik

2. Pegang bagian atas telinga kucing

Balik telinga kucing Anda dengan hati-hati sampai bagian dalam terlihat jelas. Cobalah melihat lubang telinga kucing sejelas mungkin. Ikuti setiap telinga untukmembersihkannya. Lakukan pemeriksaan ini di ruangan dengan pencahayaan yang sesuai, seperti di dekat jendela atau di pencahayaan yang terang.


3. Putuskan apakah Anda perlu membersihkan telinga kucing Anda

Telinga kucing yang bersih berwarna merah muda, rendah kotoran telinga dan kotoran lainnya serta tidak berbau.
Membersihkan telinga kucing menunjukkan bahwa kucing dapat membersihkan telinga. Jika kucing Anda masih terlihat bersih, Anda tidak perlu membersihkannya.


4. Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh, bawa kucing Anda ke dokter hewan

Kucing biasanya memiliki kotoran telinga dan kotor di telinga mereka. Tetapi kehadiran kotoran lain di sekitar telinga kucing adalah tanda bahwa ada masalah dengan telinga kucing.  Debu yang tidak biasa di dalam atau di sekitar telinga kucing dapat membentuk nanah hijau atau kuning dan merah gelap atau hitam. Ini disebut sekresi abnormal dan dapat ditandai dengan infeksi bakteri, jamur, atau kutu. Bawa kucing Anda ke dokter hewan segera.


5. Hubungi dokter hewan Anda jika Anda mencium bau aneh di telinga kucing Anda

Demikian pula, jika tanda-tanda kemerahan dan edema muncul di atau di sekitar telinga kucing. Jika Anda hanya melihat kotoran  telinga, Anda bisa membersihkan sendiri telinga kucing di rumah.


B. Bersihkan Telinga Kucing

Yaitu, sebagai berikut:


1. Kucing Anda harus merasa nyaman

Beberapa kucing tidak suka membersihkan telinga mereka dan akan melawan. Bawa kucing Anda ke ruangan yang tenang tanpa hewan peliharaan lainnya. Anda mungkin perlu bantuan menangkap kucing sambil membersihkan telinga.  Bicaralah dengan teman yang membantu Anda menangkap kucing dengan lembut. Genggaman yang terlalu kuat membuat kucing liar dan membebaskan cakar mereka. Jika kucing menolak untuk bekerja sama, Anda bisa membungkus tubuh kucing (termasuk kakinya) dengan handuk tebal. Jika Anda merasa tidak nyaman saat membersihkan telinga, berhentilah. Jangan biarkan kucing Anda menggaruk atau menggigit.

Artikel Terkait:  √Jenis Jamur Pada Kucing

2. Beli cairan pembersih telinga.

Pembersih telinga yang baik hanya mengandung sedikit bahan kimia dan cepat kering. Anda dapat membelinya di dokter hewan atau toko hewan peliharaan yang terkenal.  Jika Anda tidak punya uang, Anda juga bisa membersihkan telinga kucing hanya perlu mencampur 1/2 cuka dan 1/2 alkohol pembersih. Gunakan cairan pembersih ini sedikit demi sedikit karena pembersih ini akan benar-benar sakit jika kucing Anda terluka atau terinfeksi. Air tidak boleh digunakan sebagai pembersih telinga, karena dapat menyebabkan jamur. Alternatif lain untuk membersihkan telinga kucing adalah menggunakan kapas yang dibasahi hidrogen peroksida dan minyak zaitun.


3. Simpan Pembersih telinga

Pembersihan telinga harus disimpan pada suhu kamar sebelum digunakan. Menjaga telinga kucingg Anda bersih pada suhu kamar akan membuat kucing Anda lebih nyaman saat membersihkan telinga Anda. Seperti kebanyakan orang yang tidak suka cairan dingin yang mengalir ke telinga mereka, kucing juga merasakan hal yang sama.


4. Masukkan beberapa tetes larutan pembersih telinga ke telinga kucing Anda.

Gunakan dosis yang tepat yang direkomendasikan pada label untuk instruksi. Lakukan satu per satu di telinga kucing. Pijat bagian bawah telinga selama 20 hingga 45 detik untuk membiarkan pembersih bekerja.  Jika Anda menggosok bagian bawah telinga, gunakan tekanan kuat tapi lembut. Jangan menggosok terlalu banyak, karena ini dapat merusak gendang telinga kucing Anda. Aturannya sederhana. Hapus hanya debu dan endapan kotoran telinga, tanpa menggosok.  Berikan dosis penuh mengikuti saran dokter hewan atau instruksi pada paket pembersihan telinga. Kalau tidak, sulit untuk merawat telinga kucing.


5. Biarkan kucing selama 1-2 menit.

Gelengkan kepala kucing Anda untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran telinga. Sapukan kapas atau kain kasa dengan lembut dan sesuaikan ke telinga kucing Anda.

  • Jangan mendorong terlalu dalam ke bagian horizontal lubang telinga. Debu tidak menumpuk dan tidak bisa dihilangkan.
  • Jangan gunakan penyeka telinga kecuali diarahkan oleh dokter hewan Anda.
  • Jangan bersihkan telinga kucing Anda terlalu dalam. Lapisan tipis lubang telinga bisa rusak, menghancurkan gendang telinga. Jika gendang telinga kucing  pecah, ia akan meraih telinganya, terluka, dll. Selain itu, ia akan kehilangan keseimbangan saat duduk dengan kepala miring. Jika Anda melihat tanda ini, bawa kucing Anda ke dokter hewan segera dan memeriksanya.
Artikel Terkait:  √Penyebab Anak Kucing Terlahir Buta

6. Akhiri proses pembersihan telinga dengan pujian, pelukan, hadiah.

Langkah ini dapat diajak bekerja bersama saat Anda melihat kucing tenang dan mendekatkan telinga kucing Anda nanti. karena kucing suka pujian dan kasih sayang.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 11 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Pada Kucing Kesayangan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :