√Cara Budidaya Bekicot

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Budidaya Bekicot, berikut penjelasannya:

Cara-Budidaya-Bekicot-yang-Baik

Bekicot atau Siput adalah jenis hewan yang dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari sate bekicot ke keripik bekicot, berbagai jenis hidangan yang terbuat dari pakan ternak telah menjadi komoditas ekspor.

Tentu saja, bahan baku, yang biasanya muncul di musim hujan, dapat dikelola secara intensif dalam bentuk siput, sehingga kemungkinan ini tidak hanya bergantung pada musim hujan.

Bekicot sering ditemukan di semak-semak, rumpun pohon pisang dan tempat-tempat lembab lainnya di sekitar rumah. Moluska ini sering dianggap sebagai hama karena merusak tanaman. Siput (Achatina fulica) adalah bekicot tanah milik suku Achatinidae.

Bekicot sangat mungkin untuk dikembangkan sebagai pakan ternak karena mereka mudah berkembang biak, murah, dan sangat produktif (dapat menghasilkan 200 telur sekaligus).

Luas lahan yang dibutuhkan dalam pertanian bekicot besar atau sedang, tergantung selera petani, dan jika Anda ingin hasil panen, tentu saja, ukuran lahan harus luas.

Langkah-langkah cara masuk ke alam liar:


1. Persyaratan lokasi yang baik untuk bekicot

Bekicot adalah hewan yang mudah diternakkan, jadi Anda harus memilih lokasi terbaik untuk mereka. Lokasi yang dibutuhkan terlindung (tidak terkena sinar matahari langsung). Pilih lokasi di mana tanah mengandung kapur. Karena itu penting untuk pembentukan cangkang.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Ayam Potong yang Menguntungkan

2. Buat Sangkar Bekicot

Bekicot dapat ditempatkan di lubang tanah, kotak kayu, tangki semen, drum atau wadah lainnya. Di bagian bawah kandang, bagian bawah ditutupi dengan tanah setebal 30 cm, dan dengan penambahan cacing, tanah tetap longgar. Cacing tanah juga berfungsi membersihkan kotoran siput. Kawas kasa dipasang di bagian atas kandang sehingga siput tidak keluar dari kandang. Jagalah agar kandang tetap lembab dan teduh pada suhu 25-30 ° C agar siput dapat berkembang biak.


3. Pilihan Ibu Siput

 Memilih pembiakan bekicot harus dilakukan karena menentukan apakah ternak bekicot telah berhasil dikembangkan. untuk menjadi peternak harus memilih bekicot yang baik secara fisik (tidak cacat), beratnya sekitar 70 gram (setidaknya panjang 6-7 cm). Kandidat bekicot dapat diperoleh di alam, yaitu, bekicot liar yang biasa ditemukan di kebun.


4. Pemeliharaan Ternak Bekicot

Kepadatan maksimum per meter persegi adalah 80 bekicot dewasa dan 100-150 bekicot sedang. Anak bekicot ditempatkan di dalam kandang pada malam hari dan ditempatkan dekat dengan makanan. Pakan bekicot selalu disediakan, dan makanan favorit bekicot adalah daun atau sayuran segar seperti kol, kol, bayam, sawi hijau, daun singkong, daun pepaya atau buah-buahan.
Jangan sampai sangkar bekicot terkena sinar matahari langsung, karena bekcot dapat berkembang biak dengan baik di tiram yang lembab dan teduh. Jika kandangnya kurang lembab, Anda bisa menyiraminya sesuai kebutuhan. Sangkar dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada hewan atau pemangsa bekicot lainnya yang masuk.


5. Peternak Bekicot

Hermafrodit (2 genitalia), tetapi bekicot masih menikah dengan bekicot lain  mulai dari pukul 21:00 hingga 06:00. Saat kawin, bekicot pindah ke tempat yang aman dan bertelur di mana-mana. Curah hujan meningkatkan aktivitas perkawinan karena meningkatkan kelembaban dan menurunkan suhu. Bekicot memiliki tiga periode bertelur setiap enam bulan. Dimungkinkan untuk menghasilkan 100-200 telur dalam satu periode pemijahan Bekicot.

Artikel Terkait:  √Ciri-Ciri Iguana Mengalami Infeksi

6. Merawat telur dan anak-anak bekicot

Setelah bertelur, bekicot harus dipindahkan ke kandang lain. Dalam 5-15 hari biasanya telur menetas. Bekicot yang baru menetas tinggal di tanah selama 5-15 hari. Setelah itu, anak Bekicot harus diberi makan buah atau sayuran yang dihancurkan halus.


7. Pisahkan anak bekicot  ke dalam sangkar yang diperbesar

Setelah 2-3 bulan, anak bekicot ditempatkan di dalam kandang yang diperbesar dan menerima makanan yang sama seperti bekicot dewasa. Bekicot membutuhkan kapur untuk tumbuh dan membentuk kerang, sehingga perlu menambahkan kapur ke pakan selama 4-5 bulan. Pada malam hari, bekicot diaktifkan dan diberi makan di sore hari.


8. Metode Pemanenan Bekicot

Bekicot dapat dipanen hingga 5-8 bulan. Pemanenan bekicot dilakukan dengan mengambilnya satu per satu dan menyimpannya dalam kotak kardus atau kotak kayu. Kemudian disiram untuk membersihkan debu pada cangkangnya.

Untuk memudahkan panen, Anda perlu memanen di malam hari. Bekicot makan makanan dicampur dengan terasi, dan aroma tajam dari terasi mengumpulkan bekicot dan memfasilitasi panen.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 8 Cara Mudah Budidaya Bekicot yang Baik dan Benar Di Rumah

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Hewan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: