√Kucing Tidak Mau Makan

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Kucing Tidak Mau Makan, berikut penjelasannya:

Cara-Mengatasi-Kucing-Tidak-Mau-Makan

Kucing kadang menjadi masalah bagi pemilik kucing. Penyebab kucing tidak mau makan secara tidak jelas. Mungkin jika manusia bisa makan lebih mudah, lalu mengapa tidak menginginkannya. Jika kucing tidak bisa berbicara bahasa manusia, bukan?

Kucing berbeda dari hewan lain, jadi jika Anda tidak makan hanya satu hari, Anda rentan terhadap penyakit.

Mengapa?


Secara umum, untuk hewan yang tidak makan makanan, energi yang dihasilkan untuk proses fisiologis tubuh dapat digunakan dengan membakar lemak yang tersimpan dalam jaringan tubuh hewan.

Tetapi sangat tidak efisien untuk kucing.

Menurut sumber terpercaya yang kami peroleh, ada perubahan metabolisme, yang bisa disebut fatosis hati, menyebabkan kerusakan jaringan hati selama proses pembakaran lemak pada kucing. Karena itu, jika kucing tidak makan, hati rusak seperti fungsi hati manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kucing mati.


Penyebab Kucing Tidak Mau Makan 

Ada banyak alasan mengapa kucing tidak mau makan. Berikut beberapa alasannya:


1.  Makanan

Makanan yang Anda tawarkan mungkin salah satu alasan kucing Anda tidak mau memakannya. Karena kucing itu sendiri bosan dengan makanan yang sama. Ya Kucing sama dengan manusia dan bisa membosankan dengan makanan yang sama. Untuk melakukan itu, Anda perlu mempertimbangkan jenis makanan yang disukai kucing sehingga pemiliknya dapat menawarkan menu makanan yang berbeda.


2. Nafsu makan

Banyak kali kesamaan dengan manusia, terkadang kucing bisa kehilangan nafsu makan. Ini mungkin bukan karena penyakit, tetapi kekurangan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Siapa pun yang menyukai kucing harus memperhatikan semua komponen vitamin yang masuk ke dalam tubuh kucing agar kucing hidup kelaparan.

Artikel Terkait:  √Proses Pertumbuhan pada Kucing

3. Rongga mulut

Nyeri mulut pada kucing itu sendiri bukan tidak mungkin. Karena sakit kepala ini, penyebab dan metode penanganan kucing memerlukan perhatian khusus. Ini karena kucing yang Anda alami kehilangan selera makan dan bisa sakit saat Anda mengunyah atau menelan. Untuk mengetahui apakah mulut kucing buruk, Anda bisa membuka mulut kucing dan menciumnya. Jika ada luka dan bau, Anda bisa mengecek apakah ada rasa sakit di mulut.


4. Gangguan sistem pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kucing sensitif terhadap sistem pencernaan dan sering mengalami gangguan. Jika kucing mengalami masalah pencernaan, ia kehilangan nafsu makan. Alasan tidak mau makan karena masalah pencernaan sendiri harus dipertimbangkan dengan cermat. Ada banyak penyebab gangguan pencernaan kucing, seperti makanan yang tidak cocok, sehingga ada keberadaan parasit seperti benda asing, cacing dan bakteri lain yang masuk ke sistem pencernaan.


5.Bosan

Bosan merupakan alasan sebagian orang untuk malas makan, begitu juga dengan kucing.Kasus ini terjadi untuk banyak ras kucing khususnya kucing persia dan biasanya kucing cenderung lebih suka tidur dibanding biasanya.


6. Sakit

Kucing juga bisa sakit, kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas. Nyeri pada kucing itu sendiri tidak selalu menjadi masalah dengan sakit mulut atau gangguan pencernaan, tetapi ada banyak penyakit lain yang dapat menyerang kucing kesayangan Anda.

Ciri-ciri kucing yang sakit itu sendiri selalu disertai dengan muntah dan kehilangan nafsu makan. Alasan penyakit itu sendiri harus akurat dan benar sesuai dengan diagnosis yang diberikan. Penyakit yang dapat menyerang kucing termasuk radang pankreas, kanker, perubahan lingkungan bakteri di usus, virus, dll. Seperti yang Anda tahu, penyebab kucing yang tidak ingin Anda makan sendiri bisa menjadi tanda bahwa kucing Anda menderita penyakit serius. Karena itu, Anda perlu mengenal pejalan kaki berbahaya yang dapat menyerang kucing kesayangan Anda.


7. Malas

Seringkali kucing itu sendiri merasa malas, terutama pada ras kucing Persia. Ini tidak terlalu mengkhawatirkan sendiri, mengundang kucing untuk bergerak seolah-olah bermain dan memancing dengan makanan favoritnya.


8. Stres

Kucing juga salah satu hewan yang mudah stres. Stres terjadi karena berbagai alasan, dari perubahan lingkungan hingga kurangnya perhatian. Ini saja memungkinkan kucing untuk menyerang nafsu makan. Karena itu, selalu perhatikan semua kebutuhan kucing.

Artikel Terkait:  √Fungsi Pembuluh Arteri Pada Kucing

9. Nafsu Birahi

Pada nafsu kucing akan mengalami masalah kehilangan nafsu makan. Ini adalah proses yang sangat alami, karena pada nafsu kucing akan lebih fokus pada menemukan dan mengawinkan pasangan.


10. Perubahan cuaca

Penyebab dan cara selanjutnya berurusan dengan kucing adalah menghindari makan karena perubahan cuaca. Kucing itu sendiri menyukai kondisi cuaca hangat, jadi lebih baik minum susu hangat daripada kucing lebih suka tidur di cuaca panas dan memilih makan di cuaca dingin. Pemilik harus menjaga suhu ruangan tetap hangat dan kering.


Cara Mengatasinya Tidak Mau Makan Kucing

Tidak ingin mengatasi kucing? ada cara supaya kucingmu mau makan, Seperti ini:


1. Berikan varian makanan

Sangat cocok untuk kucing yang bosan pada makanan yang sama, dengan menyediakan varian makanan yang berbeda sehingga kucing Anda tidak bosan dengan makanan yang disediakan.Misalnya, jika Anda pribadi, Anda menggunakan meo, yang rasanya seafood. Setelah waktu yang lama, sepertinya kucing mulai bosan, Atau jika Anda ingin lebih banyak variasi, campur rasa makanan.


2. Memancing Nafsu Makan

Hal berikutnya agar kucing ingin makan adalah mendekatkan makanan ke hidung kucing. Hanya dengan cara ini, bisa makan makanan yang baunya enak dan rasanya enak untuk kucing Anda. Bagaimana caranya? Sangat mudah untuk menyelipkan makanan di dekat hidung kucing Anda, atau menggosok daging kucing, atau makanan yang basah ke mulut atau hidung kucing. Aroma lezat makanan kucing diharapkan bisa memancing selera kucing.


3. Makanan Kucing

Jika kucing Anda sakit atau lemah, beri makan kucing Anda untuk terus makan. Anda bisa menggunakan sendok kecil, tangan atau jarum suntik (suntikan tanpa jarum), dan tentu saja, makanan yang disediakan tergolong makanan basah kalengan.

Tetapi jika Anda hanya memiliki makanan kering, lebih baik hancurkan dengan air hangat. Oh ya, berhati-hatilah saat menggunakan jarum suntik! Anda perlu memperlakukan kucing untuk makan dengan lembut dan tidak tertidur, memegang kepala kucing dan membuat suntikan makanan cair di sisi mulut kucing dan kemudian perlahan-lahan menekan injeksi untuk membiarkan kucing menelan makanan. Jangan membentaknya, kucing akan tersedak.


4. Perawatan Penyakit Mulut

Jika kucing memiliki penyakit mulut, ia dapat diobati dengan obat manusia.

Artikel Terkait:  √Jenis–Jenis Bau Yang Tidak Disukai Kucing

5. Berikan vitamin

Tawarkan vitamin yang mengandung B complex dan lysine (amino acid lysine), tersedia di apotek terdekat, seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion, dan ambil tindakan untuk anak-anak. Vitamin ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan nafsu makan kucing lemah yang tidak mau makan, tetapi juga untuk pencegahan virus herpes atau flu kucing. Tapi sebelum memberi vitamin kucing. Beri dia makan sedikit atau sediakan makanan di dekatnya. Ini untuk mencegah iritasi pada perut kucing dan mencegah kucing muntah.


6. Undang untuk bermain

Mungkin kucing jarang bermain atau melakukan kegiatan, dan mereka dapat mempengaruhi selera Anda karena mereka terbiasa bermain sejak awal, mereka tidak mudah dan membosankan. Cara termudah untuk melempar kucing ke pikirannya yaitu  dengan tali dan menangkap tali untuk dilemparkan.


7. Sediakan tempat yang nyaman

Kucing akan mengalami tahap suram karena lingkungan yang tidak dia kenal untuk kucing yang baru saja Anda adopsi. Buat lingkungan tempat tinggal Anda dan kucing Anda senyaman mungkin. Jika memungkinkan, tinggal jauh dari kucing jahat yang mengganggu itu. Jika kucing anda merasa baik, beri makan secara teratur. Misalnya, jika Anda menyediakan semacam tempat untuk disembunyikan atau dipojokkan kucing Anda.


8. Pasokan tabung

Seperti namanya, pasokan tabung diumpankan dengan memasukkan makanan langsung ke perut melalui tabung. Metode ini mempersiapkan Anda untuk keadaan darurat hanya jika Anda telah melakukan berbagai upaya. Jika memungkinkan, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan kucing atau dokter.


9. Bawa ke dokter

Jika kucing Anda sakit, jadilah pemilik kucing tercinta yang memiliki masalah perut atau masalah yang tidak Anda ketahui dan kucing tetap tidak mau makan. Kunjungi dokter hewan segera.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 19 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan 

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing. Terima Kasih …!!!


Baca Juga Artikel Lainnya: