√Hama Tanaman Lada

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Hama Pada Tanaman Lada, berikut penjelasannya:

Hama-Pada-Tanaman-Lada

Hama Pada Tanaman Lada

Petani lada sering mengeluh tentang kegagalan panen karena hama di tanaman mereka. Jadi, bagi Anda untuk lebih memahami, di sini kami menjelaskan jenis hama utama tanaman lada sehingga mereka tidak mengganggu budidaya tanaman ini.


  1. Lophobaris piperis

Nama latin dari hama penggerak  batang , yang sering mengganggu pertumbuhan tanaman lada ini sangat berbahaya bagi petani lada. Ini termasuk jenis hama utama tanaman lada yang perlu segera dihapus dan ditangani dengan benar. Ulat tidak hanya merusak tanaman lada, tetapi juga dalam jangka panjang dapat merusak pucuk tanaman dan mengurangi produktivitas tanaman. Menggunakan jamur beuveria bassiana dapat digunakan sebagai alternatif untuk membasmi hama lubang batang lada ini.

Caranya: Area kanopi tanaman lada dapat ditaburi jamur atau dicampur dengan kompos atau tanah lapisan atas. Anda kemudian dapat menggunakan agen pemadam ini yang mengandung bahan kimia untuk menghentikan serangan hama yang satu ini.


2. Diconocoris hewetti

Hama berikutnya yang termasuk dalam kategori hama  tanaman lada adalah hama pengisap bunga.

Hama ini dapat merusak tanaman lada di tahap dewasa dan tahap nimfanya. Hama ini menyerang tandan dan bunga lada, sehingga tidak dapat menghasilkan putik buah sempurna, yang menyebabkan gagal panen. Di bawah serangan hama baru ini, semua bagian bunga lada rusak. Bunga yang terserang akan mengalami keguguran sebelum ovarium terbentuk. Potong bundel yang terinfeksi untuk membasmi mereka.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Kubis

3. Dasynus Piperis

Jenis hama tanaman lada terakhir adalah buah penghisap hama. Itu juga diklasifikasikan sebagai hama yang berbahaya bagi petani lada. Biasanya, serangan hama ini dilakukan pada sore dan pagi hari, pada sore hari hama bersembunyi di tanaman lada. Serangan hama ini akan menyebabkan komponen buah kosong atau kosong pada buah muda.

Menyerang buah-buahan tua bisa menyebabkan buah-buah itu jatuh dan mengering. Sangat penting untuk menghancurkan telur hama ini, yang biasanya ditemukan di tandan buah, terong dan cabang tanaman lada.


Itu tadi 3 jenis hama tanaman lada, informasi keseluruhan tentang jenis utama tanaman hama harus diketahui, terutama bagi petani lada.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi 3 Jenis Hama yang Sering Menyerang Tanaman Lada

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Tanaman. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :