√Jenis Vaksin Pada Kucing

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Jenis Vaksin, berikut penjelasannya:

Jenis-Vaksin-Pada-Kucing

Karena kucing rumah tangga adalah bayi dan orang dewasa, mereka membutuhkan vaksin seperti halnya manusia ketika divaksinasi. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menjaga kucing peliharaan kebal terhadap penyakit kucing berbahaya.

Namun, pemilik kucing jarang bingung. Apa perbedaan vaksin untuk kucing? Berdasarkan pedoman AAFP (American Feline Practitioner Association), jenis-jenis vaksin untuk kucing peliharaan adalah: 6 vaksin kucing yang berbeda.


Jenis Vaksin Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa jenis vaksin pada kucing, antara lain:


1. Vaksin panleukopenia herpesvirus calicivirus (FVRCP / HCP)

Tujuan dari jenis vaksin ini pada kucing peliharaan adalah untuk mencegah beberapa penyakit kucing berbahaya yang umumnya menyerang kucing peliharaan. Kucing dijalankan pada usia 3-4 mgg hingga mencapai 16 mgg, kemudian dilanjutkan lagi setelah injeksi terakhir.

Selain itu, jenis vaksin kucing peliharaan ini diulang setiap 3 tahun. Jenis vaksin untuk kucing peliharaan ini dimaksudkan untuk mencegah penyakit kucing burung (panleukopenia, calicivirus, rhinotracheitis) / tetracat (panleu, badak, calici, klamidia).


2. Vaksin leukemia kucing

Vaksin jenis ini untuk kucing rumahan dianjurkan. Jika kucing peliharaan sering keluar rumah, dokter hewan merekomendasikan pemberian vaksin jenis ini kepada kucing peliharaan setahun sekali. Namun, jika kucing peliharaan hanya di dalam rumah (di dalam pintu), mungkin atau mungkin tidak dilakukan.

Artikel Terkait:  √Manfaat Steril Pada Kucing Betina

3. Vaksin Tricat (untuk kucing peliharaan 8-10 Mgg)

Vaksin kucing peliharaan jenis ini membantu mencegah leukopenia kucing, rhinotracheitis kucing, dan calicivirus kucing, yang merupakan penyakit kucing berbahaya pada kucing peliharaan. Sebelum melakukan vaksin semacam ini

Untuk kucing peliharaan ini, adalah teman yang baik untuk melakukan pemeriksaan dokter hewan umum. Setelah diberikan jenis vaksin untuk kucing peliharaan saya, saya diberi obat cacing.


4. Vaksin tetracat (untuk kucing peliharaan 12-14 Mgg)

Jenis-jenis Vaksin Kucing Hewan Piaraan Manfaat Tetracat adalah: Penyakit kucing berbahaya pada kucing, leukopenia pada kucing, rhinotracheitis pada kucing, felina calicivirus, klamidia. Nah, sobat, jenis-jenis vaksin untuk kucing peliharaan tentu hampir sama dengan jenis-jenis vaksin untuk hewan peliharaan di Tricat.

Fungsionalitasnya sedikit berbeda dari tricat. Tahap pemberian jenis vaksin ini untuk kucing peliharaan agak sama dengan Tricat, tetapi jika usia kucing peliharaan adalah 12 mg, vaksin jenis kucing peliharaan tidak akan diberikan obat cacing. Hmm.


5. Vaksin rabies (untuk kucing peliharaan usia 20 Mgg)

Jelas temanku. Vaksin semacam ini untuk kucing domestik pasti akan menjaga kucing peliharaan bebas dari rabies. Memang, rabies menyerang kekebalan kucing peliharaan dan menginfeksi siapa pun yang berhubungan langsung dengannya, termasuk manusia. Jika kucing peliharaan Anda menderita rabies, gunakan sarung tangan, jika mungkin, untuk menghindari air liur dan menggigit.


6. Fibrosarkoma terkait vaksin

Nah, teman, vaksin ini untuk mencegah fibrosarcoma, tumor jaringan ikat yang dapat menyerang kucing.


  • Vaksin yang mencegah alergi berbahaya dari penyakit dan vaksin lainnya

Tumor ini cenderung menyebar ke jaringan di bawahnya. Menurut dokter hewan, frekuensi tumor ini meningkat pada kucing peliharaan, beberapa di antaranya disebabkan oleh reaksi lokal terhadap jenis vaksin pada kucing peliharaan.

Artikel Terkait:  √Manfaat Suntik Jamur Pada Kucing

Tumor ini sering terdengar keberadaannya, tetapi kenyataannya kejadiannya sangat jarang. Prediksi terakhir untuk insiden tumor ini adalah satu dari 10.000 hingga 30.000 kucing domestik jenis vaksin, yang paling banyak

Hewan peliharaan FeLV terkait dengan jenis vaksin untuk kucing. Dokter hewan mencurigai bahwa penyebab tumor ini adalah reaksi abnormal terhadap jenis vaksin, kecenderungan genetik, dan infeksi virus lainnya pada kucing peliharaan.


  • Pemberian yang Dianjurkan

Risiko vaksin pada kucing peliharaan yang terkait dengan fibrosarcoma mengharuskan dokter kucing peliharaan untuk memberikan vaksin pada kucing mereka. Ini menyebabkan rekomendasi bahwa kucing peliharaan tidak terkena infeksi FeLV

Itu tidak harus menjadi vaksin jenis kucing peliharaan terhadap penyakit kucing berbahaya ini. Jenis vaksin ini direkomendasikan untuk kucing peliharaan, karena kucing peliharaan yang biasanya terpapar juga berisiko mengembangkan FeLV dan berisiko lebih tinggi untuk membentuk sarkoma.


  • Efek samping sementara

Pembengkakan kecil yang menyakitkan tidak jarang terjadi di daerah di mana kucing peliharaan divaksinasi. Gejala-gejala ini akan hilang dalam beberapa minggu. Jika masih tidak hilang, Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter hewan karena dapat menyebabkan sarkoma. Jenis-jenis vaksin kucing peliharaan yang berhubungan dengan sarkoma umumnya ditemukan dengan gejala:

  1. Benjolan itu terjadi setelah lebih dari 3 bulan jenis vaksin kucing peliharaan
  2. Diameter biasanya lebih dari 2 cm
  3. Setelah sebulan jenis vaksin kucing peliharaan, ukuran benjolan terus meningkat.

Bicaralah dengan dokter hewan Anda jika gejala-gejala ini terjadi pada kucing peliharaan Anda.

Nah, teman, sebagai informasi tambahan, Anda juga perlu mengetahui hal lain tentang vaksin, yaitu tentang berapa lama vaksin mulai bekerja:

Vaksin kucing peliharaan tidak, karena jenis vaksin kucing peliharaan tidak secara langsung merangsang kekebalan. Ketika kucing peliharaan divaksinasi, antigen diidentifikasi, ditanggapi, dan disimpan oleh sistem kekebalan kucing peliharaan.

Artikel Terkait:  √Perbedaan Minyak Ikan Untuk Kucing Dan Manusia

Secara umum, perlindungan terhadap penyakit kucing berbahaya tidak dimulai sampai 5 hari setelah jenis vaksin kucing peliharaan. Biasanya dilindungi sepenuhnya pada hari ke-14. Dalam beberapa kasus, kucing peliharaan mendapatkan lebih dari dua kali lipat jenis vaksin

Memberikan perlindungan yang baik pada interval beberapa mgg. Secara umum, vaksin hidup yang dimodifikasi dan vaksin kucing peliharaan Jenis vaksin kucing peliharaan yang diberikan secara intranasal memberikan perlindungan yang lebih cepat.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi 6 Jenis Vaksin Pada Kucing yang Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :