√Cara Gampang Budidaya Nanas

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Cara Gampang Budidaya Nanas, berikut penjelasannya:

Cara-Gampang-Budidaya-Nanas

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara menanam nanas yang baik dan benar. Pantau terus artikel ini untuk mendapatkan nanas berkualitas baik. Nanas atau nama latin Ananas comous adalah jenis buah yang dapat digunakan sebagai bahan atau hidangan pelengkap. Melengkapi hidangan ini, nanas digunakan sebagai bahan yang bisa membawa hidangan seperti ayam dan sapi. Bahkan nanas berfungsi sebagai obat alternatif.
bagaimana? Tertarik menanam nanas ini sebagai bahan pertanian? Sekarang Anda bisa mulai menanam buah-buahan, sejenis semak.


Apa Si Buah Nanas?

Asal usul nanas pada awalnya tumbuh hingga menyebar dari Malaysia ke Indonesia, dari daratan Brasil hingga daratan Amerika Serikat. Nah, nanas ini pertama kali mulai menyebar ke Indonesia hanya sebagai tanaman pekarangan. Karena itu, budidaya belum mencapai. Karena itu, pada awalnya, nanas ini hanya aristokrat di Indonesia. Karena itu, makan nanas saat itu sangat sedikit orang di kelas menengah.

Sekarang saya sudah mulai menanam banyak nanas. Bahkan nanas mulai menjadi salah satu sektor bisnis di bisnis pertanian atau di sektor pertanian. Pada dasarnya menanam nanas adalah pemula di bidang pertanian, tetapi sangat mudah diterapkan. Karena itu, setelah membaca artikel ini tentang cara menanam nanas, Anda bisa mencoba
Keuntungan dari Nanas. Bagaimana dengan nanas berkualitas? Tentu saja, nanas ini manis dan agak masam berwarna kuning. Tanaman ini juga memiliki sifat runcing, berdaun panjang yang membuat tanaman nanas ini memiliki karakteristik dan bentuk yang unik.

Biasanya, nanas digunakan sebagai bahan utama dalam salad. Jadi jika Anda makan rujak, saya pikir masih ada sesuatu tanpa nanas. Juga, seperti yang disebutkan di atas, nanas dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak, yang berfungsi sebagai pelembut dalam tekstur daging dan memberikan hidangan rasa segar.
Nanas tidak hanya bahan utama dalam bahan makanan dan salad, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan pajangan di halaman. Ini karena tanaman nanas memiliki bentuk yang unik sebagai pajangan dan dekorasi di halaman rumah. Sangat indah ketika Anda melihat tanaman nanas ini dengan daun runcing dan bentuk mahkota.


1. Lahan Untuk Menanam Nanas

Tanaman nanas sangat cocok untuk hidup di dataran tinggi. Seperti buah manis dan asam lainnya, seperti stroberi, buah naga, jeruk, dll., Nanas ini hanya bisa hidup di dataran tinggi.
Kesimpulannya, buah-buahan yang hidup di dataran tinggi memiliki karakteristik buah-buahan manis dan sedikit keasaman. Salah satunya adalah nanas.

Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Jamur Enoki

Tapi nanas sebenarnya bisa tumbuh di daerah dengan lahan lebih sedikit. Karena itu, rumah banyak pekarangan penuh dengan tanaman nanas. Tetapi perbedaan antara nanas yang tumbuh di dataran tinggi lebih tinggi daripada nanas yang tumbuh di dataran rendah. Sebagian besar nanas yang tumbuh di dataran rendah lebih kecil dan lebih bulat daripada nanas yang tumbuh di dataran tinggi.


a. Iklim

Tanaman nanas, cocok untuk daerah tropis. Jika nanas adalah buah kuning, ini mungkin salah satu faktor. Karena itu, Indonesia sangat cocok untuk menanam tanaman nanas sebagai bisnis pertanian. Karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak petani mulai menanam nanas sebagai ladang bisnis.


b. Tanah

Tanah adalah media pertumbuhan di mana tanaman nanas tumbuh dan berkembang. Nah, tanah gembur, sangat cocok untuk tanaman buah nanas ini. Oleh karena itu, tanah yang subur dan gembur dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman nanas.

Tanah subur, seperti tebu, dapat digunakan untuk menanam tanaman nanas. Anda juga bisa menanam nanas menggunakan media tanam dalam bentuk tanah vulkanik. Cocok untuk menanam nanas, serta tanah gembur, adalah tanah dengan komponen organik. Dengan kata lain, tanah organik ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman nanas untuk irigasi dan ekstraksi nutrisi nanas melalui akar.


Tetapi tanaman nanas ini sebenarnya membutuhkan sinar matahari langsung selama 9 jam sehari. Karena itu, usahakan untuk tidak kehabisan sinar matahari langsung dalam sehari. Tanaman nanas tidak tumbuh optimal, yang mengurangi kualitas buah nanas saat panen. Dengan kata lain, tanaman nanas cocok untuk lingkungan dari 23 hingga 32 derajat Celcius.

Keasaman tanah yang cocok untuk budidaya nanas adalah sekitar 5,7-7 pH. Karena sifat drainase tanah, ini membantu dengan pertumbuhan dan penyerapan air melalui akar tanaman.
Lebih baik tidak menanam nanas selama musim hujan. Ini karena tanaman nanas tidak cocok untuk lingkungan hujan. Ini dapat menyebabkan tanaman layu dan membusuk.

Oleh karena itu, Anda dapat menyimpulkan bahwa penanaman nanas sangat cocok di area berikut:

  • Dari dataran rendah ke dataran tinggi
  • Iklim tropis,
  • Anda juga dapat memiliki tanah yang longgar dan subur atau tanah berpasir atau membuat tanah vulkanik.
  • Tanah organik,
  • Saat terkena sinar matahari langsung selama 9 jam sehari
  • Terletak antara 23 dan 32 derajat Celcius
  • Keasaman sekitar 5,7 hingga 7 pH.
  • Drainase tanah
  • Curah hujan yang cukup.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan benih adalah yang paling penting untuk menanam nanas dalam budidaya, termasuk menanam nanas. Jika Anda memilih biji nanas yang salah, Anda bisa mengatakan ‘gagal tanam’ karena Anda mendapatkan tanaman alias tidak memuaskan. Karena itu, jangan memilih biji yang salah.

Artinya, berhati-hatilah saat memilih biji. Saat membeli biji nanas di toko pertanian, Anda perlu memahami karakteristik biji nanas yang baik. Karena itu, penjual yang hanya untung di satu sisi tidak berbohong.
Ada tiga cara untuk menggunakan biji nanas ini. Berikut adalah tiga cara untuk memilih biji nanas berkualitas baik.

Artikel Terkait:  √Hama Tanaman Lada

a. Hasil Anakan

Anda bisa menggunakan biji nanas untuk membawa hasil bibit nanas. Pilih bibit nanas berkualitas tinggi dengan bentuk tubuh buah dan berat yang baik. Oleh karena itu, bibit nanas (alias bibit yang baik) menghasilkan taruhan dan bobot serta kualitas yang baik saat panen.


b. Vegetatif

Metode kedua adalah metode Vegetatif. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil biji dari pucuk buah, pucuk akar, pucuk batang, mahkota buah, atau dari stek batang. Tetapi sebagian besar petani nanas mengambil rebung dan jarang menggunakan metode nabati. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa mengambil tunas ini membutuhkan waktu lama untuk tumbuh dan tumbuh tanaman.


c. Generatif

Berbeda dengan cara penciptaan, bijinya diambil dari biji nanas. Untuk mendapatkan benih yang berkualitas, Anda harus memilih sendiri, bibit dan tanaman yang tidak dimodifikasi dan tidak sehat yang tidak mudah terkena penyakit. Sifat fisik tanaman nanas yang sehat adalah tanaman nanas dengan daun tebal. Ini menunjukkan bahwa tanaman itu sangat sehat.


3. Persiapan Lahan Tanam

Padahal, sudah dijelaskan di atas untuk persiapan penanaman lahan. Pada dasarnya, sebagai media tanam yang cocok, sifat-sifat tanah adalah karakteristik yang disebutkan di atas. Saat menyiapkan lahan tanam, Anda dapat menggunakan ladang kering yang lunak atau ladang kering sebelum menggunakannya sebagai perkebunan nanas. Ketika tanah kosong mengendur, siap menaburkan 10 ton pupuk kandang atau bocaches pada 1 hektar tanah di tanah. Hal ini diperlukan untuk membuat tempat tidur untuk mencegah air, yang dapat merusak pertumbuhan tanaman nanas. Nah, buat bedengan ini cukup menggunakan bedeng lebar 80-110 cm per tanaman. Tanam dan tanam bibit pada jarak sekitar 100 cm dan tinggi sekitar 30 cm. Di jalan ini, Anda tidak bisa menghentikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman nanas. Selain itu, akar tanaman tidak saling bertarung memperebutkan air di tanah.

Oleh karena itu, metode mempersiapkan lahan penanaman untuk menanam nanas adalah sebagai berikut:

  • Melonggarkan tanah dengan tanah yang subur
  • Taburkan 10 ton pupuk atau tombak boca di 1 hektar lahan.
  • Membuat bedengan selebar 80-110 cm dan tinggi 30 cm
  • Taburkan biji nanas pada jarak 100 cm.

4. Menanam Nanas

Ketika proses mempersiapkan tanah untuk penanaman selesai, sekarang saatnya untuk beralih ke tahap penanaman nanas. Sebagai aturan, petani mulai menanam nanas di awal musim hujan. Alasannya adalah pertumbuhan dapat dibentuk dan diseragamkan seperti tanaman nanas lainnya. Berikut cara menanam nanas:

  1. Buat lubang tanam
    Langkah pertama adalah membuat lubang untuk penanaman di tempat tidur yang dibuat sebelumnya. Kait atau cangkul dapat digunakan untuk membuat lubang tanam. Buat lubang tanam sekitar 30 x 30 cm.
  2. Masukan benih
    Setelah  lubang  terbuat, lanjutkan menaburkan biji nanas. Namun sebelum memilih biji nanas cocok untuk digunakan. Pilih biji nanas berkualitas baik sehingga Anda dapat menghasilkan nanas berkualitas baik nantinya.
  3. Penutup lubang got
    Gunakan kotoran yang terkumpul di tanah untuk memblokir setiap lubang. Langkah-langkah yang diperlukan untuk tanah bertumpuk agar tanah bisa mengeras. Saat Anda meletakkan bibit nanas, pastikan bibit nanas benar-benar terkubur di tanah sehingga mereka tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh.
  4. Menyiram
    Langkah terakhir adalah menyirami tanah secara merata dengan air bersih. Jika perlu, berdoa semoga panennya memuaskan dan berkualitas baik.


Artikel Terkait:  √Cara Menanam Bonsai

5. Penyakit dan Hama

Untuk menanam nanas yang baik, Anda perlu mengetahui hama dan penyakit tanaman nanas, sehingga Anda dapat mencegah perkembangan penyakit pada tanaman nanas. Anda tidak menginginkannya, apakah tanaman Anda ada penyakit yang nantinya akan menyebabkan nanas yang dipanen memburuk dan tidak laku di pasaran? Karena itu, lihat penyakit dan hama tanaman nanas ini. Anda perlu mengetahui hama dan penyakit yang menyerang tanaman nanas, serta cara mencegah dan memberantas hama atau penyakit yang menyerang tanaman nanas.

Secara umum, hama yang menyerang tanaman nanas termasuk lalat buah, larva buah, kumbang, dan lubang buah. Sekarang Anda dapat menggunakan Micat, Buldog, Imidacloprit dan pengendalian hama spontan untuk memberantas dan mencegah hama ini. Tetapi gunakan penolak hama sesuai dengan dosis dan rekomendasi pada kemasan. Dalam kasus yang berlebihan, tanaman nanas dapat pecah dan mati sebelum panen.

Jika di atas adalah pengendalian hama, maka budidaya nanas harus baik dan mencegah dengan benar. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk pencegahan, Anda dapat menyemprot tanaman dengan bantuan Mankozeb, Benlet dan Kasumin. Anda dapat membelinya di rumah pertanian terdekat.


6. Panen Nanas

Sebagai aturan, petani akan melakukan tahap panen ini setelah tanaman berumur sekitar 12 bulan atau satu tahun. Tetapi nanas yang siap panen adalah nanas dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Mata buah lebih horizontal dan
  • Mahkota buah mulai terlihat terbuka lebar.
  • Mahkota buah bulat
  • Batang buah mulai menyusut, karena telah diganti atau diubah menjadi buah secara keseluruhan.

Jika nanas sudah memiliki karakteristik ini, itu menunjukkan bahwa nanas sudah dipanen dan siap untuk dikonsumsi atau dijual.


Untuk memanen, perhatikan dan pilih nanas yang harum. Buah dengan aroma harum berarti nanas sudah matang atau matang di pohon. Untuk memakan buah, Anda juga bisa memotong batang buah dengan pisau atau menggunakan sabit. Bagaimana? Anda sudah tahu cara menanam nanas. Mereka adalah cara yang sangat mudah dan praktis bagi Anda untuk melakukannya. Karena metode di atas adalah cara menanam nanas, yang sangat cocok untuk pemula. Selamat menanam!


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi √Praktekkan! Cara Gampang Budidaya Nanas 

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat . Terima Kasih …!!!