√Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Ikan Mas Koki, berikut penjelasannya.

Cara-Memelihara-Ikan-Mas-Koki

Ikan mas koki adalah jenis ikan yang sangat umum dipelihara orang. Hal ini disebabkan karena biaya perawatannya tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan perhatian khusus serta umur ikan yang tidak panjang. Namun, jika kamu merawatnya dengan baik, ikan ini sebenarnya memiliki umur yang cukup panjang, bisa sampai sepuluh tahunan. Kembali lagi dengan cara kamu merawat dan menyayangi nya.


Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Berikut dibawah ini terdapat beberapa masukan untuk kamu yang suka memelihara ikan mas, berikut cara merawatnya, terdiri atas:


  1. Wadah

Beberapa darikamu, pasti ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca. Memang dengan meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca ini memberikan kesan artistik. Namun sebenarnya, wadah ini sangat kecil bahkan untuk menampung satu ekor ikan mas. Hal ini membuat ikan mas kamususah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Oleh karena itu, gunakan wadah aquarium yang cukup untuk memelihara ikan maskamu.

Selain aquarium tersebut dapat mendukung kehidupan ikan maskamu, permukaan aquarium yang lebar membuat ikan mas kamudapat memperoleh oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Ini dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan aquarium yang mempunyai area yang lebih luas. Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, hanya akan menyusahkan kamusendiri karena kamuharus membersihkannya setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.


  1. Ukuran

Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika kamubisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal kamusudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas kamubisa tumbuh besar, ikan mas kamuakan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

Artikel Terkait:  √Cara Prospek Budidaya Ikan Black Molly Lengkap

  1. Penutup aquarium

Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya kamumemberikan triplek/ kayu untuk menutup aquariumkamu. Tutup itu juga berguna nantinya bagi kamujika kamuingin menambahkan lampu aquarium.


  1. Lampu

Gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium kamuselama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Selain karena lampu ini tidak memakan banyak watt listrik, lampu ini menghantarkan panas yang cukup baik dibanding lampu pijar biasa yang berwarna putih yang cenderung menghantarkan panas berlebihan.


  1. Dasar kerikil pada aquarium

Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar aquariumkamu. Ada beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air aquariumkamu. Berbeda dengan terumbu karang yang membawa pengaruh terhadap keasaman air. Kedua, karena kerikil ini membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam aquariumkamu. Selain untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang ada di dalam aquarium.


  1. Air

Kamu juga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium kamusecara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat kamubeli di toko perlengkapan aquarium di kotakamu. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan maskamu. Jika hal ini terjadi, kamudapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.


  1. Menukar air aquarium

Umumnya aquarium dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menjaga kebersihan aquariumkamu. Namun, hal ini bukan berarti kamumembiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Yang benar adalah kamutetap harus secara rutin mengganti air pada aquarium kamusekali atau dua kali dalam seminggu.


  1. Penyaring

Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan maskamu. Untuk itu, kamu harus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter kamuharus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquarium kamu.

Artikel Terkait:  √Budidaya Ikan Oscar

Sebagai tambahan, filter ini diciptakan dengan berbagai kapasitas. kamu harus menyesuaikan jenis filter yang kamugunakan dengan jumlah ikan yang kamupelihara. Semakin banyak ikan yang kamupelihara di dalam aquariumkamu, maka harus semakin tinggi juga kapasitas filter yang kamu gunakan.


  1. Makanan ikan

Pada dasarnya, makanan yang dimakan ikan mas adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Berikanlah sedikit pellet untuk ikan mas kamubeberapa kali dalam satu hari. Jika pellet yang kamuberikan tidak habis dalam jangka 5 menit, ini berarti kamumemberi terlalu banyak.

Jangan memberi makan ikan mas kamusecara berlebihan. Pellet yang tidak habis dimakan akan terbenam ke dasar aquarium dan menjadi sumber penyakit bagi ikan mas kamu.

Sebagai tambahan, rendamlah pellet yang akan kamu berikan kepada ikan mas dengan sedikit air terlebih dahulu agar pellet tersebut lebih lunak dan mudah untuk dicerna ikan mas kamu.


  1. Dekorasi

Sama hal nya dengan ikan lainnya. Ikan mas juga senang memiliki tempat untuk bersembunyi. kamudapat membeli aksesoris aquarium untuk mewujudkan itu. Ada banyak jenis aksesoris yang dijual di toko perlengkapan aquarium. kamutinggal memilih yang sesuai dengan selerakamu. Hindari aksesoris yang memiliki permukaan yang tajam, selain bisa membuat kamuterluka, aksesoris seperti itu juga bisa melukai ikan mas yang kamupelihara.


  1. Tumbuhan air

Tumbuhan air selain mempercantik aquariumkamu, juga berguna untuk menekan kadar amonia dalam air aquariumkamu. Tumbuhan air yang tumbuh sehat di dalam aquarium kamuakan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas. Namun sebaliknya, jika tumbuhan air tersebut tidak tumbuh baik dan akan mati, sebaiknya kamusegera membuangnya karena tumbuhan yang mati tersebut akan menghasilkan racun.

Jika kamuakan menambahkan tumbuhan air pada aquariumkamu. Perhatikanlah perkembangan tumbuhan air tersebut, apakah mereka berkembang baik bersama dengan ikan mas didalamnya? Jika tidak, segeralah buang tumbuhan tersebut. Perlu kamuketahui, bahwa ikan mas ini rakus dan memakan tumbuhan hidup di dalam aquarium.

Artikel Terkait:  √Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang

Hal ini akan kamusadari disaat tumbuhan yang kamuletakkan di dalam aquarium sudah hilang dimakan ikan mas dan selanjutnya saya akan membahas cara membersik aquwarium tempat ikan air tawar. Ikan mas koki mempunyai ciri-ciri yg khas yakni amat rawan pada kandungan ammonia terlarut di dalam air. perihal inilah yang sering kali bikin persepsi di kelompok umur pengagum ikan hias bahwa memelihara ikan mas koki tersebut sulit karena gampang mati.


Cara Merawat Ikan Mas Koki

Berikut ini terdapat beberapa cara merawat ikan mas koki, terdiri atas:

  • Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium).
  • Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.
  • Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.
  • Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
  • Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
  • Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
  • Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi.

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perikanan Dengan Materi 11 Cara Memelihara Ikan Mas Koki Di Aquarium Biar Cepat Besar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Ikan. Terima Kasih …!!!


Baca Artikel Lainnya: