√Perbedaan Kura-Kura Brazil Jantan dan Betina

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Perbedaan Kura-kura Brazil, berikut penjelasannya:

Kura-kura jenis ini banyak dipelihara karena bentuknya lucu dan warnanya indah, apalagi kalau dia masih kecil. Nah, karena kura-kura brazil ini sangat diminati oleh masyrakat terkadang mereka bingung untuk memilih kurapkura yang akan dirawatnya, apakah kura-kura jantan atau betina.

Membedakan antara kura-kura jantan dan betina tidak semudah membedakan antara kambing jantan dan betina, karena bentuk dan pola warnanya hampir sama. Jadi bagi mereka yang ingin tumbuh atau memelihara kura-kura Brasil harus dapat melihat perbedaannya, terlebih jika ingin mengawinkannya kaliah harus tau yang mana yang jantan dan yang mana yang betina.


Cara Membedakan Kura-Kura Brasil Jantan dan Betina

Ada empat perbedaan pada anggota tubuh kura-kura jantan dan betina yang perlu kamu ketahui, berikut ini  perbedaannya:

1. Perbedaan Pada Kuku

Kura-kura Brasil jantan memiliki kuku panjang dan kura-kura betina memiliki kuku pendek.
Kuku kura-kura jantan lebih tajam dari pada kura-kura betina.


2. Kloaka Jantan dan Betina

Ini adalah cara termudah untuk membedakan keduanya. Apa itu kloaka? kloaka adalah lubang selokan di ekor kura-kura. Nah, cara membedakannya adalah bahwa jika bentuk kloaka lebih panjang, itu berarti laki-laki, tetapi jika itu bundar, maka itu adalah perempuan.


3. Bagian Plastron

Cara lain untuk membedakan kura-kura jantan dan betina dapat dilihat di plastron. Plastron ini adalah bagian bawah cangkang kura-kura. Kura-kura betina lebih bulat dan bentuk platron kura-kura jantan lebih cekung. Namun, anda harus berhati-hati dlam melihat perbedaan kura-kura ini melalui plastronnya, sebab dia sangat sensitif ketika dipegang bagian plastron, jadi dia harus berhati-hati bisa menggigit.

Artikel Terkait:  √Mastitis Pada Kucing

4. Kulit Kura-Kura

Sebenarnya, tiga perbedaan di atas sudah cukup, tetapi jika Anda tidak yakin, Anda bisa melihat cangkang. Itulah yang membedakan gender melalui bentuk cangkangnya, jadi Anda harus menunggu sampai usia matang. Jika masih kecil, masih belum jelas. Apa bedanya? Untuk wanita, karakteristik ukuran kulit kura-kura jantan lebih besar sedangkan kulit bagi si betina itu lebih  kecil.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perternakan Dengan Materi Cara Membedakan Kura-Kura Brazil Jantan dan Betina

                Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat. Terima Kasih …!!!


Baca Juga :