√Cara Budidaya Jagung Manis

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Cara Budidaya Jagung Manis, berikut penjelasannya:

Cara-Budidaya-Jagung-Manis

Selain nasi, ada beragam makanan yang biasa digunakan sebagai pengganti nasi. Beberapa contoh makanan pengganti beras adalah berbagai jenis tanaman umbi-umbian seperti kentang, jagung, ubi jalar dan singkong. Ada juga satu makanan yang sangat populer di masyarakat. Artinya, jagung dipilih, tentu saja, bukan hanya karena rasanya enak, tetapi karena kandungan karbohidratnya tidak baik untuk nasi.

Selain itu, Indonesia sendiri memiliki beberapa varietas jagung, yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat. Jagung polos dan jagung manis. Jagung manis sendiri memiliki banyak nutrisi yang berbeda dengan jagung pada umumnya.


Fakta Gizi Jagung Manis

  1. karbohidrat
  2. kalori
  3. serat
  4. glukosa
  5. lemak
  6. protein
  7. Triptofan
  8. Treonina
  9. Asam Aspartat, Asam Glutamat
  10. Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C

Faktanya, ada lebih banyak nutrisi, seperti air, mineral, besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng, yang tidak disebutkan di atas. Dengan nutrisi yang tersedia, jagung sangat baik untuk kesehatan Anda. Ini sangat baik untuk kesehatan tulang, terutama jika ada vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan kandungan fosfor.


Cara Budidaya Jagung Manis

Tidak mengherankan jika orang lebih sering mengonsumsi jagung manis. Selain jagung manis, rasanya lebih segar dan memiliki campuran sedikit manis yang disukai banyak orang.


1. Media Budidaya Jagung Manis

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika menanam jagung manis setelah menemukan lokasi yang tepat dan memilih lokasi di mana Anda dapat menyiapkan media tanam:

  • Pastikan Anda dekat dengan tempat tinggal Anda sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa tanah dan tanaman nanti.
  • Pastikan lokasi bebas dari berbagai jenis limbah dan tanahnya gembur dan subur.
  • Selain itu, lokasi harus memiliki luas 3 mx 3 m hingga 5 m x 5 m dan tanpa naungan, sehingga jagung yang ditanam bisa mendapatkan radiasi yang cukup.
  • Langkah selanjutnya adalah mengolah tanah yang subur. Pertama-tama buat patokan atau batas area penanaman dan bersihkan area penanaman dari kerikil atau gulma yang tumbuh.
    Setelah itu, Anda dapat menggunakan cangkul untuk membajak tanah sampai tanah benar-benar memiliki tekstur tanah yang longgar sekitar 30 cm.
  • Ukur pH tanah. Jika keasaman pH tinggi, dapat dikalsifikasi menggunakan dolmit sampai pH 6-7 atau lebih.
    Setelah kalsifikasi, pertama-tama harus dimodifikasi untuk memberikan nutrisi tambahan ke tanah. kamu
    Berbagai jenis pupuk tersedia, dan menggunakan pupuk atau kompos akan baik untuk kesehatan Anda. Selain kedua jenis pupuk ini, mereka ramah lingkungan agar tidak mengubah tekstur tanah.
  • Buat gundukan panjang dengan jarak sekitar 1 meter per baris. Anda dapat memulai persiapan media tanam selama dua minggu sebelum periode tanaman tiba.
Artikel Terkait:  √Cara Budidaya Bayam Cabut

2. Bibit Jagung Manis

Ada dua cara untuk mendapatkan biji jagung manis, pilih benih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Sebelumnya, semakin banyak kandungan gula dalam jagung manis, semakin halus rasanya. Sebaliknya, jika Anda memilih biji dengan kadar gula rendah dan kadar pati tinggi, rasanya tidak akan terlalu lunak, sehingga jagung manis jenis ini lebih baik bila digunakan sebagai komponen jagung.
  2. Untuk biji jagung, Anda dapat membelinya langsung di toko atau di petani. Lebih praktis untuk membeli bibit yang siap ditanam tanpa disemai.
  3. Metode kedua adalah melakukan proses menabur benih jagung manis terlebih dahulu.
  4. Anda hanya perlu menanam benih jagung manis di media pembibitan yang diisi dengan tanah campuran pupuk. Perbandingannya adalah 2: 1.
  5. Setelah benih tumbuh, Anda dapat melakukan proses pemeliharaan dalam bentuk penyiraman dan pemupukan sampai tunas setinggi sekitar 10 cm, pindah ke polybag atau pot kecil.

3. Pemindahan bibit jagung manis

Namun, langkah selanjutnya dalam metode menanam jagung adalah memindahkan benih yang sudah cocok untuk ditanam. Cara yang tepat untuk berkembang sampai panen:

  • Pertama, buat lubang tanam di media kultur dengan jarak sekitar 40 cm hingga 70 cm untuk setiap lubang tanam.
  • Ukuran lubang tanam itu sendiri sekitar 10 cm dan sekitar 10-20 cm.
  • Taruh setiap biji di lubang tanam yang Anda buat, Anda hanya bisa mengisi satu biji tanaman buah untuk setiap lubang tanam.
  • Setelah itu, tutup lubang dengan pupuk tanah dan beberapa campuran padat sehingga biji jagung keras dan tidak mudah pecah saat terkena air atau angin.

4. Perawatan dan panen jagung manis

Perhatikan cara jagung manis ditanam, rawat prosesnya agar jagung manis tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang baik Karena proses penyiraman dilakukan 2-3 kali sehari, maka perlu dilakukan proses penyiraman secara teratur.

Artikel Terkait:  √Cara Menanam Bengkoang

Selain itu, kita perlu memotong dan memupuk, dan kita bisa melakukannya secara teratur setiap dua minggu untuk penyiangan dan pemupukan. Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tanaman jagung manis, agar tidak terserang hama dan penyakit. Anda bisa menyemprotkan cukup pestisida untuk mengatasi hama jagung manis.
Jagung dapat dipanen ketika cirrus dan tangkai kuning mulai layu.


Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Pertanian Dengan Materi 4 Cara Budidaya Jagung Manis dan Cara Perawatannya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat . Terima Kasih …!!!


Baca Juga :