√Cara Budidaya Menanam Kangkung Hidroponik Di Pot

Selamat Datang di Web Rumah Budidaya, tempat beragam macam budidaya yang akan disajikan dalam web ini secara rinci dan detail. Dibawah ini saya akan membahas materi tentang Kangkung berikut penjelasannya.

Cara Budidaya Menanam Kangkung Hidroponik Di Pot

Untuk menanam kangkung tidaklah susah, yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan ketelatenan. Tidaklah harus dalam ukuran besar karena diseliling pekarangan rumah kita juga bisa kita manfaatkan untuk menanam kangkung. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menanam kangkung kamu sendiri, dapat memakai polybag ataupun sejenisnya dan letakkan dipinggir rumah kamu, cukup mudah bukan.

Cara Lengkap Menanam Kangkung

Berikut dibawah nih cara lengkap menanam kangkung, sebagai berikut:

Media Pengolahan Tanah

Media tanam terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang atau bokhasi dengan perbandingan 2:1:1 (perbandingan tidak mutlak harus seperti itu tergantung kesuburan media atau sesuai dengan pertimbangan kita). Aduk campuran sampai merata kemudian masukkan ke dalam polybag yang akan kita gunakan untuk menanam.


Penanaman Benih

Gunakanlah benih yang telah bersertifikat dan yang terjamin kualitasnya kerena benih tanaman akan mempengaruhi pada pertumbuhan si tanaman tersebut. Ada banyak sekali pilihan benih yang tersedia di pasaran dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Lakukan penaburan benih secara merata dan jangan telalu berlebihan karena jika berlebihan maka pertumbuhan si kangkung tersebut tidak akan bagus, akan pengaruh pada hasil tanaman dimana pada waktu pertumbuhannya cenderung lebig lama dan ukuran tanaman lebih kecil.

Artikel Terkait:  √Perhatikan! Peluang Budidaya Alpukat yang Menguntungkan

Penyiraman

Sesudah 3 hari, benih akan mulai berkecambah dan akan terus tumbuh besar, selama masa pertumbuhan tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhan, usahakan ketersediaan air tetap cukup untuk tananaman kangkung ini.


Pemberian Pemupukan

Pemberian pemupukan bisa dilakukan dengan cara sistem kocor. Larutkan pupuk NPK kedalam air dengan jumlah 1 gr/Liter. Seterusnya bisa dipraktekkan dengan bantuan alat penyiram.


Pengendalian Hama

Jalankan pengendalain hama secara berkala dengan bahan alami, bisa menggunakan kulit bawang, daun sirsak dan seterusnya. Hindari pengunaan pestisida kimia ya untuk meminimalisir gangguan kesehatan.


Masa Panen

Masa Panen kangkung bisa dijalankan sesudah berusia sekitar 25 hingga 28 hari setelah tanam. Bisa dijalankan denga cara mencabutnya secara langsung ataupun dengan cara dipotong dengan pisau sehingga tanaman akan tetap tumbuh menghasilkan tunas baru lagi.

 

Sekian Materi Pada Hari Ini Mengenai Budidaya Perkebunan Dengan Materi Cara Budidaya Menanam Kangkung Hidroponik Di Pot

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Perkebunan. Terima Kasih …!!!

 

Baca Artikel Lainnya: